Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Aplikasi Pedulilindungi Error dan Tidak Bisa Dibuka, Begini Solusinya!

Aplikasi Pedulilindungi Error - Apakah kalian pernah mengalami bahwa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka? Lantas kenapa aplikasi ini error? 

Bila kalian ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi aplikasi ini tidak bisa dibuka, maka cobalah simak ulasan kakceng dibawah ini.

Sebab, disini kakceng akan membeberkan mengenai penyebab dan mengatasi masalah kenapa aplikasi pedulilindungi error dan tidak bisa dibuka. Cekidot!

Aplikasi Pedulilindungi Error
Aplikasi Pedulilindungi Error

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

Aplikasi PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengkalianlkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

PeduliLindungi menggunakan bluetooth kalian untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi. 

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). 

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. kalian juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika kalian pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.

Lindungi diri kalian dan yang tercinta dengan mengunduh PeduliLindungi. Partisipasimu sangat berarti untuk menghentikan penularan virus corona di Indonesia.

PeduliLindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Walaupun begitu, tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi ini. Salah satu masalah yang paling banyak dialami adalah aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka.

Nah, Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab kenapa aplikasi Pedulilindungi error dan tidak bisa dibuka dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk simak informasi lengkapnya pada berikut ini.

Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Error dan Tidak Bisa dibuka?

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi error. Nah dibawah ini merupakan penyebab kenapa aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka:

1. Kesalahan Pada Proses Daftar Akun. Pada saat melakukan proses pendaftaran akun di aplikasi Pedulilindungi, kalian harus memastikan bahwa semuanya telah sesuai dengan petunjuk. Hal ini dikarenakan, jika terjadi kesalahan pada proses pendaftaran tidak menutup kemungkinan kalian tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

2. Lupa Menghidupkan Bluetooth dan Koneksi Internet. Perlu kalian ketahui bahwa untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kalian harus mengaktifkan bluetooth dan koneksi internet. Bluetooth ini berfungsi untuk merekam informasi yang dibutuhkan dan sebagai pertukaran data dengan gadget lain dalam radius bluetooth. Dengan demikian, aplikasi ini bisa mendeteksi apakah kalian sedang berdekatan dengan orang yang positif covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan(ODP), atau orang yang normal dan tidak terpapar covid-19. 

3. Terjadi Bug Atau Error Pada Aplikasi Pedulilindungi. Karena aplikasi ini masih tergolong baru sehingga kemungkinan besar yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka adalah terjadi Bug Atau Eror. Apabila benar terjadi Bug maka bisa dibilang aplikasi ini belum seutuhnya sempurna dan memerlukan perbaikan dari developer aplikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi Pedulilindungi Error dan Tidak Bisa dibuka

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka, maka berikut ini adalah cara untuk mengatasi aplikasi PeduliLindungi yang tidak bisa dibuka:

1. Lakukan pendaftaran akun dengan benar

2. Aktifkan bluetooth dan pastikan koneksi internet lancar

3. Lakukan update aplikasi Pedulilindungi di google play store 

Baca Juga: Aplikasi Bintangi Video Penghasil Uang

Akhir kata

Itulah pembahasan singkat dari kakceng mengenai informasi penyebab kenapa aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka dan cara mengatasi error aplikasi peduli lindungi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.