Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Pajak motor atau pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu hal yang wajib kita bayar sebagai warga negara Indonesia. Anda bisa membayar pajak sepeda motor melalui beberapa cara, salah satunya yang akan kita bahas yaitu cara bayar pajak motor di indomaret.

Cara pembayaran pajak sepeda motor di Indomaret ini merupakan hasil kerja sama pemerintah dan SAMSAT. Jika sebelumnya harus antre di loket, kini Anda bisa membayar melalui sistem online, mulai dari M-Banking, Tokopedia, Bukalapak, Alfamart dan Indomaret.

Mengenai cara membayar pajak sepeda motor di Indomaret, pengguna tak perlu ragu soal besaran nominalnya. Melalui payment point bank online Indomaret atau layanan e-SAMSAT PPOB, akan memudahkan pengguna dalam membayar pajak.

Bagi yang baru pertama kali coba bayar pajak di Indomaret. Berikut akan kami berikan informasi lengkap tentang panduan cara bayar pajak motor di Indomaret. Daripada penasaran, langsung saja simak pembahasan di bawah ini. Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Online melalui Samolnas

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Membayar pajak kendaraan bermotor tahunan atau memperbaharui STNK di Indomaret sangatlah mudah, dan tidak serumit yang dibayangkan bahkan tidak memerlukan berbagai syarat, cukup STNK asli saja. Benarkah? Yuk, simak cara bayar pajak kendaraan bermotor via indomaret sebagai berikut:

  • Langkah pertama bawa STNK asli motor atau kendaraan lain yang ingin bayar pajaknya ke Indomaret terdekat, jangan lupa bawa KTP pemilik aslinya.
  • Setelah sampai di lokasi bisa langsung menuju ke kasir, biasanya kasir meminta anda untuk memberikan data pribadi seperti nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin, dan nomor HP wajib pajak.
  • Setelah dilakukan pemeriksaan dan penyelesaian selesai, maka nominal pajak yang harus dibayar akan ditampilkan. Anda kemudian dapat menyetorkan jumlah pajak yang harus dibayar.
  • Anda juga akan menerima bukti tanda terima pembayaran dan SMS singkat berisi ERI (Electronic Registration and Identification).
  • Jika Anda klik "SMS Bitly", akan muncul gambar "Bukti Kewajiban Pembayaran" (e-TBPKP) dengan barcode / kode QR yang dapat digunakan sebagai voucher pembayaran pajak kendaraan dan STNK yang dapat disimpan atau dicetak Verifikasi kredensial.
  • Anda dapat menyimpan bukti pembayaran untuk verifikasi STNK pengguna nantinya.
  • Langkah terakhir membawa surat keterangan pajak mobil yang diberikan oleh kasir Indomaret, dan memverifikasi STNK dengan mendatangi Polsek atau Polres terdekat. Baca Juga: Cara bayar pajak motor online ViaLinkAja

Pengesahan STNK

Untuk cara ini, Anda bisa membawa surat keterangan pajak kendaraan bermotor yang diperoleh di Indomaret dan langsung mendatangi kantor Polsek atau Polres terdekat. Barcode yang diperoleh adalah surat keterangan pajak kendaraan bermotor dan surat keterangan STNK yang masih berlaku dan masih berlaku.

Oleh karena itu, kuncinya adalah ketika personel melakukan serangan mendadak, mereka dapat menggunakan pemindaian kode batang untuk memverifikasi verifikasi. Dengan barcode ini, pengguna tidak perlu lagi kembali ke Samsat untuk mencetak TBPKP, karena setelah membayar secara online akan mendapatkan e-TBPKP yang dapat disimpan di ponsel dan dicetak sendiri serta berlaku di kantor polisi. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat membayar pajak sepeda motor di Indomaret. Untuk mengetahui berapa pajak sepeda motor Anda, Anda juga bisa mengecek pajak kendaraannya terlebih dahulu. Nah, mungkin inilah yang bisa kami sampaikan, semoga artikel cara bayar pajak motor di indomaret diatas dapat membantu anda dan memperluas wawasan anda.