Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat buah kelengkeng sangat berguna sekali untuk kesehatan dan kecantikan. Bagi anda yang belum tahu manfaat apa yang terkandung di dalam buah kelengkeng ini, berikut kakceng telah siapkan artikel tentang manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Kelengkeng

Pernahkah anda mengonsumsi buah kelengkeng? Ya, buah ini banyak ditemukan di Indonesia dan bisa ditanam di negara tropis. Buah bulat kecil ini juga banyak dijual di pasaran.

Kelengkeng dapat dikonsumsi oleh pria dan wanita, serta anak-anak hingga orang dewasa. Buah ini memiliki cangkang berwarna coklat atau kulit yang agak kaku.

Buah kelengkeng memiliki kesegaran yang khas. Selain rasanya yang enak dan segar, kelengkeng bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan mulai dari rambut, kulit, atau organ lainnya. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan.

Tidak mau kalah dengan jenis buah lainnya, kelengkeng juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan serat tersebut tentunya baik untuk kesehatan, terutama sistem pencernaan.

Jika Anda memetik atau mengonsumsi 5-6 buah kelengkeng, Anda dapat memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Kelengkeng juga mengandung senyawa antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

Mengutip dari Healthline, setiap 100 gram buah kelengkeng mengandung 1,3 gram protein, 15 gram karbohidrat, 1,3 gram serat, 84 miligram vitamin C, satu miligram kalsium, dan masih banyak lagi zat gizi lainnya.

Berikut manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan yang tiada habisnya. Padahal, buah kelengkeng juga mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Cara MerawatKulit Wajah Sensitif dan Berminyak, 100% Terbukti!

Manfaat Kelengkeng bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama, buah kelengkeng dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan kesehatan pembuluh darah karena mengandung cukup vitamin C. Nah dengan cara ini Anda akan terhindar dari penyakit jantung akibat dinding pembuluh darah yang rusak.

Kandungan vitamin C pada buah kelengkeng berperan dalam memperbaiki dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Pencegahan penyakit batu ginjal

Kelengkeng merupakan salah satu buah yang dapat mencegah penyakit ginjal. Buah bulat dengan cangkang coklat ini mengandung mineral yang cukup tinggi untuk mencegah kristal mineral yang disebut batu ginjal menggumpal. Kelengkeng juga mengandung fosfor yang menyaring racun di dalam tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Kelengkeng atau Dimocarpus longan terbukti ampuh menurunkan berat badan karena mengandung serat yang berkualitas tinggi. Kelengkeng akan membantu mengeluarkan kalori dan melancarkan pencernaan. Konsumsi buah kelengkeng secara rutin akan membuat Anda tidak cepat lapar atau haus.

4. Mengatasi diabetes

Buah kelengkeng dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kencing manis. Studi tersebut menemukan bahwa kandungan fenolik pada buah kelengkeng dapat menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

5. Memperkuat tulang

Seperti halnya susu, buah kelengkeng juga mengandung bahan yang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Konsumsi kelengkeng secara hati-hati dapat memperkuat tulang Anda dan mencegah osteporosis. Buah kelengkeng ini juga mengandung fosfor yang berperan penting dalam kesehatan tulang.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Riboflavin merupakan senyawa penting vitamin B. Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko penyakit mata, terutama katarak.

Anda bisa mencegah gangguan kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng yang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan riboflavin sebanyak 38% untuk pria dan 45% untuk wanita, berdasarkan data kecukupan gizi per hari.

Baca Juga: 10 Manfaat Bayambagi Kesehatan

Manfaat Kelengkeng bagi kecantikan

7. Mempercantik kulit Anda

Selain untuk kecantikan, nutrisi buah kelengkeng juga bermanfaat untuk kecantikan, yaitu menutrisi kulit. Buah kelengkeng mengandung Vitamin C yang dapat melembabkan kulit dan meningkatkan kolagen. Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa memisahkan daging kelengkeng dari bijinya. Daging tersebut kemudian dicampur hingga membentuk masker wajah.

8. Menjaga kesehatan dan kekuatan rambut

Vitamin C pada kelengkeng juga dapat membantu menutrisi kulit kepala, sehingga memperkuat rambut dan mencegahnya agar tidak rontok. Kandungan protein pada buah kelengkeng juga dapat memperkuat folikel rambut dan meningkatkan kualitas rambut.

------ ----- -------

Demikianlah manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dan kecantikan, sebenarnya masih banyak sih manfaat dari buah kelengkeng ini. nanti di lain kesempatan akan kami bahas lagi manfaat tersebut. semoga bermanfaat!