Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak, 100% Terbukti!

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak. Secara umum, jenis kulit wajah dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit berminyak. Dari semua jenis kulit ini, jenis kulit sensitif dan berminyak biasanya membutuhkan perawatan ekstra.

Kulit sensitif rentan terhadap keberminyakan, iritasi dan sering mengelupas, dan akan terasa sakit ketika terkena zat tertentu (seperti polusi atau bahan kimia dalam kosmetik atau sabun). Pada saat yang sama, jenis kulit berminyak rentan terhadap jerawat, komedo, bintik hitam dan kusam.

Untuk menjaga kondisi kulit wajah yang sehat, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah mengobatinya sesuai dengan jenis kulit. Anda dapat menggunakan teknik dan produk perawatan kulit wajah yang cocok untuk kedua kulit tersebut dengan mengetahui Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak

Berikut adalah Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak yang dapat Anda coba:

1. Bersihkan wajah Anda secara teratur

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci dua kali setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Saat mencuci wajah, harap gunakan sabun pembersih bahan kimia ringan dan hindari menggosok wajah Anda terlalu keras. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat, lalu perlahan-lahan berminyakkan dengan handuk bersih.

2. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif cenderung kering dan mengelupas. Karena itu, setelah mandi dan mencuci muka, oleskan pelembab secara teratur di wajah Anda. Namun, pemilik kulit wajah sensitif harus lebih selektif saat memilih pelembab.

Untuk melembabkan kulit sensitif, Anda harus memilih pelembab yang mengandung petrolatum, simetikon, asam hialuronat, ceramide atau nikotinamid. Bahan-bahan ini seringkali aman dan bermanfaat untuk merawat kulit sensitif.

3. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari sinar matahari langsung yang berkepanjangan, karena akan menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan teriritasi.

Jika Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan saat matahari panas, silakan gunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, pakaian harus menutupi seluruh tubuh, dan topi lebar dan kacamata hitam harus dikenakan.

4. Pilih produk perawatan ramah kulit

Coba gunakan produk dengan kandungan kimia rendah atau formulasi yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari toner, astringen, dan produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolat, dan deodoran.

Yang terbaik adalah memilih produk dengan bahan alami, seperti lidah buaya, chamomile atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan exfoliants atau scrub karena dapat mengiritasi kulit.

5. Batasi waktu mandi

Disarankan bahwa pemilik dengan kulit sensitif dan kering mandi selama tidak lebih dari 10 menit. Selain itu, hindari mandi dengan air panas, karena ini akan menghilangkan minyak di wajah dan mengeringkan wajah. Mandi dengan air biasa atau sedikit air hangat untuk merawat kulit sensitif.

6. Jalani gaya hidup sehat

Selain lima metode di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajah mereka. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran, dan minum cukup air.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga perlu menghindari stres dan paparan polusi seperti asap rokok, karena keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kusam.

Cara merawat kulit wajah berminyak

Secara umum, kulit berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar, terlihat mengkilap, dan cenderung gelap. Selain itu, kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat dan komedo.

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang mungkin disebabkan oleh kulit berminyak, Anda dapat mencoba metode berikut untuk merawat kulit wajah berminyak:

1. Bersihkan wajah Anda secara teratur

Pemilik kulit berminyak perlu mencuci muka mereka 2-3 kali sehari, yaitu setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau banyak berkeringat di wajah, dan di pagi hari sebelum tidur di malam hari.

Saat mencuci wajah, pilih sabun wajah kimiawi ringan yang tidak mengandung gliserin dan alkohol.

2. Gunakan toner setelah mencuci wajah

Jika perlu, gunakan kapas untuk mengoleskan toner ke wajah Anda setelah mencuci wajah untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sisa makeup yang mungkin masih menempel di wajah Anda. Selain itu, toner juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Jika Anda ingin menggunakan toner, silakan pilih produk toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam β-hidroksi. Bahan-bahan ini dapat secara efektif mengurangi sekresi minyak wajah atau sekresi sebum.

3. Gunakan pelembab dan tabir surya

Meskipun kulit wajah sangat berminyak, Anda masih perlu menggunakan pelembab dan tabir surya, terutama jika Anda akan keluar.

Ini penting untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dan mencegah efek berbahaya dari sinar matahari, yang dapat menyebabkan keriput, flek hitam pada wajah dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan pelembab yang mengandung SPF 30 atau tabir surya lebih tinggi. Untuk mencegah jerawat, gunakan tabir surya dan pelembab yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida tanpa alkohol dan wewangian.

4. Pilih produk perawatan khusus untuk kulit berminyak

Pilih produk atau riasan wajah berbasis air dan bebas minyak. Bila Anda ingin membeli produk perawatan kulit wajah atau kosmetik, harap perhatikan label kemasannya dan cari produk dengan label bebas air atau minyak.

Selain itu, cari produk non-komedogenik yang tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Pemilik kulit berminyak menggunakan beberapa produk perawatan yang baik, termasuk kertas minyak dan masker wajah. Masker wajah ini mengandung tanah liat yang dapat menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Anda tidak hanya dapat menggunakan masker tanah liat, tetapi juga masker kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan alami lainnya, seperti masker madu, masker telur dan lemon, masker lidah buaya, masker tomat dan masker almond, yang juga dapat secara efektif mengobati masalah kulit berminyak.

5. Pola Makan sehat

Terlepas dari jenis kulit Anda, Anda harus selalu mempertahankan gaya hidup sehat. Jika Anda pemilik kulit berminyak, harap hindari makan makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan tinggi gula dan makanan olahan.

Pada dasarnya setiap perawatan kulit wajah membutuhkan waktu dan konsistensi, sehingga hasil yang didapat memiliki daya ungkit yang lebih besar. Karena itu, kulit wajah sensitif dan berminyak harus dirawat setiap hari. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk menentukan perawatan wajah terbaik.

Post a Comment for "Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak, 100% Terbukti!"