Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beginilah Cara Pijat Si Kecil yang Benar

Pijat yang benar pada Si Kecil atau Bayi Anda mempunyai manfaat yang sangat banyak. Nah, Beginilah cara pijat untuk si Keci yang tepat!

Beginilah Cara Pijat Si Kecil yang Benar


Beginilah Cara Pijat Si Kecil yang Benar - Pijat tangan yang hangat dapat memberikan banyak manfaat bagi bayi Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memijat bayi agar pijatan tersebut tidak melukai tubuh mungilnya.

Memijat bayi harus dilakukan dengan sangat lembut. Selama pijatan, Anda dapat mengajak si kecil untuk berbicara atau bernyanyi agar mereka dapat lebih menikmati waktu yang mereka habiskan bersama Anda. 
Pijat demi pijat yang Anda berikan tidak hanya mengikat ikatan Anda dengan bayi Anda. Ada banyak manfaat pijat bayi yang bisa dirasakan si kecil, seperti:
  • Bantu dia tidur nyenyak.
  • Bisa membuatnya rileks. Efek ini juga bisa Anda rasakan. 
  • Mengurangi tangisan bayi dan meredakan tangisan bayi. 
  • Mengurangi sakit gigi saat gigi si kecil tumbuh. 
  • Memperbaiki sirkulasi darah. 
  • Tingkatkan berat badan. 
  • Pencernaan. 
  • Mendukung kekuatan otot dan tulang si kecil. 
  • Mendukung perkembangan mental, fisik dan sosial. 
  • Jika si kecil terlahir dengan penyakit kuning, pijat mungkin bisa membuatnya lebih cepat sembuh. 

Persiapan Sebelum Pijat Bayi

Pastikan ruangan yang Anda sediakan hangat (sekitar 24 derajat Celcius) serta memiliki suasana yang tenang dan nyaman. Kemudian persiapkan semua alat yang dibutuhkan untuk memijat bayi, seperti handuk atau bantal bayi (bahan pengisi atau kain lembut), minyak pijat. (Cara terbaik adalah menggunakan baby oil atau olive oil), membersihkan pakaian dan popok. Cuci tangan Anda sebelum melakukan pijat bayi. 

Cara Pijat Si Kecil yang Benar!

Setelah menyiapkan semua peralatan dan kondisi bayi memungkinkan untuk dipijat, Anda bisa memulai pijat bayi dari langkah-langkah berikut: 

Kaki

Mulailah memberikan pijatan dari bagian kaki yaitu selangkangan hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif sehingga ada baiknya untuk memulai pemijatan. Tuangkan sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok hingga terasa hangat di tangan. Setelah itu, mulailah memijat lembut paha ke bawah hingga ke area betis. 

Setelah itu Anda bisa mulai memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Anda dapat menerapkan pukulan ringan saat memijat pergelangan kaki hingga jari kaki. Lalu lanjutkan ke telapak kakinya. Gunakan ibu jari Anda saat memijat area ini, lakukan gerakan melingkar untuk memijat.

Terakhir, Anda bisa memijat jari-jarinya. Ambil setiap jari menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, lalu tarik perlahan. Lakukan dengan sepuluh jari. 

Lengan

Setelah memijat kaki, pindah ke lengan. Mulailah pijatan dari lengan atas hingga pergelangan tangan. Sesampainya di pergelangan tangan, putar perlahan bagian ini beberapa kali.
Kemudian pijat telapak tangan dengan menggunakan ibu jari. Akhiri sesi dengan memijat jari-jarinya dengan lembut. 

Dada

Letakkan tangan Anda di dada si kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut di bagian dada dengan telapak tangan. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan di atas dadanya, lalu pijat perlahan ke arah pahanya.

Punggung

Posisikan si kecil tengkurap, lalu pijat area tulang belakang, mulai dari leher hingga bokong, menggunakan ujung jari Anda. Akhiri pijatan bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya. 

Setelah selesai, Anda bisa memasukkannya ke dalam popok dan pakaiannya, dan memeluknya. Anda juga bisa terus memberinya makan. Setelah dipijat, si kecil bisa tertidur dengan cepat. 

Baca Juga: Cara MerawatKulit Wajah Sensitif dan Berminyak

Yang Harus Anda Lakukan!

Waktu terbaik untuk melakukan pijatan bayi adalah pada saat bangun tidur, namun dalam kondisi tenang. Sebelumnya Bunda bisa melakukan baby gym atau baby gym terlebih dahulu agar bisa terjaga. Pastikan bayi tidak terlalu lapar atau kenyang saat Anda memijatnya.

Hindari memijatnya saat dia akan tertidur saat tidur siang. Anda bisa memijatnya dan menjadikannya rutinitas sebelum tidur di malam hari. Ini berguna untuk membuatnya tidur lebih nyenyak. Jadwalkan pijat bayi setelah mandi juga bisa Anda coba.

Agar si kecil bisa menikmati pijat bayi ini dengan maksimal, perhatikan semua isyarat yang dikeluarkan olehnya. Isyarat ini bisa menjadi sinyal apakah dia menyukai pijatan Anda atau tidak. Segera hentikan pijatan jika si kecil mulai menangis karena itu pertanda ia sudah muak dengan pijatan Anda.

Anda dapat mengikuti kelas pijat bayi khusus untuk mengetahui cara memberikan pijatan yang lebih bermanfaat bagi bayi. Tanyakan kepada perawat atau bidan anak Anda tentang lokasi klinik terdekat yang memiliki jadwal kelas pijat bayi yang bisa Anda ikuti.