Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Saat Hamil, 1000% Aman & Ampuh!

Cara Mengatasi Masalah Kulit Saat Hamil

Cara Mengatasi Masalah Kulit Saat Hamil

Masalah kulit saat hamil biasanya menjadi keluhan utama dua ibu berbadan dua (ibu hamil). Masalah kulit ini bisa membuat ibu hamil merasa tidak percaya diri. Yuk, ketahui masalah kulit apa saja yang sering terjadi saat kamu hamil dan cara mengatasinya.

Saat hamil, berbagai hal bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kulit, mulai dari perubahan kadar hormon dan peredaran darah dalam tubuh, penurunan fungsi sistem imun hingga penambahan berat badan.

Beragam Masalah Kulit pada Bunda Hamil

Berikut ini adalah beberapa masalah kulit yang sering terjadi selama kehamilan:

Baca Juga: Tips menaikkan berat badan secara Alami

1. Adanya flek hitam di wajah

Salah satu masalah kulit ibu yang sering menimbulkan ketidak-nyamanan fisik adalah munculnya flek hitam di beberapa bagian kulit, seperti dahi, pipi, hidung, dan bibir atas.

Agar flek hitam tersebut tidak semakin kentara, ibu hamil bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Saat wanita hamil meninggalkan rumah, mohon gunakan tabir surya SPF 15.
  • Mengenakan topi atau payung bisa melindungi kulit ibu hamil dari sinar matahari langsung.
  • Kurangi aktivitas luar ruangan pada siang hari.

2. Jerawat

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum. Ini akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Jika seorang wanita hamil memiliki jerawat di wajahnya sebelum usia dua tahun, kondisinya bisa memburuk pada usia dua tahun.

Nah, untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat di usia dua tahun, ibu hamil bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan dua kali sehari dan gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak berbau.
  • Gunakan pelembab dan kosmetik yang ber-label oil-free atau non-comedogenic.

Jika Anda ingin menggunakan obat untuk mengatasi jerawat, konsultasikan dulu ke dokter, karena beberapa obat jerawat tidak aman untuk ibu bertubuh dua.

3. Stretch marks

Saat tubuh menjadi semakin bengkak, peregangan kulit merupakan faktor munculnya stretch mark pada dua ibu yang sehat. Padahal, kulit memiliki elastisitas yang mampu beradaptasi dengan perubahan. Namun, jika pertambahan berat badan dan peningkatan ukuran janin memaksa kulit ibu hamil meregang melebihi batas maksimal, akan muncul stretch mark di perut ibu hamil.

Biasanya, stretch mark muncul di perut, dada, paha, dan bokong. Untuk menghindari masalah kulit ini, ibu hamil bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Oleskan minyak almond ke perut secara teratur. Cara ini juga bisa mengurangi jumlah stretch mark di kulit.
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur.

4. Varises

Ibu hamil ini berisiko terkena varises karena tubuhnya mengatur sendiri untuk memberikan darah ke janin. Varises ditandai dengan garis-garis biru, yang biasanya terlihat di tungkai dan kaki. Varises tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuat ibu dengan dua badan merasa tidak nyaman dan terkadang menimbulkan rasa sakit.

Wanita hamil dapat mencegah dan mengurangi gejala yang disebabkan oleh varises dengan cara sebagai berikut:

  • Kenakan kaus kaki tambahan atau kaus kaki kompresi.
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur selama kehamilan. Melalui olahraga secara teratur, peredaran darah pada ibu hamil akan lebih lancar.
  • Saat berada dalam masa hamil, Anda harus memenuhi kebutuhan vitamin C untuk melindungi pembuluh darah dan menjaganya tetap elastis dan sehat.
  • Saat berbaring, kaki lebih besar dari pada jantung. Posisi ini bisa memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.
  • Hindari menambah berat badan.
  • Tidak duduk atau berdiri dalam waktu lama.
  • Batasi konsumsi garam.

Namun, bila sudah merepotkan dua kali, kulit tidak selalu berubah. Ada juga perubahan kulit yang disebut kehamilan bersinar, yang bisa membuat penampilan ibu hamil ini lebih menarik.

Meski penyebab pastinya tidak jelas, hal itu diyakini karena peningkatan volume darah dan produksi beberapa hormon selama kehamilan. Hal ini membuat kulit ibu hamil ini tampak kemerahan, kemerahan, lembut dan tampak lebih bercahaya.

Baca Juga: Cara merawat kuku Cantik

Penutup

Saat Anda hamil, beberapa masalah kulit yang dijelaskan di atas sering terjadi. Namun jangan khawatir, masalah tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah ibu hamil melahirkan. Namun, jika Anda merasa sangat terganggu dengan masalah kulit saat hamil, ibu hamil bisa berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat dan nyaman.