Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Kuku Cantik, Lakukan Teknik Ini Dijamin!

Cara Merawat Kuku Cantik. Kuku yang dirawat dengan baik akan membuat Anda terlihat lebih cantik. Kuku yang cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tidak perlu untuk perawatan kuku di salon atau spa, Anda juga dapat menghabiskan waktu di rumah untuk perawatan kuku.

Cara Merawat Kuku

Cara merawat kuku cantik

Dalam kegiatan sehari-hari, tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah diakses, mulai dari mengetik di depan komputer, memegang uang hingga memegang makanan di dapur. Karena itu, menjaga kebersihan tangan, terutama kuku, sangat penting.

Berikut ini beberapa tips cara merawat kuku agar cantik dan bersih yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Batasi perawatan salon

Cara Merawat kuku agar cantik pertama adalah batasi perawatan ke salon. Sering ada orang yang ingin memiliki kuku cantik dengan perawatan kuku di salon. Selain praktis, hasilnya terlihat lebih baik daripada merawat diri sendiri di rumah. Namun perlu diperhatikan bahwa perawatan kuku secara teratur di salon tidak baik untuk kesehatan kuku.

Perawatan kuku yang sering di salon akan membuat kuku rapuh, karena kuku sering terkena unsur kimia yang keras di salon. Selain itu, ada kemungkinan infeksi bakteri dan jamur kuku atau bengkak di sekitar kuku.

Cobalah untuk melakukan perawatan kuku sendiri di rumah. Namun, jika Anda masih memilih untuk melakukan perawatan kuku di salon, Anda harus membawa peralatan perawatan kuku sendiri.

2. Lakukan perawatan kuku di rumah

Cara mudah merawat kuku adalah dengan perawatan kuku dirumah. Saat kuku panjang, rapi kan untuk melindunginya. Memotong kuku secara teratur akan membuat kuku Anda sehat dan terlihat bersih dan indah. Setelah memotong kuku, coba gunakan gigi palsu untuk menghaluskan ujung kuku.

Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat kutikula dengan pelembab. Tapi ingat, jangan terlalu merawatnya. Jangan mendorong atau bahkan melepas epidermis, karena akan merusak kuku dan membuat mereka terinfeksi.

Berhati-hatilah saat membersihkan bagian dalam kuku, karena ada risiko infeksi, terutama saat membersihkan kuku dengan alat yang panjang dan runcing. Infeksi dapat terjadi ketika jamur atau bakteri masuk melalui celah antara kuku dan dasar kuku.

3. Jangan terlalu sering menggunakan pembersih cat kuku aseton

Cara Merawat Kuku adalah dengan jangan terlalu suka menggunakan pembersih cat kuku aseton. Kadang-kadang menghilangkan cat kuku dapat membuat kita lebih mudah untuk membentuk kuku kita dan membuatnya terlihat lebih indah. Namun, penggunaan penghapus cat kuku secara teratur dapat merusak kuku alih-alih mendapatkan kuku yang indah. Kuku dapat mengalami retakan kecil hingga retakan permanen.

Menggunakan aseton untuk membersihkan kuku juga dapat merusak kuku. Aseton ditemukan dalam penghapus cat kuku. Sebuah penelitian menemukan bahwa setelah membersihkan kuku dengan aseton, kuku menjadi rapuh.

4. Berikan perawatan alami

Cara yang mudah merawat kuku adalah dengan memberikan perawatan alami. Untuk mendapatkan kuku cantik, Anda juga bisa mencoba beberapa metode tradisional yang menggunakan bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku dalam air garam hangat.

Selain itu, minyak pohon teh juga bisa menjadi bahan alami untuk merawat kuku cantik Anda. Diyakini bahwa minyak ini dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campur kan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa dan oleskan ke kuku Anda.

5. Rawat kuku indah dari dalam

Cara paling mudah merawat kuku dari dalam. Jika Anda ingin mendapatkan kuku yang cantik dan sehat, Anda juga perlu mempertahankan asupan gizi dan mengkonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah jenis vitamin B-kompleks. Penelitian telah menunjukkan bahwa biotin dapat menebalkan kuku, sehingga tidak mudah patah. Makanan yang mengandung biotin termasuk gandum, bayam, susu, telur, ubi, salmon dan ayam.

Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawat kuku Anda agar selalu terlihat bersih dan indah. Namun, untuk mencegah infeksi atau kerusakan pada kuku, berhati-hatilah selama perawatan.