Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips menaikkan berat badan secara alami

Kalau bicara soal berat badan, selama ini fokus perhatian kebanyakan orang hanya kelebihan berat badan. Padahal, kekurangan berat badan juga berisiko menimbulkan berbagai penyakit. Karena itu, perlu juga Tips untuk menaikkan berat badan.

Ingat, makan sebanyak mungkin dan tidak berolahraga bukanlah cara yang baik untuk menambah berat badan. Sebaliknya, jika Anda ingin menambah berat badan secara alami, sesuaikan pola makan dan olahraga Anda agar menjadi bagian yang penting.

Tips menaikkan berat badan secara alami

Tips Menaikkan berat badan secara alami

Untuk Menaikkan berat badan, Anda perlu melakukannya dengan benar. Sebab, salah-salah, bisa jadi Anda justru berujung mengalami kelebihan berat badan. Menaikkan berat badan yang sehat, adalah dengan menyeimbangkan massa otot dan lemak subkutan, bukan Menaikkan lemak perut yang tidak sehat.Berikut ini cara Menaikkan berat badan secara alami yang sehat.

Baca Juga: Tips Mengecilkan Perut Buncit

1. Makanlah kalori lebih banyak daripada yang dibakar tubuh

Untuk bisa meningkatkan berat badan, Anda perlu Menaikkan asupan kalori harian Anda. Tambahlah sekitar 300-500 kalori per hari dari jumlah kalori harian Anda yang biasa, jika ingin Menaikkan berat badan secara perlahan.Agar berat badan bisa naik secara lebih cepat, Anda dapat Menaikkan 700-1.000 kalori per hari dari asupan kalori harian yang biasa.

2. Konsumsi banyak protein

Protein merupakan sumber makanan yang baik bagi Anda untuk Menaikkan berat badan. Sebab, makanan yang mengandung protein, akan Menaikkan berat badan dengan cara meningkatkan jumlah massa otot dan bukan menumpuk lemak tidak sehat.

3. Perbanyak asupan karbohidrat dan lemak

Karbohidrat dan lemak, dapat membantu Anda Menaikkan asupan kalori harian. Namun, tetaplah ingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan.

4. Tambah waktu makan

Orang yang kekurangan berat badan cenderung lebih cepat kenyang. Sehingga, untuk menyiasatinya, perbanyak frekuensi makan Anda hingga lima atau enam kali sehari, dalam porsi yang lebih kecil, dibandingkan dua atau tiga kali makan besar.

5. Pilih olahraga yang tepat

Olahraga juga penting dilakukan untuk Menaikkan berat badan. Olahraga angkat beban, adalah olahraga yang tepat untuk Anda yang ingin Menaikkan berat badan. Sebab, olahraga ini bisa Menaikkan massa otot. Olahraga juga bisa membuat nafsu makan Anda meningkat.

6. Perhatikan waktu minum Anda

Minum banyak air sebelum makan, bisa menyebabkan Anda menjadi kenyang terlebih dulu sebelum melahap asupan Anda. Daripada sebelum makan, lebih baik konsumsi minuman tinggi kalori bersamaan dengan saat makan atau 30 menit setelah makan.

7. Minum smoothies

Saat ingin Menaikkan berat badan, jangan hanya mengonsumsi soda, kopi, atau minuman kemasan lainnya yang kurang sehat. Sebaliknya, konsumsilah smoothies yang terbuat dari susu dan buah.

Kapan Tips Menaikkan berat badan perlu dilakukan?

Bagi orang yang beratnya kurang dari biasanya, cobalah Tips menaikkan berat badan. Untuk memahami kebutuhan Anda untuk menambah berat badan, salah satu faktor yang bisa Anda rujuk adalah indeks massa tubuh (IMT). IMT dapat dihitung secara manual, rumusnya adalah: BMI = berat (dalam kilogram): tinggi (dalam m) ² seseorang dengan IMT 17,0-18,4, artinya berat badannya terlalu ringan. Pada saat yang sama, orang dengan BMI kurang dari 17 dianggap kurus.

Risiko yang bisa timbul jika Anda kekurangan berat badan

Sama seperti obesitas, kekurangan berat badan juga bisa menimbulkan berbagai risiko gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai, seperti:

• Hambatan perkembangan dan pertumbuhan

Kondisi ini dapat terjadi, terutama pada anak dan remaja yang mengalami kekurangan berat badan. Sebab, tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa tumbuh dengan baik.  Sementara itu, orang yang kekurangan berat badan, cenderung tidak memiliki kadar nutrisi yang cukup di tubuhnya.

• Tulang menjadi rapuh

Kekurangan vitamin D dan kadar kalsium selama penurunan berat badan dapat menyebabkan tulang rapuh dan osteoporosis.

• Daya tahan tubuh melemah

Saat kekurangan nutrisi, tubuh tidak bisa menyimpan energi. Akibatnya, tubuh akan sulit melawan kuman penyebab penyakit. Orang dengan kekurangan berat badan, memiliki sistem imun yang akan lebih sulit pulih setelah sakit.

• Anemia

Apabila Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, folat, serta vitamin B12, maka gejala anemia seperti pusing, lemas, dan lelah bisa muncul.

• Gangguan kesuburan

Wanita dengan kekurangan berat badan, memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar. Sehingga, kondisi kesuburannya pun terganggu.

• Rambut rontok

Kekurangan berat badan juga bisa menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Selain itu, kulit juga bisa menjadi kering dan lebih tipis. Kondisi ini pun bisa memicu gangguan pada gusi dan gigi.

Apabila termasuk dalam kelompok orang yang kekurangan berat badan, Anda dapat mencoba Tips Menaikkan berat badan di atas. Ingat, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen atau obat, kecuali yang diresepkan oleh dokter gizi.