Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Rumah di Pedesaan

Tips Membeli Rumah di Pedesaan
Membeli Rumah di Pedesaan | Foto: www.pinhome.id

Membeli rumah di pedesaan pada dasarnya mudah namun tetap perlu melakukan analisis lokasi. Analisis lokasi ini bisa kamu lakukan dengan cara mengobservasi lingkungan secara langsung. Mungkin bagi kamu yang sedang mencari hunian atau perumahan cilegon, cimahi atau area lain maka artikel ini bisa menjadi acuan yang pas.

Bagi beberapa orang mungkin memilih tinggal di pedesaan adalah keputusan mutlak. Alasan memilih tinggal di pedesaan biasanya karena ingin menghindari hiruk pikuk kota besar dan polusi udara yang terlalu barbar.

Selain itu, membeli rumah di pedesaan juga umumnya lebih murah. Hal ini karena harga tanah di desa lebih rendah dari harga lahan di kota atau area bisnis. Nah, sebelum kamu membeli rumah di pedesaan, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut.

Tips Membeli Rumah di Pedesaan

Setiap membeli unit properti tentu kita harus memahami apa saja tips-tips membeli hunian yang fundamental. Tujuannya agar kita tidak tertipu saat membeli properti di pedesaan dari developer. Berikut ini ada tips membeli hunian di pedesaan.

Cek lokasi dan akses transportasi

Hal pertama yang harus kamu cek ketika akan membeli properti di area pedesaan adalah lokasi dan akses transportasi. Hal ini berkaitan dengan kemudahan akses menuju pusat perbelanjaan, dan lokasi-lokasi strategis lainnya.

Selain itu pastikan juga lokasi yang kamu pilih telah mendapat akses listrik, sinyal internet dan juga provider. Ini penting karena untuk memudahkan kamu berkomunikasi dengan dunia luar.

Baca Juga: Cara ubah Pulsa Menjadi Saldo OVO

Kamu bisa mencari pedesaan yang telah maju. Biasanya area pedesaan yang maju telah mengadopsi teknologi seperti internet. Namun, ada juga beberapa desa yang masih memilih untuk tidak mengadopsi internet dan listrik.

Cek bangunan

Berikutnya adalah kamu harus melakukan pengecekkan terhadap kondisi bangunan. Hal ini mutlak perlu dilakukan ketika ingin membeli unit di mana saja. Apabila lokasi bangunan ada di pedesaan dan jauh dari tempat tinggal kamu, maka observasi langsung menjadi sebuah kewajiban ya.
Bandingkan harga

Selanjutnya kamu perlu membandingkan harga properti yang kamu taksir dengan properti lain di sekitar. Hal ini berlaku ketika kamu akan membeli hunian. Tujuannya agar kamu bisa memperkirakan apakah harga unit tersebut masih dalam nominal wajar. Kamu bisa melakukan hal ini dengan survei langsung ke lapangan atau mencari informasi lewat internet.

Cek potensi area

Cek juga potensi area yang ada di lokasi pedesaan. Misalnya, potensi di sana adalah perkebunan kopi. Maka kamu bisa memanfaatkan ini dengan membuat jasa penjualan biji kopi dan sebagainya. Selain kamu bisa memanfaatkan ini menjadi lahan bisnis, kamu pun bisa lebih merasa aman karena pedesaan tersebut cukup maju dengan hasil buminya. Apabila potensi area diolah dengan baik, umumnya perekonomian masyarakat di sekitar juga terjaga dan cenderung stabil.

Keunggulan memiliki rumah di Pedesaan

Setelah kamu mengetahui tips membeli rumah di pedesaan, kini saatnya mengetahui keunggulan memiliki rumah di pedesaan.

Jauh dari polusi dan kemacetan

Keunggulan pertama dari memiliki rumah di pedesaan adalah jauh dari polusi udara dan kemacetan. Tinggal di kota mungkin memang mempermudah kehidupan karena segala fasilitas tersedia, namun polusi dan kemacetan menjadi ancaman penduduk kota. Apabila kamu sudah lelah berpapasan setiap hari dengan dua hal itu, kamu bisa mencoba untuk tinggal di pedesaan dengan suasana yang lebih tenang.

Udara yang lebih bersih

Selain kondisi lingkungan yang tenang, udara di pedesaan juga lebih bersih. Pepohonan biasanya masih mendominasi ekosistem sehingga kamu bisa dengan nyaman bernapas di pagi hingga siang hari karena udaranya tidak tercemar oleh polusi kendaraan.

Ritme hidup lebih terarah

Umumnya tinggal di desa akan terasa lebih lambat. Apabila kamu pernah tinggal di kota, maka kamu akan merasakan betapa cepatnya waktu bergerak. Tentu hal ini akan membuat kamu terasa dikejar oleh waktu. Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana hidup lebih tenang dan terarah, maka tinggal di pedesaan bisa menjadi pilihan.

Biaya hidup cenderung murah

Selain itu biaya hidup di desa juga cenderung murah. Hal ini lantaran pedesaan dekat dengan perkebunan sayuran, lahan pertanian, peternakan dan juga area budidaya ikan. Oleh karena itu kamu bisa mendapatkan bahan makanan tersebut langsung dari sumbernya.

Baca Juga: Suzuki XL7 : Mobil SUV Dengan Tampang Ganteng Di Indonesia

Nah itu saja informasi mengenai tips membeli rumah di pedesaan, semoga penjelasan di atas bisa berguna ya. Apabila kamu berniat untuk mencari rumah di pedesaan dan mau jual rumah di bogor, bandung atau kota besar lainnya untuk pindah ke desa, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala perbekalan ya.