Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Bitcoin, Hingga Menjadi Primadonna Uang Digital

Harga bitcoin pada hari ini saat artikel ini ditulis adalah 1 Bitcoin sama dengan IDR 649.971.940,70. Nilai yang sangat Fantastis sekali. Nah untuk itu, Kakceng akan mengajak Anda untuk Mengenal Bitcoin hingga menjadi Primadonna uang digital saat ini. Yuk kita simak!

Mengenal Bitcoin, Hingga Menjadi Primadonna Uang Digital

Selama pandemi COVID-19, mata uang digital Bitcoin telah menjadi hal terpenting. Baru-baru ini, Elon Musk, pendiri mobil listrik Tesla, menyatakan bahwa transaksi Tesla akan diselesaikan dengan Bitcoin, dan nilainya meningkat tajam. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa dia telah membeli cryptocurrency ini seharga $ 1,5 miliar.

Lantas, apa itu bitcoin, bagaimana nilainya bisa terus melambung, bagaimana cara memperdagangkannya hingga cryptocurrency tercipta?

Apa itu Bitcoin?

Mengutip Laman finance.detik.com, Bitcoin adalah cryptocurrency orisinal dan terpopuler, atau koin digital, dan mulai beredar pada tahun 2009. Uang digital tersebut diciptakan oleh sosok misterius, Satoshi Nakamoto. Uang digital dirancang agar bebas dari otoritas keuangan pusat seperti pemerintah, bank, dan bank sentral.

Transaksi Bitcoin disebut peer-to-peer, artinya dapat ditransfer langsung antara pengguna online tanpa perantara apa pun. Bitcoin didasarkan pada teknologi blockchain yang bertindak seperti buku besar transaksi publik dan diamankan dengan kriptografi canggih yang menawarkan anonimitas kepada pengguna.

Karena tidak ada otoritas pusat yang mengatur pasokan, nilai bitcoin bergantung pada kepercayaan orang dan hingga saat ini sebagian besar digunakan untuk spekulasi oleh pedagang keuangan daripada untuk perdagangan dan pembayaran dunia nyata.

Perjalanan Bitcoin Hingga Menjadi Primadonna Uang Digital 

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai bitcoin telah menguat, melonjak lebih dari 300% pada tahun 2020, melewati rekor tertinggi US $ 42.000 pada Januari 2020 dan baru-baru ini nilainya sebesar US $ 44.000.

Nilai bitcoin yang tinggi didorong oleh investor institusi besar yang melihatnya sebagai lindung nilai terhadap inflasi di era pandemi COVID-19.

Sekarang bitcoin mulai menjadi alat pembayaran. PayPal Holdings Inc mengatakan mereka mengizinkan pelanggan untuk membeli, menjual dan menyimpan bitcoin dan koin virtual lainnya menggunakan dompet online-nya. Perusahaan juga akan dapat menggunakan cryptocurrency untuk berbelanja di 26 juta pedagang di jaringannya mulai tahun ini.

Untuk investasi bitcoin, bagaimana Anda menyetor, memperdagangkan, dan menerbitkan bitcoin?

Baca Juga: Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Bitcoin disimpan di dompet virtual dengan kunci unik. Transaksi dilakukan dengan mengirim bitcoin dari satu dompet ke kunci unik yang terkait dengan dompet lain dalam proses kriptografi yang diverifikasi oleh komputer di seluruh jaringan bitcoin.

Dompet Bitcoin dapat disimpan secara offline atau online di bursa cryptocurrency, tempat bitcoin dapat dibeli dan dijual dengan mata uang tradisional atau koin virtual lainnya.

Bagaimana bitcoin dibuat? Cryptocurrency hanya dihasilkan dalam proses yang disebut penambangan. Penciptaannya melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan kekuatan komputasi awan dalam jumlah besar untuk menyelesaikan persamaan matematika yang kompleks untuk membangun rantai blok dan mendapatkan hadiah dalam bentuk koin baru.

Bitcoin dirancang untuk dibuat dengan nilai tukar tetap, yang berarti penambang harus bersaing satu sama lain untuk memenangkan koin. Jumlah bitcoin yang dibuat setiap tahun secara otomatis berkurang dari waktu ke waktu dan penerbitan akan berakhir dengan total 21 juta bitcoin yang beredar.

Semakin banyak waktu berlalu, semakin keras komputer bekerja untuk menambang bitcoin baru. Saat ini ada lebih dari 18 juta bitcoin yang beredar.

Nah demikianlah pembahasan mengenai Bitcoin dan perjalanannya menuju primadona uang digital. semoga bermanfaat

Baca Juga:  5 Software dan Aplikasi Trading Forex Terbaik Saat ini

*Sumber: finance.detik.com

Baca Juga: