Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Laptop Bekas

Membeli laptop second? Mengapa ragu? Selama masih bisa memilih laptop yang tepat, Anda bisa mendapatkan laptop bekas berkualitas tinggi. Untuk itu pada saat membeli laptop second harap teliti kembali komponen-komponen pada laptop yang ingin dibeli, dan terapkan tips membeli laptop bekas di bawah ini.

9 tips membeli laptop bekas yang wajib anda ketahui

Tips Membeli Laptop Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli atau mentransfer dana, Anda perlu memastikan bahwa laptop bekas yang akan di beli berfungsi dengan baik. Selain mengecek kondisi fisik laptop bekas yang akan di beli, Anda juga harus memastikan bahwa software masih bagus. Agar tidak menyesal, berikut tips membeli laptop bekas.

1. Cari tahu dulu kebutuhanmu

Tips membeli laptop bekas pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kebutuhan Anda. Memang banyak sekali laptop bekas murah yang beredar di pasaran. Namun, jika tidak memenuhi kebutuhan Anda, mengapa harus membelinya?

Cari tahu dulu spesifikasi yang dibutuhkan, seperti prosesor dan RAM. Jika satu-satunya persyaratan adalah mengetik dan menjelajah, Anda tidak perlu prosesor dan RAM yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, jika ada laptop bekas dengan prosesor dan RAM yang bisa memenuhi kebutuhan Anda, mohon pertimbangkan untuk membelinya.

2. Cek kondisi body laptop

Tips saat beli laptop bekas yang harus Anda cek dan lihat paling mudah adalah kondisi body laptop bekas yang Anda beli.

Entah ada keretakan atau retakan pada body notebook. Jika masih lancar berarti pemilik sebelumnya sudah sangat paham tentang teknik perawatan laptop.

Namun, jika terjadi keausan atau retakan pada bodi, laptop bekas tentu saja akan terjatuh. Apalagi kerusakan komponen komputer notebook akibat jatuhnya tidak terkecuali.

3. Cek kondisi layar dan LCD

Silakan periksa semua bagian layar dan LCD dengan hati-hati saat menyalakan atau mematikannya.

Saat mematikan laptop, pastikan tidak ada bintik atau warna lain di setiap sudut layar. Terlepas dari apakah ada piksel atau titik pada layar laptop bekas, cara termudah adalah dengan mengubah wallpaper menjadi hitam pekat.

Setelah itu cek di layar apakah ada warna selain hitam. Coba juga putih bersih dan pastikan hasilnya sama.

Beberapa trik saat memeriksa LCD, yaitu menyalakan dan mematikannya secara perlahan. Layar komputer notebook akan bermasalah saat bergetar, kendor, dan tampak hitam atau putih. Layar bergelombang juga dapat menunjukkan bahwa layar sudah mulai retak.

Periksa juga apakah ada goresan atau retakan pada layar LCD. Pastikan tidak ada sudut layar yang berubah warna.

4. Cek keyboard dan trackpad

Keyboard dan trackpad adalah komponen yang paling umum digunakan di komputer notebook. Oleh karena itu, periksa kedua bagian ini pada laptop bekas yang Anda beli.

Coba masuk dulu. Jika ada kerusakan, Anda harus segera menyadarinya.

Hal yang sama berlaku untuk trackpad. Coba lihat apakah penunjuk dapat berjalan dengan lancar.

5. Cek koneksi nirkabel (wireless)

Tentu saja, laptop bekas yang tidak ingin Anda beli tidak dapat terhubung ke Internet melalui WiFi. Oleh karena itu, coba sambungkan laptop bekas ke jaringan WiFi. Jika ada masalah, sebaiknya cari laptop bekas lainnya.

6. Cek webcam

Kamera web (webcam) digunakan untuk melakukan panggilan video melalui laptop. Jika rusak, tentu saja kegiatan ini sulit dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya periksa dulu webcam pada laptop bekas yang Anda beli.

7. Cek soket-soketnya

Sama seperti memeriksa ponsel bekas, bahkan saat memeriksa laptop bekas, pastikan lubang atau slot pada laptop tersebut masih berfungsi. Karenanya, Anda perlu membawa flash drive, headphone, kartu SD, dan kabel HDMI untuk memeriksa apakah soket masih berfungsi.

Periksa juga slot DVD, apakah masih dapat memutar film? Jangan lupa untuk memeriksa kondisi suara semua tombol keyboard, webcam dan speaker.

8. Cek harddisk dan pastikan tidak ada badsector

Kondisi hard disk juga menjadi komponen yang wajib dicek. Pertama, pastikan hard drive yang digunakan memenuhi spesifikasi pabrik. Jika standarnya menggunakan hardisk 500GB maka laptop yang akan dibeli juga harus memiliki kapasitas yang sama.

Kemudian periksa kondisi hard disk. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemeriksaan. Tetapi ada teknik cepat untuk memeriksa kondisi hard disk dengan menyalin dan menempelkan file menggunakan File Explorer.

Coba arsipkan massal. Jika proses transfer file memakan waktu lama atau tidak normal, ini mungkin menunjukkan bahwa hard drive telah terkena bad sector. Anda dapat meminta untuk menggantinya dengan hard drive lain atau mencari laptop lain.

Bagi yang sedang mencari laptop operable, berikut 5 rekomendasi laptop terbaik untuk pekerja kantoran.

9. Cek kondisi baterai dan charger

Salah satu komponen laptop yang juga wajib dicek adalah kondisi baterai dan charger. Salah satu teknik untuk memeriksa level baterai adalah dengan menggunakan laptop selama beberapa menit dengan membuka beberapa perangkat lunak yang agak besar.

Setelah memulai dan menggunakan, periksa level baterai laptop. Setelah 10-15 menit penggunaan, periksa level baterai. Jika cepat aus, sel baterai bisa rusak.

Bersamaan dengan itu, untuk mengecek kondisi charger, coba sambungkan kabel charger laptop ke sumber listrik. Periksa apakah proses pengisian baterai normal atau lambat. Selain itu, pastikan juga kondisi kabel charger tidak terkelupas, dan tidak mau terbuka dan tertutup saat digunakan.

Ini adalah beberapa tips untuk membeli laptop bekas. Yang terpenting, sebelum membeli laptop bekas, sebaiknya lakukan survei harga terlebih dahulu. Selain itu, pastikan Anda sudah menentukan merk dan seri laptop yang Anda cari, sehingga yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari harga pasarannya. Baca juga: Kini Whatsapp Web Bisa Video Call Hingga 50 Orang, Begini Caranya!

Harganya memang tergantung dari kondisi produk itu sendiri, tapi setidaknya Anda punya patokan harga yang berguna saat ingin bernegosiasi dengan penjual.

Agar tidak tertipu, pastikan kami juga memahami riwayat penjual. Oleh karena itu, jika ada pertanyaan atau kendala, Anda dapat meminta bantuan dan jawaban. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Tips Membeli Laptop Bekas"