Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan salah satu tanaman hias yang paling digemari karena nilai seni pada daunnya. Jenis tanaman ini cukup melimpah dan paling banyak ditemukan di area taman depan rumah.

Hampir setiap orang memiliki tanaman jenis daun. Ini bisa dibuktikan dengan mengamati setiap taman yang ada di depan rumah. hias jenis inipun mendominasi jenis tanaman lainnya, seperti tanaman bunga dan buah.

Namun dari segi popularitasnya, tanaman jenis daun menempati urutan kedua setelah hias bunga. Dalam perdagangan internasional, mawar menempati urutan pertama, disusul anyelir dan krisan.

Pengertian tanaman hias daun

Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki nilai estetika dan keunikan khususnya pada daunnya. Biasanya tanaman ini tidak memiliki bunga, melainkan warna daunnya yang berwarna-warni, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Tanaman yang dihias dengan daun juga merupakan produk yang menjanjikan. Pesatnya perkembangan usaha terpadu pertanian tanaman membuktikan hal tersebut, baik berupa bunga maupun daun. Paling tidak tanaman tipe daun memiliki nilai ekonomis, meski masih lebih rendah dari tanaman tipe bunga.

Di Indonesia, terdapat tumbuhan hias jenis daun yang disebut tumbuhan “gelombang cinta”. Tepatnya, sekitar tahun 2007 lalu, tanaman gelombang cinta bernama "Anthurium Jennamii Kobra" dijual seharga 270 juta rupiah, sedangkan Supernova dijual seharga satu miliar rupiah.

Fenomena tersebut memang di luar dugaan, namun tidak berlangsung lama dan cepat hilang karena tidak berkembang dengan kondisi alam pasar tanaman hias. Karena mahalnya harga, banyak orang yang menjual tanaman pot palsu. Jangan heran jika tanaman ini dicuri.

Bagi yang ingin mempelajari tentang tanaman daun, berikut akan kami berikan beberapa contoh tanaman jenis daun yang sedang popular di kalangan masyarakat beserta ciri-cirinya.

Kuping Gajah

tanaman hias daun
Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

Bentuk daun tanaman kuping gajah sangat unik, mirip dengan lambang hati (love) atau jantung (heart). Corak pada daunnya pun mengikuti alur daun, sehingga menambah daya tarik tanaman ini.

Dibandingkan dengan tanaman lainnya, daun kuping gajah sangat lebar dan bisa dikategorikan pada tanaman jenis daun lebar. Ciri yang membuatnya lebih menarik adalah satu batang terdiri dari satu daun.

Ciri-Ciri Tanaman Kuping Gajah

Daun kristal anthurium berukuran besar dan berbentuk hati. Oleh karena itu dinamakan tumbuhan kuping gajah. Daunnya berbentuk kuping ditopang oleh batang kecil tegak. Daunnya berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna hijau putih.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki banyak daun yang lebat. Saat tumbuh tumbuhan kuping gajah, panjang tumbuhan kuping gajah bisa mencapai panjang 20 sampai 40 cm dan lebar 15 sampai 38 cm. Anehnya, tanaman ini bisa dirawat di dalam maupun di luar ruangan.

Jadi, tanaman kuping gajah termasuk tanaman outdoor dan tanaman indoor karena bisa ditaruh didalam ruangan dan juga luar ruangan.

Dieffenbachia

tanaman hias daun
Daya tarik tanaman cemara terletak pada bentuk dan corak daunnya. Ciri-ciri tanaman ini, Daunnya lebar dan terlihat sesak sehingga menutupi batang dan pangkal tanaman.

tanaman daun putih hijau ini, Corak pada daunnya seperti gambar abstrak daun kelapa, sangat kering namun berwarna hijau dan putih, sehingga perpaduan bentuk, warna dan corak daun sangat unik dan indah. Ngomong-ngomong, tanaman berdaun unik ini disebut juga bunga atau daun bahagia. Tanaman ini bisa dikategorikan pada hias jenis daun lebar.

Lidah mertua

tanaman hias daun

hias daun yang satu ini mempunyai nama latin sansevieria. Daun tanaman lidah mertua adalah batang dari tanaman itu sendiri, tanaman ini bisa dikategorikan ke dalam jenis tanaman daun panjang. Karena saya sendiri bingung membedakan mana daun dan mana yang batang, atau daun dan batang dan batang itu sendiri daunnya.

Tanaman ini memiliki ciri khas daun dan polanya. Daunnya berwarna hijau, bentuknya seperti lidah, dan memiliki corak yang unik. Jika diperhatikan, pola pada tanaman ini menyerupai ular hijau.

Namun, jika diperhatikan lebih dekat, bentuk daunnya lebih seperti pedang hijau, dan ujung ujung pena seperti bersiap untuk menusuk siapa pun yang ada di dekatnya.

Gelombang Cinta

tanaman daun hias

Tanaman yang sangat populer saat itu bernama latin Anthurium termasuk kedalam jenis hias outdoor. Bentuk daunnya unik banget, jadi kalaupun harganya turun tetap banyak penggemarnya. Dulu pengepul sangat menyukai tanaman hias, namun sekarang banyak orang yang mengkoleksinya dan aman jika diletakkan di luar ruangan.

hias jenis daun lebar yang satu ini, Seperti namanya daun tanaman ini di bagian luarnya bergelombang sehingga menyerupai tirai yang tertiup angin. Tulang atau tulang daun tersusun rapi, layaknya pemuda yang ingin berpacaran dengan kekasihnya. Mungkin inilah yang membuat tanaman ini dinamakan Gelombang Cinta.

Puring

tanaman hias jenis daun

Sekilas, yang menarik bagi saya adalah warna-warna cerah daunnya. Terdapat tiga warna daun utama pada sebuah pohon yaitu merah, kuning dan hijau, seperti rambu-rambu jalan.

Batang antara batang dan daun pendek, namun tersusun rapi. Ujung ujung yang padat dimiringkan ke atas (miring ke atas). Setelah diamati dengan cermat, warna daun bagian bawah merah darah, kemudian kuning, dan warna daun bagian atas hijau.

Suplir

tanaman hias jenis daun

hias jenis daun kecil ini terlihat cantik dan bisa membuat suasana ruangan lebih segar. Meski terlihat memanjakan, tanaman ini sulit dirawat. Hal ini dikarenakan suplir membutuhkan lingkungan yang tidak kering dan udara bersih agar tumbuh normal.

Begonia Rex

tanaman hias jenis daun

hias jenis daun merah ini  mempunyai ciri, Daunnya yang lebar dan berwarna merah tua menjadi daya tarik utama dari tanaman ini. Selain itu, warna hitam pada bagian tengah daun juga membuatnya terlihat cantik, cocok untuk diletakkan di pekarangan atau di pot gantung.

Samber Lilin/Perisai Persia (Strobilanthes dyerianus)

tanaman hias jenis daun

Tamanan hias samber lilin bisa dikategrikan ke dalam tanaman hias daun ungu, gantung daun ungu, daun jenis ungu hijau, daun tujuh.

Tanaman yang subur dan ramping adalah salah satu tanaman paling populer. Selain indah, tanaman ini mudah dirawat dan cocok ditempatkan di berbagai wadah. Daunnya berwarna ungu dan hitam. Anda dapat memposisikan tanaman agar terkenal dengan sinar matahari setempat. Jika terlalu cerah, daunnya bisa memutih nantinya. Jika kurang sinar matahari, dampaknya tidak akan terlalu besar. Tanah harus dijaga tetap lembab dan tidak terlalu kering.

Janda Bolong

tanaman hias jenis daun

Tanaman berlubang monstera adalah tanaman tropis yang berasal dari Amerika Tengah. monstera terkenal dengan lubang daun alami dan terkenal dengan julukan Swiss Cheese Plant. Tanaman ini di Indonesia dikenal dengan nama Janda bolong.

Baca Juga: Tanaman Hias Gantung

Demikianlah jenis tanaman hias daun yang perlu anda ketahui sebelum anda berminat untuk membuat koleksi tanaman yang lagi trend saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi sumber referensi anda. Salam.

Post a Comment for "Tanaman Hias Daun"