Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian internet menurut para ahli

Internet (interconnected network) atau banyak orang yang menyamakannya dengan istilah “jaringan internasional” merupakan konsep jaringan yang paling luas dan berlaku secara internasional. Artinya setiap komputer di dunia ini memiliki izin yang sama untuk terhubung ke jaringan.

Pengertian internet menurut para ahli

Apa itu internet?

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa itu Internet dan pengertian dari Internet itu sendiri, yang terbaik adalah membahas sejarah dan perkembangan Internet di seluruh dunia.

Sejarah internet dunia

Sejarah perkembangan internet tidak lepas dari sejarah jaringan komputer dan perkembangan jaringan komputer. Dengan perkembangan internet, internet juga berkembang pesat.

Sejak 1969

Awalnya, perkembangan internet diawali dengan munculnya jaringan ARPA yang dibentuk dan dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS bekerjasama dengan UCLA, Universitas Stanford, UCSB dan Universitas Utah. Pengembangan penelitian ini tidak lebih dari fokus pada kepentingan pembangunan militer AS. Pada tahun 1970, dengan perkembangan Internet, lebih dari 10 komputer mulai bermunculan.

Membuat email pada tahun 1972

Setelah pengembangan jaringan ARPA berhasil, pada tahun 1972, seseorang bernama Roy Tomlison memperbaiki jaringan ARPA dengan menambahkan sistem email yang disebut email. Penggunaan ikon @ juga diperkenalkan dan diformalkan untuk mendukung pengembangan email. Satu tahun kemudian, penggunaan jaringan ARPA menjadi populer, diikuti oleh universitas di luar Amerika Serikat, salah satunya adalah University College di London, Inggris. Pada saat itu, London adalah komputer pertama yang bergabung dengan jaringan ARPA di luar Amerika Serikat.

Vinton Cerf dan Bob Kahn, Bapak Internet

Di tahun yang sama saat London memasuki jaringan ARPA, dua orang dari University of Sussex di Inggris mengajukan gagasan untuk membangun jaringan internasional yang dapat terhubung ke komputer di seluruh dunia. Ide mereka lahir dengan nama jaringan internasional (juga dikenal sebagai Internet). Untuk gagasan inilah keduanya dikenang sebagai bapak dunia Internet.

USEnet dan kelahiran videophone

USEnet adalah newsgroup pertama yang berbasis pada teknologi Internet. USEnet didirikan pada 1979 oleh Tom Triscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin. Tiga tahun kemudian, pada tahun 1981, France Telecom kemudian memperkenalkan konsep penggunaan tautan video untuk komunikasi telepon, yang sekarang dapat Anda sebut panggilan video. .

Lahirnya protokol jaringan Internet

Pada tahun 1982, ketika ada beberapa komputer yang terhubung satu sama lain di jaringan, seseorang mengusulkan untuk membuat semacam standar sehingga setiap komputer dapat mengakses data satu sama lain di jaringan. Oleh karena itu, DCA bekerja sama dengan DARPA, dan kemudian memformalkan TCP atau protokol kontrol transmisi dan protokol IP atau Internet ke dalam protokol jaringan standar dalam jaringan ARPA.

Internet chat, www, browser, dan belanja virtual

Pada tahun 1988, ketika ada lebih dari 10.000 pengguna komputer yang terhubung ke jaringan ARPA, Jarko Oikarinen dari Finlandia memperkenalkan apa yang disebut IRC atau obrolan relai Internet. Obrolan relai internet memungkinkan setiap pengguna komputer menggunakan jaringan komputer untuk berkomunikasi dan mengobrol.

 Pada tahun 1990, browser dan www, juga dikenal sebagai World Wide Web, muncul, yang merupakan hasil pengembangan Tim Bernes Lee. Browser dan www memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses situs web dan halaman terdaftar di jaringan. Pada tahun 1992, banyak situs Internet mulai berkembang, salah satunya adalah Yahoo dan e-retail yang merupakan pionir dari e-commerce.

Sejarah Internet di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perkembangan internet dimulai pada tahun 1983. Tahun itu, Joseph F.P Luhukay meluncurkan Internet di Universitas Indonesia, menamakan dirinya UInet. Bisa dikatakan kelahiran internet pertama di Indonesia dilakukan di gedung Universitas Indonesia, kemudian dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan memperluas jaringannya hingga ke ITB, IPB, UGM, ITS dan Universitas Hasanudin.

Selama ini mulai dari penggunaan jaringan nirkabel, penggunaan jaringan internet di smartphone hingga peningkatan kecepatan akses data di internet, pertumbuhan internet di Indonesia dan dunia terus berkembang.

 Setelah memahami sejarah internet, berikut adalah beberapa definisi internet berdasarkan beberapa tokoh, ilmuwan, ahli, dan beberapa definisi internet berdasarkan forum dan kelompok tertentu:

Onno W. Purbo

Karakter pertama yang menjelaskan arti Internet adalah Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005) mengemukakan bahwa Internet pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi dengan berbagai aplikasi (seperti Web, VoIP, E-mail).

Allen (2005)

Gambar selanjutnya (Allan, 2005) menunjukkan bahwa Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang secara fisik terhubung satu sama lain dan memiliki keterampilan untuk mendengarkan dan menggambarkan banyak protokol komunikasi yang biasa disebut sebagai Internet Protocol (IP) dan kontrol transmisi. Protokol (TCP). Protokol itu sendiri didefinisikan oleh Alan sebagai spesifikasi sederhana tentang bagaimana dua atau lebih komputer bertukar informasi.

Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Definisi lain dari internet berasal dari pendapat Strauss, El-Ansary dan Frost (2003). Mereka menulis bahwa Internet adalah seluruh jaringan komputer yang terhubung. Beberapa komputer yang terhubung satu sama lain dalam penyimpanan jaringan ini, dan juga memiliki sejumlah file yang dapat diakses dan digunakan, seperti website dan data lain yang dapat digunakan dan diakses di beberapa komputer yang terhubung ke internet .

Oetomo (2002)

Oetomo (2002) menyatakan bahwa internet merupakan akronim atau kependekan dari jaringan internasional, yang diartikan sebagai jaringan komputer terbesar dimana suatu jaringan komputer terdiri dari banyak jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa jaringan komputer terbesar ini dapat mencakup semua jaringan dunia.

Randall dan Latulipe

Randall dan Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita sebut Internet sebagai jaringan global di dalam jaringan komputer. Jadi internet ibarat jaringan global dari banyak jaringan komputer yang bisa diakses dari mana saja.

Kayo, Mori dan Takano (1996)

Kayo, Mori, dan Takano (1996) mengemukakan pendapat bahwa Internet adalah jaringan dengan tiga karakteristik. Hal unik tentang internet adalah kebebasan internet. Internet dapat memberi penggunanya semacam otoritas untuk secara bebas mengirimkan dan menerima informasi.

Kedua, internet memiliki ciri yang lebih dinamis dan diyakini mengikuti perkembangan zaman. Sebagian besar informasi yang tersedia untuk umum di Internet masih sangat baru dibandingkan dengan informasi di media cetak.

Ketiga, internet adalah jaringan interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, setiap pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna yang berbeda di dunia ini kapan saja

Supriyanto (2006)

Tokoh lain yaitu Supriyanto (2006) menulis bahwa Internet adalah penghubung antara berbagai jenis komputer bahkan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda, atau dimana hubungan peradaban tersebut menggunakan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit. yang menggunakan protokol. standar untuk bekerja pada tautan komunikasi, yaitu TCP / IP (Transmission Control / Internet Protocol)

Harjono (2009)

Pendapat lainnya adalah bahwa Internet dapat diartikan sebagai sekumpulan banyak komputer yang dapat menjangkau hingga jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain. Agar komputer dapat terhubung satu sama lain, diperlukan media untuk menghubungkan komputer tersebut. Media yang digunakan dapat berupa kabel / fiber optik, satelit atau saluran telepon (Harjono, 2009).

O'Brien (2003)

Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat saat ini, dari segala macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan, dimana jumlah penggunanya dapat bertambah hingga lebih dari 200 negara (O'Brien, 2003).

Ramdhani (2003)

Ramdhani (2003) menulis dalam modul Internet bahwa internet adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi dan individu.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa internet dapat memberikan akses layanan telekomunikasi dan berbagai sumber informasi kepada jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

 Internet menawarkan banyak jenis layanan. Layanan Internet mencakup komunikasi langsung seperti email dan obrolan, diskusi seperti pesan Usenet, email dan milis, serta sumber informasi terdistribusi (World Wide Web, Gopher), login jarak jauh, dan lalu lintas file (Telnet, FTP) dan berbagai layanan lainnya.

Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)

Beberapa tokoh lain yang menjadi anggota tim peneliti, serta pengembangan platform Internet, menetapkan bahwa Internet adalah metode menghubungkan berbagai jenis komputer ke dalam satu jaringan global yang luas. Setiap komputer dapat dihubungkan satu sama lain melalui jaringan global yang luas melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP).

Drew Heywood (1996)

Heywood (1996) menulis bahwa konsep internet tidak lepas dari sejarah internet. Ini dimulai pada akhir 1960-an, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) membutuhkan standar baru untuk pekerjaan komunikasi online. Standar baru haruslah yang dapat menghubungkan komputer mana pun di Dephan ke komputer yang dimiliki oleh kontraktor militer, organisasi penelitian dan sains di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman, dan tangguh untuk beroperasi dalam situasi dengan dampak minimal bencana atau perang.

Dengan demikian, ada internet dengan jaringan yang kuat yang juga dapat menghubungkan banyak komputer menjadi satu jaringan yang luas.

Greenlaw dan Hepp (2002)

Pemahaman yang berbeda tentang internet diungkapkan oleh Greenlaw dan Hepp (2002), yang menyatakan bahwa internet adalah sistem informasi global yang secara logis terhubung dengan alamat atau alamat yang menarik berdasarkan protokol internet / IP dan mendukung komunikasi dengan TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini mengakibatkan Internet digunakan, dimodifikasi, dan dapat diakses, baik secara umum maupun khusus.

Sorban, Rainer, Potter (2005)

Turban, Rainer, dan Potter (2005) mengemukakan pendapat yang berbeda di Internet. Mereka mendefinisikan Internet sebagai jaringan besar yang menghubungkan jaringan komputasi, baik dari organisasi maupun bisnis, organisasi pemerintah, dan sekolah di seluruh dunia, secara langsung dan cepat.

Lutfi SY

Lutfi SY dalam modul IT-nya menulis bahwa Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara global yang memungkinkan pengguna Internet untuk bertukar informasi atau data di jaringan tersebut.

Selain itu disebutkan bahwa internet merupakan sistem transfer data global yang dibangun atas dasar infrastruktur yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang menghubungkan komputer dalam suatu jaringan. (Baca juga tentang perangkat lunak komputer jaringan dan perangkat keras jaringan.)

Garasi Insinyur

Engineers Garage menulis bahwa pada dasarnya tidak ada pemahaman standar tentang arti internet itu sendiri. Konon, pada kenyataannya, internet tidak terbatas pada pengertian tertentu.

Namun secara umum, Internet dapat diartikan sebagai jaringan berkabel atau nirkabel yang berkomunikasi satu sama lain untuk memberikan informasi.

 Sibero

Berdasarkan informasi dari Sibero (2011), Internet atau yang dimaksud dengan Inter-connected Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Lebih lanjut dijelaskan bahwa internet juga dapat disebut sebagai jaringan alami, yaitu jaringan yang paling luas.

Internet juga dapat berinteraksi seperti jaringan komputer pada umumnya seperti jaringan komputer lokal dan jaringan komputer area luas, Internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama yaitu TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Lani Sidharta (1996)

Sidharta (1996) mengemukakan bahwa internet merupakan format interkoneksi jaringan komputer yang dapat menyediakan layanan informasi format penuh. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa internet ternyata juga telah menjadi teman virtual atau virtual yang kuat yang banyak digunakan dalam media bisnis, politik bahkan hiburan.

Meskipun secara fisik internet merupakan format untuk interkoneksi jaringan komputer, secara umum internet harus diperhatikan dan juga dicerna sebagai sumber informasi.

Sidharta juga menyebutkan bahwa konten Internet adalah informasi yang hampir semua aspek kehidupan manusia dapat ditemukan dalam format virtual di Internet.

Ned Snell

Ned Snell juga berkontribusi pada pemahaman internet. Menurutnya, Internet merupakan koridor berbagai jenis sumber daya yang terdapat di dalamnya, dan akses ke masing-masing sumber daya tersebut berlangsung melalui berbagai perangkat.

Sarwono (2012)

Berdasarkan informasi dari Sarwono, internet merupakan kelompok jaringan global. Bahkan, lanjut Sarwono, tidak ada satu orang pun yang bisa bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Awalnya internet hanya digunakan untuk keperluan militer, namun kini sudah merambah kebutuhan masyarakat sipil sekaligus sebagai salah satu bentuk hiburan.

Berners Lee

Berners Lee yang menciptakan konsep World Wide Web menyatakan bahwa Internet adalah jaringan dari banyak jaringan. Ini jelas berkaitan dengan konsep bahwa jaringan komputasi atau jaringan lokal tertentu juga dapat dihubungkan ke jaringan lain.

Kamus Oxford

Kamus Oxford adalah salah satu kamus internasional paling andal sebagai panduan untuk berbagai arti. Dalam kamus Oxford, Internet dikatakan sebagai jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, terdiri dari jaringan koneksi yang menggunakan protokol komunikasi standar.

Dewan Jaringan Federal

Dewan Jaringan Federal (FNC) telah memutuskan bahwa internet mengacu pada sistem informasi global yang secara logis terhubung ke alamat berbasis protokol internet (IP) yang menarik. Protokol kontrol transmisi / Protokol Internet (TCP / IP) atau alamat IP lain yang kompatibel yang memfasilitasi akses publik dan pribadi ke komunikasi tingkat tinggi dan infrastruktur terkait.

Wikipedia

Salah satu situs ensiklopedia terbesar di World Wide Web, Wikipedia juga memberikan penjelasan lengkap tentang definisi Internet. Wikipedia mengatakan bahwa Internet adalah singkatan dari jaringan interkoneksi, yaitu seluruh jaringan komputer yang terhubung satu sama lain. Agar dapat saling terkoneksi, Internet menggunakan sistem standar yaitu protokol TCP / IP untuk menangani pertukaran paket pada jaringan di seluruh dunia.

Kesimpulan Pengertian Internet

Pada dasarnya dengan melihat pendapat dari jumlah dan banyak komunitas tentang internet maka dapat ditarik beberapa kesimpulan tentang pentingnya internet, yaitu:

Internet adalah singkatan dari jaringan interkoneksi atau sering disamakan dengan istilah jaringan internasional

Internet adalah salah satu jaringan terbesar dan sering dilihat sebagai pusat pengembangan informasi.

Internet bekerja dengan menghubungkan semua komputer di dunia ke dalam satu jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi

Dalam hubungan antar jaringannya, internet membutuhkan protokol untuk dapat menerima dan mengirimkan informasi yaitu TCP / IP

Efek negatif dan positif dari penggunaan Internet

Internet itu sendiri, seperti perkembangan teknologi lainnya, memiliki dua sisi pengaruhnya: baik dan buruk. Di bawah ini adalah perbandingan dari dua sisi penggunaan internet:

Manfaat positif dari Internet:

  • Mempercepat arus informasi
  • Memfasilitasi akses data dan informasi
  • Bantuan cepat dengan tugas
  • Belajar dengan menjelajahi semua jenis tutorial di Internet
  • Meningkatkan ilmu dan wawasan
  • Membantu dalam mengkampanyekan dan mempromosikan kemanusiaan dan hal-hal positif lainnya
  • Sebagai hiburan dan waktu luang
  • Perkuat hubungan dan pertemanan melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.
  • Dia bisa menggerakkan lingkaran bisnis dan ekonomi berkat fungsi e-commerce
  • Memfasilitasi aktivitas manusia
  • Dia bisa menciptakan banyak bidang aktivitas baru
  • Membuka mata pengguna ke dunia luar yang mungkin belum pernah dikunjungi

Efek negatif dari internet:

  • Kecanduan Internet
  • Banyak tugas yang terabaikan karena internet yang sibuk\
  • Kejahatan online / kejahatan dunia maya seperti spamming, penculikan dan penipuan
  • Peka bagi anak di bawah umur karena banyak konten yang tidak sesuai untuk dilihat dapat diakses dengan mudah
  • Meningkatkan risiko provokasi antar kelompok
  • Ada banyak masalah rasial yang menyebabkan perpecahan
  • Penyedia konten situs yang tidak bertanggung jawab
  • Perundungan siber
  • Kehidupan serta kebiasaan nyata semakin dihancurkan oleh kebiasaan internet

Daftar referensi

http://arema.cjb.net. (1998). 10 Pertanyaan Pokok Tentang Internet dan Intranet

Sidharta, Lani. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/618/jbptunikompp-gdl-fitrinim10-30855-10-unikom_f-i.pdf

Umayyah, Laylan. Pengertian Internet

Ramdhani, G. (2003). Modul Pengenalan Internet. http://dhani.singcat.com

http://id.wikipedia.org/internet.

Luthfi SY. Hosting, domain, website, blog, email, traffic, branding, earning. http://luthfi,staff,ub.ac.id

Purwanto, Djoko, Drs. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga

Post a Comment for "Pengertian internet menurut para ahli"