Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara (Mudah) verifikasi nomor ponsel & cetak SPTJM

Ingin mengetahui cara verifikasi dan validasi (verval) ponsel dan cetak SPTJM? Berikut dibawah ini panduan yang harus anda simak!

Begini Cara (Mudah) verifikasi nomor ponsel & cetak SPTJM

Berdasarkan Surat Direktorat Kemdikbud Nomor 8310/C/PD/2020 tentang “bantuan kuota internet gratis yang akan disalurkan langsung ke ponsel siswa, guru, mahasiswa dan dosen”. Hal ini dilakukan guna membantu lancarnya proses belajar-mengajar yang dilakukan secara dering (online) di beberapa daerah di tanah air ini akibat adanya Covid-19 atau masih dalam masa pandemi.

Untuk itulah pembelajaran yang dilakukan secara daring memerlukan kuota internet agar bisa mengaksesnya, media sosial yang digunakan untuk pembelajaran pun beragam mulai dari Class Room, Zoom, Microsoft Teams, Ruang Guru, WAG (WA Grup) dan sebagainya.

Maka dari pihak sekolah diminta untuk dapat mengisikan nomor ponsel setiap siswanya pada aplikasi dapodik, nomor ponselnya pun bebas tidak mesti harus menggunakan provider tertentu dan yang terpenting nomor ponsel tersebut aktif.

Cara input nomor ponsel pada aplikasi dapodik

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menginput nomor-nomor ponsel tersebut kedalam aplikasi dapodik, baik nomor ponsel siswa maupun nomor ponsel dewan guru yang ada disekolah tersebut. Adapun caranya sebagai berikut:

Input nomor ponsel siswa

1) Login pada aplikasi dapodik

2) Pilih menu peserta didik

3) Pilih nama siswa yang akan diisikan nomor ponselnya

4) Pilih menu ubah pada bagian atas

5) Scroll kebagian bawah hingga menemukan kolom dengan keterangan nomor hp/ponsel

6) Isikan nomor ponselnya dan pilih simpan

Input nomor ponsel guru

Untuk input nomor ponsel guru atau GTK sama saja seperti halnya melakukan penginputan untuk nomor ponsel siswa, yang jadipembeda adalah ketika melakukan penginputan nomor ponsel GTK maka harus login pada aplikasi dapodik menggunaakan akun GTK masing-masing supaya bisa melakukan penyimpanan data setelah melakukan pengisian nomor ponsel.

Setelah selesai mengisi seluruh nomor ponsel peserta didik maupun guru atau GTK maka hal selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik.

Cara verifikasi nomor ponsel

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan verifikasi terhadap nomor yang telah diinputkan pada aplikasi dapodik tersebut untuk memastikan bahwa nomor ponsel memang benar-benar milik yang bersangkutan dan bisa dipertanggung jawabkan.

Langkah-langkah melakukan verifikasi adalah sebagai berikut:

1) Kunjungi link berikut ini: https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/

2) Silahkan login dengan menggunakan akun dapodik masing-masing

3) Maka akan terlihat tampilan beranda depan verval ponsel

4) Pada tampilan beranda akan terlihat NPSN, bentuk pendidikan, status pendidikan, provinsi, kabupaten, kecamatan, nama operator sekolah, nomor ponsel operator hingga email yang digunakan. Pada bagian bawah akan terlihat nama-nama peserta didik yang telah diisikan nomor ponselnya tersebut.

5) Pada bagian nama peserta didik pilih lah menu dengan gambar pensil

6) Maka akan muncul verval nomor ponsel peserta didik secara lengkap, mulai dari nama PD, NISN, jenis kelamin, NIK, tingkat pendidikan, vaidasi nomor ponsel, kepemilikan dan provider.

7) Silahkan anda pilih dan isi pada kolom validasi nomor ponsel sesuai dengan yang ada di dapodik, lalu pada menu kepemilikan pilih SISWA jika yang di validasi adalah nomor siswa dan secara otomatis provider akan terisi sesuai dengan nomor yang digunakan,

NB: Kepemilikan ini sebenarnya terdapat banyak pilihan, mulai dari siswa, kakak/adik, ayah/ibu, paman/bibi. Dan maksud kepemilikan ini adalah orang yang memiliki atau menggunakan nomor ponsel tersebut secara benar.

8) Terakhir pilih simpan

Cara cetak SPTJM

SPTJM disini berfungsi sebagai pertanggung jawaban atas kebenaran data yang telah diisikan tersebut dan telah di verifikasi atau di validasi yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan. SPTJM dilakukan apabila validasi nomor ponsel telah selesai dilakukan, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1) Pada tampilan beranda depan verval ponsel dibagian atas terdapat beberapa menu, diantaranya: Pengajuan, SPTJM, Panduan dan pengguna.

2) Pengajuan berisikan data yang akan dilakukan validasi atas nomor ponsel yang telah disikan tersebut. Panduan berisikan langkah-langkah dalam melakukan verval nomor ponsel, dan pengguna berisikan tentang biodata orang yang mengakses website verval nomor ponsel.

3) Anda dapat memilih menu SPTJM dan pilih buat SPTJM jika proses validasinya benar-benar telah diselesaikan. Setelah itu anda dapat mencetak SPTJM yang telah dibuat tersebut lalu kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah dan nantinya akan diserahkan ke dinas setempat.

4) Setelah selesai silahkan Logout dari website verval ponsel.

Demikianlah tata cara atau langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan verifikasi nomor ponsel lalu dilanjutkan melakukan pencetakan terhadap SPTJM atas kebenaran dari data yang telah dikirimkan tersebut. Baca Juga: Kini Whatsapp Web Bisa Video Call Hingga 50 Orang, Begini Caranya!

Semoga artikel  ini bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisannya.

Post a Comment for "Begini Cara (Mudah) verifikasi nomor ponsel & cetak SPTJM"