Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara cek bantuan UMKM cair, Simak Ini!

Bagaimana cara cek UMKM cair? Bagi yang belum cair bantuan dari UMKM pastinya bertanya-tanya apakah pengajuannya direalisasikan atau tidak. Padahal, semua persyaratan yang Anda kirim ke Kementerian Koperasi dan UKM sudah lengkap.

Cara cek bantuan UMKM cair
Cara cek UMKM Cair (Foto: www.harapanrakyat.com)

Cek Syarat dan kriteria

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan peserta usaha mikro yang ingin mendapat bantuan bantuan modal kerja bisa mendaftar di koperasi di daerahnya.

Selain itu, yang berhak mendapatkan bantuan tersebut adalah pelaku usaha mikro yang saat ini tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable). Persyaratan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Punya usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya
  • Bukan ASN
  • Bukan anggota TNI/Polri
  • Bukan pegawai BUMN/BUMD

Dalam program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini, pemerintah sudah menerima data pelaku UMKM yang jumlahnya hingga jutaan orang.

Data tersebut untuk ditetapkan sebagai calon penerima Bantuan UMKM. Mereka adalah pelaku UMKM yang sudah mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan Banpres Produktif. Pendaftarannya melalui Dinas Koperasi dan UMKM masing-masing daerah.

Lalu, bagaimana caranya agar kita mengetahui apakah pelaku usaha yang sudah daftar tersebut akan mendapatkan Bantuan UMKM atau tidak?

Unggahan dalam instagram resmi @kemenkoukm, Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa, untuk mengetahui UMKM mendapat Bantuan sebesar Rp2,4 juta atau tidaknya dari sebuah pesan singkat SMS.

Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan, setiap pelaku usaha yang dapat Bantuan UMKM, nantinya bank penyalur akan menginformasikan melalui pesan singkat berupa SMS.

Setelah pelaku UMKM tersebut menerima SMS dari pihak bank penyalur, maka penerima bantuan harus memverifikasi kepada pihak bank panyalur yang telah pemerintah tetapkan. Tujuannya supaya pihak bank segera mencairkan dana bantuan tersebut. Baca Juga: Kini Whatsapp Web Bisa Video Call Hingga 50 Orang.

Dapat Bantuan UMKM Tapi Tidak Punya Rekening Bank Penyalur

Jika pelaku usaha yang mendapatkan BLT Banpres Produktif tetapi tidak memiliki rekening pada bank penyalur. Mereka tetap bisa mencairkan dana bantuan sebesar Rp2,4 juta.

Melalui unggahan dalam instagram resminya @kemenkopukm, Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa, apabila pelaku UMKM belum punya rekening, maka pihak bank penyalur akan membuatkannya pada waktu pencarian.

Adapun bank penyalur bantuan langsung tunai (BLT) UMKM dalam program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif ini meliputi BNI, BRI, serta Bank Syariah Mandiri (BSM).

Pemerintah Siap Salurkan BLT Banpres Produktif September 2020

Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan diri kepada Dinas Koperasi dan UKM masing-masing daerahnya, besar kemungkinan mereka mendapatkan Bantuan Rp2,4 juta. Tapi itupun jika sudah memenuhi syarat.

Saat ini pemerintah pun sudah siap menyalurkan bantuan tersebut kepada jutaan pelaku UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM menginformasikan bahwa, pencairan bantuan langsung tunai UMKM mulai bulan September ini.

Bagi setiap pelaku UMKM yang telah memenuhi persyaratan berhak mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM sebesar Rp2,4 juta.

Pemerintah akan mentransfer langsung kepada para pelaku UMKM melalui BNI, BRI, dan BSM (Bank Syariah Mandiri). Ketiga bank tersebut merupakan anggota Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Masing-masing pelaku usaha penerima BLT Banpres Produktif akan mendapatkan informasi melalui pesan singkat SMS dari bank penyalur untuk proses pencairan.

Untuk mencairkan dana Bantuan untuk UMKM sebesar Rp2,4 juta, penerima bantuan harus melakukan verifikasi kepada pihak bank penyalur. Hal itu setelah mereka mendapatkan pesan singkat SMS dari bank tersebut. 

Source: www.harapanrakyat.com