Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6, Buruan Segera Daftar!


Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6, Buruan Segera Daftar!

Kamis 27 Agustus 2020 puku 12.00 WIB, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 6 kembali dibuka. Pada gelombang ini, menurut Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Pemerintah menyediakan kuota 800 ribu orang.

Kartu Pra Kerja merupakan program yang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja Indonesia. Namun karena COVID-19, pemerintah melakukan modifikasi agar program tersebut dapat membantu pekerja yang terdampak pandemi.

Para penerima Kartu Prakerja akan menerima insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya adalah Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600.000 perbulan selama empat bulan insentif setelah pelatihan dan Rp 150.000 untuk insentif pasca melakukan survei.

Pendaftaran kartu prakerja bisa dilakukan melalui cara online maupun offline. Nah kali ini Kakceng akan memberikan informasi terkait cara daftar kartu prakerja baik secara daring maupun luring.

Seperti di kutip dari laman Kompas.com Jumat (28/8/2020), Langkahnya, sebelum mendaftar, pastikan dulu apakah calon peserta memenuhi syarat:
  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal
Perlu pula diketahui, kriteria peserta lolos seleksi program Kartu Prakerja harus sesuai Peraturan Menteri Perekonomian (Permenko) Nomor 11/2020.

Data yang diverifikasi di antaranya, peserta tidak termasuk kriteria yang dilarang mengikuti Prakerja yakni anggota ASN, TNI, Polri, dan lain-lain. Pelaksana Program Kartu Prakerja pun akan memberikan prioritas yang telah masuk dalam daftar Kementerian Ketenagakerjaan.

Cara daftar Kartu Prakerja

1. Online

Bagi peserta yang akan mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 6 secara online, maka peserta dapat mendaftar melalui laman: https://www.prakerja.go.id

Setelah itu, masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi baru.

Langkah selanjutnya, cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk konfirmasi akun e-mail.
Setelah konfirmasi berhasil, selanjutnya kembali ke situs Prakerja untuk mengisi data diri.

Untuk tahap mengisi data diri, caranya dengan masuk ke akun dengan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat.

Selanjutnya, masukkan nomor KTP dan tanggal lahir lalu klik “Berikutnya”.

Isi data diri lengkap pada form Kartu Prakerja yakni:
  • Nama lengkap
  • Alamat email
  • Alamat tempat tinggal
  • Alamat domisili
  • Pendidikan
  • Status kebekerjaan
  • Foto KTP
  • Foto selfie dengan KTP
Selanjutnya, masukkan nomor telepon dan Kode OTP yang dikirim melalui SMS. Kemudian, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit dengan menyiapkan alat tulis dan kertas bila perlu.

Jika tes selesai, maka peserta tinggal menunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, silakan kembali ke situs dan bergabung ke gelombang pendaftaran.

Selanjutnya, peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja gelombang 6 atau tidak yang akan diberitahukan melalui notifikasi SMS dan dapat dicek pada dashboard akun Prakerja.

2. Offline

Sementara, bagi yang ingin melakukan pendaftaran secara offline, dapat mendaftar melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan. Pemohon bisa datang ke instansi tersebut dan mengisi formulir sama dengan format isian yang ada pada pendaftaran online.

Itulah cara mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu prakerja gelombang 6. Buruan daftar. Semoga bermanfaat.


Sumber: Kompas.com

Post a Comment for "Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6, Buruan Segera Daftar!"