Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Menggunakan Tracking Time Untuk Remote Tim

Tidak sedikit manajer yang benar-benar percaya bahwa timnya bekerja ketika pekerjaan itu harus dilakukan di luar kantor. Hal itu dikarenakan manajer tidak melacak waktu kerja bawahannya saat bekerja dari rumah.

Mengapa hal itu penting? Ketika karyawan yang bekerja jarak jauh mencatat jam kerjanya, mereka memiliki bukti dan lebih mudah untuk membangun kepercayaan antara manajer dan bawahan. Terlepas dari masalah kepercayaan, ada cara lain bagaimana menggunakan time tracking untuk tim jarak jauh menjadi signifikan.

Dalam artikel ini, LinovHR akan membahas manfaat pelacakan waktu untuk tim jarak jauh, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana tracking time bekerja.

Menggunakan Tracking Time Untuk  Remote Tim

Manfaat Tracking Time Untuk Tim Jarak Jauh

Bekerja jarak jauh di sini maksudnya bisa dimana saja selain di rumah. Baik itu di coworking space, coffee shop, atau lokasi lain yang bukan kantor. Selain itu bekerja jarak jauh juga dimaksudkan kepada karyawan yang memiliki jam kerja fleksibel, dan bekerja di beberapa lokasi tetapi sesekali datang ke kantor.

Manfaat tracking time untuk melacak karyawan yang bekerja jarak jauh, diantaranya adalah:
  • Membantu proses penggajian lebih akurat. Pelacakan waktu penting dilakukan terutama bagi karyawan jarak jauh yang mengerjakan beberapa proyek dan untuk banyak klien. Hal ini untuk mengetahui berapa jam karyawan tersebut bekerja dan kapan saat mereka lembur, sehingga data-data tersebut dapat digunakan untuk menghitung upah sesuai jumlah kehadiran. Anda dapat menggunakan alat pelacak waktu kerja karyawan, seperti aplikasi absensi online LinovHR.
  • Manajemen proyek lebih efektif. Saat bekerja jarak jauh, manajer tim mungkin merasa sulit untuk mengetahui siapa yang sedang menangani proyek. Namun, jika semua orang dalam tim mencatat jam kerjanya, dan memasukkan detail tentang tugas serta proyek yang dikerjakan, maka transparansi kerja akan jauh lebih jelas. Jadi, apabila ada beberapa karyawan yang merasa kewalahan, manajer harus mempertimbangkan untuk mengalokasikan tugas secara berbeda. Dengan tracking time, manajer akan lebih mudah mengawasi status proyek yang sedang berjalan.
  • Membangun kepercayaan. Ini adalah elemen yang penting, dimana pelacakan waktu mampu memainkan peran dalam membangun kepercayaan dengan karyawan yang bekerja di jarak jauh. Sebab, pekerja memiliki tanggung jawab untuk mencatat jam kerja mereka setiap hari dan membuktikan bahwa mereka dapat dipercaya.
  • Komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik. Tracking time dapat memudahkan komunikasi dan kolaborasi dalam tim meski terpisah jarak. Sistem ini sangat praktis digunakan terutama untuk tim yang anggotanya berasal dari luar kota. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang ketersediaan karyawan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi jarak jauh.
  • Produktivitas dan kinerja karyawan meningkat. Dikarenakan anggota tim jarak jauh tidak berbagi ruang fisik yang sama, maka mengukur seberapa efektif karyawan bekerja jadi bagian yang rumit. Cara praktis manajer dapat meninjau kinerja dan produktivitas karyawan adalah dengan menganalisis jam kerja karyawan, dan detail lainnya. Dengan demikian, pelacakan waktu dapat membantu memastikan bahwa semuanya berjalan lancar dan meskipun karyawan bekerja dalam jarak jauh tetap mampu menyelesaikan proyek tepat waktu.
  • Akuntabilitas meningkat. Tracking time dapat membantu karyawan bertanggung jawab atas kinerja mereka karena harus mencatat jam kerja setiap harinya. Dengan demikian, karyawan akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan tugas mereka sebelum batas waktu. Setelah anggota tim membuktikan akuntabilitas mereka, menciptakan hubungan saling percaya antar karyawan akan mengikuti.

Bagaimana Manajer yang Bekerja Jarak Jauh Dapat Melacak Jam Kerjanya?

Melacak jam kerja karyawan yang bekerja jarak jauh dengan cara manual tentu akan sulit dilakukan. Untuk itulah para manajer ataupun staf HRD menggunakan sistem tracking time yang dapat mencatatkan kehadiran karyawan secara real-time dari LinovHR.

LinovHR merupakan aplikasi absensi yang memiliki fitur pelacakan waktu sehingga memudahkan manajer mengawasi bawahannya serta status proyek yang sedang berjalan. Dengan adanya absensi online ini, karyawan dapat melakukan absen online dengan mudah sehingga semuanya pada tempatnya.

Fitur Time Management yang dimiliki LinovHR akan membantu manajer tidak hanya memastikan semua data kehadiran tercatat dengan akurat, melainkan juga mengelola proyek lebih efektif dan. Jadi, secara tidak langsung memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar karyawan.