Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Barcode Wifi di HP Android

Cara Scan Barcode Wifi di HP Android

Cara Scan Barcode Wifi di HP Android - Internet telah menjadi salah satu kebutuhan terpenting masyarakat modern saat ini. Pasalnya, banyak orang yang pasti membutuhkan koneksi internet untuk aktivitas sehari-harinya. Baik itu untuk melakukan bisnis secara online, mencari informasi, media sosial dan banyak kegiatan lainnya. Ditambah dengan munculnya smartphone Android, permintaan internet pun semakin tinggi. Tak heran, karena hampir semua aktivitas mobile membutuhkan koneksi internet.

Untuk dapat terhubung ke internet, setidaknya kita memiliki dua cara untuk melakukannya. Misalnya untuk smartphone Android, kita bisa menggunakan kuota data seluler yang disediakan oleh provider. Yang kedua dapat menghubungkan smartphone ke jaringan Wifi yang tersedia. Kedua jenis jaringan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda hanya perlu memilih metode yang dianggap paling mudah untuk dilakukan atau digunakan.

Untuk koneksi Wifi, umumnya disediakan gratis di beberapa tempat umum. Misalnya, di taman kota, sudut Wifi, instansi, kedai kopi atau kafe, dan tempat umum lainnya. Meskipun gratis, jaringan Wifi sering kali dilindungi kata sandi. Oleh karena itu, untuk dapat terhubung ke jaringan Wifi, Anda harus memasukkan kata sandi yang telah dibuat. Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya terhubung ke Wifi tetapi lupa kata sandinya? Nah, Anda dapat memindai kode QR Wifi (scan barcode wifi) sehingga ponsel lain dapat terhubung tanpa harus memasukkan kata sandi lagi. Lantas, bagaimana cara scan barcode Wifi di smartphone Android? Anda dapat membaca lebih lanjut di bawah ini!

Cara Scan Barcode Wifi di HP Android

Ponsel Android semakin canggih akhir-akhir ini, dan fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah kemampuan untuk memindai barcode atau kode QR. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat barcode sendiri di ponsel Android Anda. Baik itu barcode yang berisi gambar, link, atau password Wifi.

Namun kali ini admin akan membahas cara scan barcode Wifi di Android. Cara ini biasanya digunakan ketika seseorang ingin menghubungkan ponsel Androidnya ke jaringan Wifi tanpa memasukkan kata sandi secara manual. Namun, untuk melakukan ini, pastikan ponsel Android lain terhubung ke jaringan Wifi.

Pada ponsel Android yang sudah terhubung ke jaringan Wifi, ini akan digunakan sebagai alat untuk menampilkan barcode jaringan Wifi. Biasanya barcode Wifi secara otomatis dihasilkan oleh sistem android. Tetapi jika Anda benar-benar ingin membuatnya sendiri, tentu saja bisa. Temukan barcode Wifi di ponsel yang terhubung ke jaringan Wifi sebagai berikut:

  • Sebagai langkah pertama, Anda perlu memastikan ponsel Anda terhubung ke jaringan Wifi.
  • Kemudian masuk ke menu pengaturan HP Android.
  • Di halaman ini, Anda memilih opsi koneksi.
  • Lalu pergi ke opsi Wifi. Beberapa jaringan Wifi yang tersedia di sekitar Anda akan ditampilkan di sini.
  • Klik pada jaringan Wifi yang terhubung di ponsel Android Anda.
  • Kode QR atau kode batang Wifi akan langsung muncul di bagian atas halaman.

Barcode Wifi atau kode QR telah berhasil ditampilkan. Sekarang Anda tinggal menyiapkan ponsel lain yang juga ingin terhubung ke jaringan Wifi tanpa memasukkan kata sandi Wifi secara manual. Langkah-langkah lengkap ponsel Android untuk memindai (scan) kode QR Wifi adalah sebagai berikut:

1. Scan Barcode Wifi dengan Kamera Bawaan

  • Tidak perlu repot memindai (scan) barcode jaringan Wifi di Android. Cukup mengandalkan kamera bawaan ponsel Android, maka Anda dapat berhasil menghubungkan ponsel Android lain ke jaringan Wifi tanpa memasukkan kata sandi secara manual. Nah berikut cara scan wifi barcode kamera bawaan hp android:
  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi kamera bawaan di ponsel Android Anda.
  • Setelah kamera berhasil dinyalakan, kini Anda dapat langsung mengarahkan kamera ke barcode Wifi di ponsel yang telah terhubung ke Wifi sebelumnya.
  • Ponsel akan segera mendeteksi barcode Wifi setelah beberapa saat dengan menampilkan pop-up notifikasi "Kode QR Terbaca".
  • Sekarang Anda klik pada pemberitahuan popup.
  • Ponsel akan secara otomatis terhubung ke jaringan Wifi yang sama, tidak perlu memasukkan kata sandi lagi.
  • Selesai.

2. Scan Barcode Wifi dengan Aplikasi Tambahan

Jika ternyata cara di atas tidak berhasil untuk ponsel Android kamu, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya sebagai pilihan lain. Di sini, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu Anda memindai (scan) kode QR atau kode batang Wifi. Ada banyak sekali aplikasi pemindai kode QR yang dapat dipilih di Google Play Store. Hampir semua aplikasi tersedia secara gratis dan memiliki fitur yang sangat lengkap.

Tidak hanya barcode yang dapat dipindai, beberapa aplikasi juga dilengkapi untuk membuat kode QR dengan mudah dan cepat. Setiap aplikasi pemindai barcode di Android sendiri tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang dianggap terbaik dan mudah digunakan. Namun jika masih bingung, berikut cara scan kode QR Wifi di Android dengan aplikasi lain yang bisa Anda coba.

  • Langkah pertama adalah menginstal aplikasi untuk memindai kode QR. Salah satu metode yang paling direkomendasikan adalah Pemindai Kode QR – Pembaca Kode – Buat Kode QR (AMOTech Inc.).
  • Jika sudah, sekarang anda jalankan aplikasinya.
  • Klik tombol "Lewati" untuk langsung membuka halaman beranda aplikasi.
  • Setelah beberapa saat, aplikasi akan menampilkan kamera pemindai.
  • Sekarang Anda mengarahkan kamera ke kode QR atau kode batang Wifi di ponsel lain yang sebelumnya terhubung ke jaringan Wifi.
  • Jika aplikasi mendeteksinya, klik Hubungkan ke Wifi.
  • Ponsel Android akan secara otomatis terhubung ke jaringan Wifi yang sama.
  • Selesai.

Selain aplikasi di atas, masih banyak lagi saran untuk aplikasi pemindai serta pembuat kode QR di ponsel Android. Aplikasi ini juga memudahkan untuk membuat kode QR Wifi.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara scan wifi barcode di hp android yang bisa anda coba terapkan sendiri. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke akun media sosial pribadi kamu ya!