Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Sholat Nisfu Syaban Sendiri (Lengkap)

Tata cara sholat Nisfu Syaban saat ini baru dicari umat muslim, Nah berikut kakceng bagikan Cara Sholat Nisfu Sya ban sendiri secara lengkap.

Pada malam nifsu syaban, kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah. Doa ini adalah untuk kebaikan kepada Allah SWT seperti umur panjang, iman yang teguh dan penghidupan saat ini.

Sholat Nifsu Syaban sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 bulan Sya'ban atau pada malam hari pertengahan bulan Syaban dalam penanggalan Hijriah atau Islam. Doa ini sangat dianjurkan untuk setiap Muslim.

Pada artikel kali ini kakceng akan membahas tentang tata cara sholat nifsu syaban, mulai dari membaca niat, surat-surat yang dianjurkan untuk dibaca, hingga bacaan doa setelah sholat nifsu syaban di malam hari. Silakan baca teks lengkap di bawah ini.

Tata Cara Sholat Nisfu Syaban

Tata Cara Sholat Nifsu Syaban

Berikut tata cara pelaksanaan sholat sunnah nifsu sya ban secara lengkap, dimulai dengan membaca niat yang diterjemahkan dalam bahasa arab, latin dan bahasa indonesia, membaca rakaat pertama dan kedua, dan sholat dzikir setelah sholat nifsu syaban.

1. Membaca Niat Sholat Nifsu Syaban

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya:

"Saya sholat sunnat Nifsu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

2. Membaca Surat Al-Fatihah dan Al-Kafirun

Pada rakaat pertama, kita wajib membaca surat Al-Fatihah diikuti dengan membaca surat Al-Kafirun (diutamakan), namun boleh membaca surat lain bila ingin.

3. Membaca Surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas

Berbeda dengan rakaat kedua, di rakaat ini kita wajib membaca surat Al-Fatihah diikuti dengan membaca surat Al-Ikhlas (diutamakan), namun boleh beda asalkan berbeda dengan surat yang dibaca pada rakaat pertama.

4. Membaca Salam

Salam seperti sholat pada umumnya. Setelah selesai sholat, terdapat bacaan dzikir setelahnya untuk menambah amalan sholat nifsu syaban.

Bacaan Setelah Sholat Nifsu Syaban

Setelah melaksanakan sholat sunnah nifsu syaban, dianjurkan untuk membaca doa-doa berikut ini. Yakni doa surat Yaasin sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda dan doa malam nifsu sya ban.

1. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali

Surat Yasin dibaca sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda. Pertama, diniatkan untuk memohon agar panjang umur. Kedua, diniatkan untuk meminta dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT dan yang ketiga diniatkan untuk memohon diteguhkan imannya kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa.

2. Membaca Doa Malam Nifsu Syaban


اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ 

اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ

اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Penutup

Demikianlah tata cara sholat nisfu syaban. Banyak orang mencari tata cara nisfu syaban, tata cara sholat nisfu syaban, niat shalat nisfu sya ban, shalat nisfu sya ban, tata cara doa nisfu sya ban, shalat nisfu syaban, tata cara sholat nisfu syaban sendiri, tata cara nisfu syaban sendiri dan tata cara sholat nisfu sya ban berjamaah. Sekian artikel dari kakceng, semoga bermanfaat!