Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Android. Lantas bagaimana caranya? Simak pembahasannya dibawah ini

Smartphone berbasis android menawarkan banyak sekali berbagai macam aplikasi baik itu aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga, namun terkadang kita hanya asal menginstall berbagai aplikasi tersebut sehingga kapasitas RAM dan memorinya penuh. Tentu saja bisa menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat karena CPU HP lebih berat saat menjalankan semua aplikasi.

Oleh karena itu, Anda pasti sudah mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang dianggap kurang penting. Salah satunya adalah dengan menghapus aplikasi bawaan Android, dan dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan maka secara otomatis akan mengurangi ruang penyimpanan dan membuat kinerja HP ​​kembali normal kembali. Proses penghapusan aplikasi bawaan tidak dapat dilakukan secara langsung karena Android memiliki fungsi proteksi sebagai perlindungan untuk menghapus aplikasi bawaan.

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan aplikasi root, yang mengaktifkan perlindungan yang dimiliki sistem operasi Android. Jadi sistem akan mengizinkan atau mengizinkan penghapusan aplikasi bawaan Android. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Lakukan Rooting smartphone Android Anda terlebih dahulu
  • Jika sudah root, perhatikan aplikasi Superuser (menunjukkan bahwa sistem proteksi Android telah dihidupkan alias terbuka)
  • Setelah itu download dulu link2SD di Play Store
  • Kemudian instal aplikasi di ponsel Android Anda
  • Pastikan Anda telah mempartisi kartu SD (maka akan muncul menu sistem file)
  • Kemudian pada superuser pilih Allow, lalu Anda memiliki satu aplikasi Bawaan yang akan dihapus
  • Terakhir, klik Uninstall

Langkah-langkah ini tidak terlalu sulit kan, dengan begitu aplikasi bawaan Android akan dihapus. Tentunya smartphone Android Anda akan memiliki memori RAM dan penyimpanan internal yang lebih luas, namun tentunya Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi mana yang akan dihapus. Sangat penting untuk tidak menghapus aplikasi default, jadi penting untuk memahami apa yang dilakukan setiap aplikasi default sebelum menghapusnya.

Karena jika kita menghapus aplikasi bawaan Android, itu akan berakibat buruk untuk smartphone karena mengganggu sistem dan menyebabkan kerusakan perangkat lunak.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang dapat kami sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan atau ketidaklengkapan dalam penyampaiannya. Terima kasih, semoga berhasil.