Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Download Minecraft Gratis

Pada artikel kali ini Kakceng akan membagikan kepada kalian semua informasi mengenai cara Download Minecraft Gratis di Komputer dan Android. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

Sebagai game yang terkesan sederhana, Minecraft tidak sesederhana yang hanya terlihat seperti game kotak-kotak. Ya, bisa dibilang merupakan game premium dimana pemainnya harus membayar untuk bisa menginstal game tersebut di komputer atau smartphone. Nah, bagi kalian yang tidak ingin membeli dengan harga segitu, kali ini kalian bisa mencoba cara download Minecraft gratis.

Mengenal Minecraft

Cara Download Minecraft Gratis

Apa itu Minecraft dan bagaimana cara Download Minecraft gratis?  Sebelum menjelaskan cara download Minecraft secara gratis, apakah Anda sudah mengetahui tentang game ini. 

Minecraft adalah game berbasis sandbox yang dikembangkan oleh Markus Persson (Notch), seorang developer yang berbasis di Stockholm, Swedia. Game ini diperkenalkan oleh Mojang Studios pada tahun 2009 dan kemudian dirilis secara penuh pada tahun 2011. Apalagi, daya tarik game ini membuatnya dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014.

Dalam game ini, pemain menghadapi penjelajahan dunia tanpa akhir yang dibagi menjadi berbagai bioma dan cuaca. Setiap bioma juga dihuni oleh makhluk tertentu yang mungkin ramah atau tidak. Pemain juga bisa berkreasi dengan membuat berbagai item untuk membangun rumah menggunakan resource yang ada.

Pemain tidak hanya dapat menjelajahi dan menambang, tetapi juga menantang kelangsungan hidup. Game ini dapat dimainkan sendiri atau bersama oleh pemain dari platform seluler dan desktop. Anda juga dapat memainkan game yang dibuat oleh pengguna lain untuk lebih menyenangkan.

Walaupun secara grafis game ini terlihat sangat sederhana, namun pemain dapat menerapkan software tambahan untuk mendapatkan grafik yang lebih detail dan realistis (walaupun masih blocky). Memang, ada banyak hal yang ditawarkan dalam game ini. Wajar saja jika game ini begitu populer meski tidak gratis untuk mendapatkannya.

Cara Download Minecraft Gratis di Komputer

Bagaimana cara mengunduh Minecraft secara gratis di komputer Anda? Tenang saja, bagi kamu yang ingin mencoba game Minecraft, kamu masih bisa mencoba alternatif gratisnya. Anda dapat mengakses Minecraft Classic, yang dapat Anda mainkan tanpa harus menginstalnya di laptop Anda, hanya untuk mencoba permainan ini. Namun jika Anda yakin ingin mendownload game ini, berikut beberapa alternatif yang bisa Anda coba:

Unduh dan mainkan Minecraft versi demo

Opsi pertama tersedia bagi Anda yang mungkin berpikir untuk membeli Minecraft versi resmi. Dalam versi uji coba ini, yang disebut Demo, Anda dapat bermain secara gratis dengan total durasi 100 menit hanya selama 5 hari. Maka kamu harus membelinya untuk bisa terus bermain, baik itu Java Minecraft, Windows 10 Edition, atau Mobile (Pocket Edition).

Langkah-langkah untuk mendownload Minecraft Demo adalah:

  • Buka browser Anda lalu kunjungi https://www.minecraft.net/en-us/download/ untuk mengunduh peluncur Minecraft versi Java
  • Di halaman situs, klik tombol Unduh berwarna hijau untuk memulai pengunduhan
  • Unduhan selesai, lanjutkan dengan instalasi peluncur, lalu buka program untuk mengakses halaman untuk mendaftarkan akun Minecraft
  • Masukkan email dua kali, lalu buat kata sandi, lalu isi formulir untuk membuat akun
  • Jika dirasa sesuai, klik tombol hijau Buat Akun kemudian tunggu email konfirmasi dari Mojang yang menyertakan kode konfirmasi di inbox Anda
  • Kemudian kembali ke halaman registrasi, masukkan 4 digit kode verifikasi lalu klik Verify
  • Setelah selesai, buka Minecraft Launcher, lalu masuk (Login) menggunakan kredensial akun Minecraft yang Anda buat sebelumnya (email dan kata sandi)
  • Setelah berhasil login, klik Play Demo
  • Download Minecraft melalui TLauncher

Opsi kedua mungkin merupakan pilihan yang sempurna jika Anda yakin ingin memainkan Minecraft di laptop, tetapi tidak ingin membayar untuk mengunduhnya. Minecraft yang Anda unduh dari peluncur ini adalah versi tidak resmi yang harus Anda antisipasi dengan mengikuti langkah-langkah lain seperti menggunakan VPN dan pemindaian virus sebelum memasang apa pun.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buka browser laptop, lalu kunjungi https://mc-launcher.com/special/minecraft untuk mengunduh TLauncher.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan tombol unduh langsung. Perlu Anda ketahui bahwa terkadang tombol-tombol ini cukup sulit untuk diatur, sehingga Anda perlu sedikit ketelitian. Anda akan menerima tautan untuk mengunduh TLauncher. Kemudian klik tombol Request Download dan Anda akan diarahkan ke halaman download. Tunggu hingga unduhan siap lalu Anda dapat mengklik untuk mengunduh sesuai dengan sistem operasi Anda (.exe untuk Windows atau .jar untuk Mac).
  • Selanjutnya buka folder Download di laptop kemudian install file TLauncher-MCL sebagai file aplikasi (.exe) di laptop windows
  • Setelah menginstal Anda perlu membuat akun dengan mengklik menu untuk membuat akun, ikon ini berada di sebelah ikon pengaturan (roda gigi). Klik ikon + lalu lanjutkan dengan proses pembuatan akun baru
  • Anda dapat melihat opsi kedua di kotak di sebelah kanan untuk membuat akun gratis tanpa kata sandi. Selanjutnya, buat nama pengguna lalu klik Tambah Akun
  • Pilih akun yang ingin Anda gunakan lalu klik tombol oranye yang terlihat seperti rumah di bagian bawah kotak
  • Kemudian, untuk memainkan game untuk pertama kalinya, Anda perlu mengklik Instal dan mainkan game. Kemudian tinggal klik Enter Game jika ingin melanjutkan permainan lagi.

Cara Download  Minecraft Gratis di Android

Bagaimana cara mengunduh Minecraft secara gratis di Android? Selain dimainkan di laptop atau komputer, Minecraft Pocket Edition (MCPE) juga dapat dimainkan di ponsel dan Anda harus membelinya untuk itu. Sebagai alternatif gratis, Anda dapat mencoba beberapa opsi yang diuraikan di bawah ini.

Unduh Minecraft dari MCPEDLORG

MCPEDLORG adalah situs yang menyediakan installer untuk game Minecraft yang dapat Anda akses secara gratis. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buka browser smartphone kamu, lalu masuk ke https://mcpedl.org/minecraft-pe-1-18-10-20-apk/
  • Kemudian tunggu unduhan siap sebelum mengklik Unduh
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai
  • Setelah proses download selesai, buka file instalasi (.apk) di folder download di memori smartphone
  • Tunggu proses instalasi dimulai
  • Setelah instalasi selesai, Anda dapat memainkan game
  • Unduh Minecraft dari MCPE Monster

Selain situs-situs di atas, Anda juga dapat mengunduh installer Minecraft terbaru dari MCPE Monster. Seperti website di atas, website ini juga menyertakan installer dan file tambahan untuk game tersebut. Padahal langkah-langkah mendownload dari situs ini adalah:

  1. Buka browser smartphone anda lalu masuk ke http://mcpe-monster.com atau ketik saja MCPE monster di kotak pencarian
  2. Setelah masuk ke website, klik Download file from server
  3. Sebelum unduhan siap, harap tunggu beberapa saat sebelum Anda dapat memulai Download
  4. Setelah proses pengunduhan dimulai dan selesai, Anda dapat melanjutkan dengan penginstalan
  5. Anda dapat mengklik Instal di menu browser atau menggunakan aplikasi File Manajer bawaan smartphone untuk menginstalnya

Penutup

Itu tadi beberapa pilihan download Minecraft secara gratis, baik untuk dimainkan di laptop, komputer, maupun mobile atau HP Android. 

Bagi kamu yang sangat menikmati game ini, tidak ada salahnya membeli versi resminya untuk mendukung developernya. Sebelum itu, Anda dapat mencoba versi lengkap menggunakan alternatif yang dijelaskan di atas. Selamat mencoba!