Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

Pada artikel kali ini Kakceng akan membagikan informasi mengenai cara menghapus halaman kosong di Word secara mudah dan praktis. Penasaran caranya? Simak pembahasan ini.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

Salah satu aplikasi di komputer, laptop atau ponsel kalian yang mungkin hampir setiap hari kalian gunakan adalah Microsoft Word. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Di ponsel saja, lebih dari 1 miliar pengguna telah mengunduh aplikasi Microsoft Word.

Aplikasi pengolah kata atau dokumen ini memiliki beberapa fungsi untuk mempermudah dan menunjang aktivitas pekerjaan sehari-hari. Beberapa contoh fitur Microsoft Word yang sering digunakan adalah fitur copy-paste, yang digunakan untuk menyalin kata-kata dari halaman lain, seperti Internet atau dokumen lain. Selain itu, Microsoft Word memiliki fungsi lain seperti membuat tabel, menambahkan gambar, dan menyimpan dalam berbagai format.

Cara menggunakan Microsoft Word sangat mudah dibandingkan dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti Ms. Excel dan Ms. Microsoft Slides. Namun, meskipun mudah digunakan, beberapa pengguna merasa kesulitan, dan salah satunya adalah cara menghapus halaman kosong di word. Masalah ini sebenarnya bukan masalah yang sulit untuk dipecahkan. Beberapa metode untuk menghapus halaman kosong di Word akan dibahas di bawah ini.

Cara menghapus halaman kosong di bagian atas halaman pada Ms. Word

Permasalahan pertama yang biasanya dihadapi pengguna adalah halaman kosong di awal halaman yang sulit untuk dihapus. Nah, jika Kalian mengalami masalah ini, cara termudah untuk menghapus halaman kosong di Word adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Arahkan kursor ke sudut kanan bawah halaman. Tekan tombol Hapus sampai halaman kosong hilang.
2. Namun jika halaman berada di akhir dokumen, untuk lebih mudahnya Kalian bisa menekan kombinasi Ctrl + End + Backspace sehingga tidak perlu menggulir ke akhir halaman. Klik tombol Delete atau Backspace untuk menghapus halaman.
3. Cara menghapus halaman kosong di word jika muncul halaman kosong karena tekan enter sampai terbentuk halaman baru. Karena fitur pagination, halaman kosong juga terbentuk, yang dapat diakses dengan kombinasi Ctrl + Enter.

Cara menghapus halaman kosong di tengah halaman Pada Ms. Word

Cara selanjutnya adalah jika masalah Kalian adalah menemukan halaman kosong di tengah halaman. Cara menghapus halaman kosong di word bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Navigation Pages. Fitur ini memudahkan untuk menemukan halaman kosong di awal, tengah, dan akhir di Word. Untuk menggunakan fitur ini, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Klik menu Lihat di bilah menu kiri atas
2. Klik atau periksa bagian Halaman Navigasi
3. Halaman navigasi akan otomatis muncul di sisi kiri dokumen
4. Klik menu halaman untuk membuka semua halaman dokumen
5. Pilih halaman kosong di dokumen yang ingin Kalian hapus
6. Klik Hapus atau Backspace untuk menghapus halaman

Cara di atas pasti akan membantu Kalian, apalagi jika dokumen tersebut memiliki banyak halaman, misalnya jika Kalian menggunakan Microsoft Word untuk dokumen seperti kertas.

Cara menghapus halaman kosong di footer Pada Ms. Word

Masalah berikutnya adalah halaman kosong di akhir halaman. Masalah ini sering ditemui dan biasanya disebabkan oleh adanya karakter yang tidak terlihat seperti saat menekan tombol Enter. Cara menghapus halaman kosong di Word yang terletak di akhir halaman adalah sebagai berikut.

1. Arahkan kursor ke tab Berkalian, dan di bagian Paragraf, klik ikon tkalian paragraf
2. Kemudian pada halaman terakhir atau kosong, akan ada beberapa simbol yang tidak tercetak sebelumnya
3. Pilih atau sorot simbol dan klik Hapus atau Backspace untuk segera menghapus simbol.

Cara menghapus page break Pada Ms. Word

Seperti disebutkan sebelumnya, halaman kosong di Microsoft Word sering disebabkan oleh penekanan tombol Enter berlebihan atau karena page break. Nah, jika halaman kosong terbentuk karena page break, cara menghapus halaman kosong di word adalah melalui langkah-langkah berikut.
  • Klik tab Home, arahkan ke kelompok Paragraph, klik ikon paragraph mark
  • Klik dua kali halaman Page Break untuk menyorotnya, lalu klik Delete
Jika tidak hanya satu tetapi banyak halaman kosong yang disebabkan oleh page break, Kalian dapat menghapus semuanya sekaligus dengan bantuan fitur Find and Replace. Untuk menggunakan fitur ini, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Ctrl + F dan pilih Replace
2. Di kotak dialog Find what, masukkan ^m
3. Klik tombol Find what
4. Untuk mengonfirmasi klik OK
5. Halaman kosong akan otomatis terhapus

Penutup

Ternyata menghapus atau menghilangkan halaman kosong di word itu sangatlah mudah, kalian bisa menggunakan cara-cara diatas untuk menghapusnya. Nah, itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan halaman kosong di word. Kalian dapat menerapkan metode ini ke berbagai versi Microsoft Word. Semoga bermanfaat.