Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek IMEI iPhone Termudah dan Valid

Cara Cek IMEI iPhone - IPhone adalah satu produk dari apple, produk ini adalah salah satu produk yang paling di impikan para anak muda, karena harga iPhone cukup mahal jadi banyak sekali clone atau barang supercopy maka dari itu setiap produk teknologi mempunyai kode imei terus apa itu kode imei .

Cara Cek IMEI iPhone Termudah dan Valid

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas dari ponsel yang dapat kita gunakan. Setiap ponsel  memiliki nomor ini digunakan sebagai identitas perangkat. Imei yang dipakai operator seluler untuk mengidentifikasi apakah perangkat tersambung ke jaringannya.

Terus gimana kalau perangkat seluler kita tidak memiliki nomor imei atau nomor imei tidak terdaftar?

Jadi apabila di perangkat anda tidak memiliki nomor imei atau tidak terdaftar dari data pemerintah dan operator, ponsel kalian akan berpotensi di blokir dari layanan seluler, terus apa akibat nya jika di blokir? akibatnya sangat buruk kalian sebagai pemilik ponsel tidak dapat terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel kalian tidak bisa di pakai untuk menelpon, berinternet bahkan kirim sms.

Imei harus terdaftar di Kemenperin

Sudah mulai tahun lalu , pemerintah sudah berupaya menekan distribusi ponsel ilegal dengan cara lewat identifikasi IMEI. aturan kontrol nomor imei ini telah diberlakukan oleh kementrian perindustrian republik indonesia sesuai peraturan menteri komunikasi dan informatika no 11 tahun 2019 yang telah disahkan.

Kemenperin akan secara otomatis memblokir gadget yang tidak ber imei. Pemberlakuan aturan mengenai imei telah disetujui berdasarkan  kerjasama antara kementerian perindustrian (kemenperin) , Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Maka dari itu jika kalian adalah pemberi gadget baru sangat dianjurkan untuk mengetahui cara cek imei demi mengetahui legalitas ponselnya. Dari tadi kita bahas kalau jika gadget kalian tidak terdaftar imeinya akan di blokir terus selain pertimbangan betapa seriusnya pemerintah menangani masalah IMEI ini, apa saja fungsi penting lain dari IMEI?

Fungsi Penting Imei

Nomor imei biasanya terdiri dari 14 sampai 16 digit dan biasanya sudah tertanam di gadget sejak awal pembelian dan memiliki format seperti ini biasanya AA-BBBBBB-CCCCCC-D.

Kode A dan B merupakan code Type Allocation Code atau TAC. apa itu TAC ? Tac adalah memberikan petunjuk mengenai negara pembuatan model dari gadget. Meski hanya terdiri dari angka-angka, nomor IMEI ini dapat digunakan untuk memblokir gadget agar tidak lagi bisa mengakses internet.

Dengan identifikasi nomor ini, nomor IMEI akan sangat berguna saat kamu kehilangan gadget. Selain itu, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk perintah memblokir gadget saat hilang. Canggihnya lagi, nomor IMEI bisa dipakai untuk melacak keberadaan gadget saat hilang.

Cara Cek Imei IPhone

Bagaimana cara cek Imei iPhone? Untuk kamu yang ingin mengetahuinya silahkan simak beberapa cara berikut ini.

Cek imei di iPhone box

Kalau kamu masih ingat dimana menaruh box iPhone-mu, kamu bisa ambil dan periksa bagian belakang box iPhone kalian. Di belakang box kalian akan menemukan berbagai nomor mulai dari SN, SKU, dan IMEI. Nah kamu tahu kan mana yang perlu dicatat dan di hafal? Teus gimana jika ada dua nomor IMEI yang berbeda? Sebagian perangkat memang memiliki IMEI1 dan IMEI2. Ini berarti bahwa perangkatmu punya dua slot SIM card. Pada umumnya ini ada terjadi pada handphone Android saja.

Cek Imei Di sistem Pengaturan

Kalian dapat cek di Pengaturan yang terdapat di handphone iPhone memiliki fitur untuk mengecek IMEI. Kamu bisa melihat IMEI dengan membuka:

  1. Cari menu Pengaturan;
  2. Klik Umum > Tentang;
  3. Scroll layar dan cari menu IMEI

Cek Imei Dengan lewat USSD

Cara ini sangat bisa dilakukan pada semua jenis handphone, tak terkecuali iPhone. Caranya sangat mudah , cukup masuk ke menu telepon, ketik kode *#06#. Secara otomatis, gawai mu akan menampilkan nomor IMEI.

IMEI iPhone lewat Apple ID

Pertama, cara cek IMEI iPhone resmi bisa dilakukan melalui akun Apple ID. Kunjungi https://appleid.apple.com/ pada browser PC atau HP .kemudian Isi email pada Apple ID anda di perangkat iPhone. Klik Login. Geser ke bagian Perangkat/Device. Klik Perangkat. Nomor IMEI iPhone akan terlihat.

Cek Imei Web kemenperin

Kalian bisa mencek di web kemenperin kunjungi https://imei.kemenperin.go.id/ pada broser pc atau pun hp kalian masukan alamat imei kalian dan kalian akan menemukan hasilnya

Cek IMEI di belakang iPhone

Jika kamu memiliki iPhone tipe 5/5c/5s/6/6+, kamu juga bisa mengecek IMEI di bagian belakang handphone kalian.imei ini terukir di bagian bawah dekat dengan tulisan iPhone. Mudah kan? Ternyata IMEI secara otomatis tercatat di fisik perangkat.

Cek IMEI di SimCard

Tidak hanya tertulis di bagian belakang iPhone atau box handphone kalian, kamu juga bisa menemukannya di bagian dalam slot untuk SIM Card. Pertama kamu harus mengeluarkannya terlebih dahulu. Di bagian atas, kamu akan melihat nomor IMEI/MEID. Namun ini berlaku pada model tertentu saja ya tidak semua terdapat imei.

Mengenai IMEI dan cara cek IMEI iPhone yang mudah dan lengkap. Yang Sering kali kita dibingungkan, IMEI ini berbeda ya dengan nomor SIM jangan disamakan .imei tidak akan berubah walaupun kita mengganti nomor teleponmu / sim.

Silahkan catat imei di tempat aman, kode imei anda jangan disimpan di handphone jika handphone mu dicuri atau hilang kalian bisa melaporkan dan berikan nomor imei kalian untuk pemblokiran semoga artikel ini bermanfaat.