Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka Kenapa? Begini Cara Mengatasinya!

Belakangan ini banyak diperbincangkan mengenai Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka alias error. Nah, berikut ini keterangan lengkapnya!

Dengan teknologi komunikasi yang berkembang pesat, industri berlomba-lomba untuk berinovasi dengan meluncurkan produk baru yang menarik pengguna ponsel. 

Tidak ada hambatan yang memaksamu untuk meninggalkan jaringan provider telekomunikasi, karena layanan terbaik adalah untuk kenyamanan kalian. 

Provider sekarang menggunakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memaksimalkan layanan. Salah satunya  Indosat Ooredoo dengan aplikasi MyIM3. 

Namun, aplikasi tersebut baru-baru ini mengalami masalah dan tidak bisa dibuka alias error. Jadi apa penyebabnya? bagaimana cara mengatasi ini? Yuk simak ulasan kakceng berikut.

Mengenal Aplikasi MyIM3

Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

MyIM3 merupakan salah satu aplikasi digital resmi operator seluler Indosat Ooredoo yang menyediakan berbagai layanan atau fasilitas yang bererkaitan dengan provider tersebut.

Aplikasi ini bisa dipakai pada HP dengan memakai internet sebagai perantaranya. Kalian bisa melakukan transaksi atau sekedar mengetahui informasi kartu kalian.

Sebelumnya, MyIM3 bernama Self-Care IM3 sampai tahun 2017. Didalamnya terdapat peningkatan dari segi fitur untuk memudahkan kebutuhan pengguna Indosat.

Aplikasi ini sudah bisa diakses oleh pelanggan layanan prabayar atau pascabayar. kalian bisa cek sisa pulsa, membeli paket data, nelpon, SMS, dan juga banyak promo eksklusif didalamnya.

Hadirnya aplikasi My IM3 tentunya dapat mempermudah pengguna provider Indosat tanpa harus mendatangi counter ataupun Call Center, karena sudah bisa mengurusnya dalam aplikasi.

Terlebih lagi, aplikasi ini bisa digunakan untuk banyak nomor Indosat, seperti IM3, Mentari, dan Matrix. kalian hanya perlu jaringan internet yang cukup baik untuk mengaksesnya.

Kenapa Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka?

Masalah yang menyebabkan aplikasi IM3 yang tidak bisa dibuka bisa karena beberapa hal. Nah, Dibawah ini kemungkinan masalah yang terjadi pada aplikasi tersebut.

1. Jaringan Tidak Stabil

Faktor pertama yang memungkinkan aplikasi IM3 tidak bisa dibuka yaitu jaringan yang tidak stabil. Jaringan yang tak begitu stabil membuat sulitnya aplikasi terhubung dengan internet.

kalian bisa cek kondisi sinyal pada smartphone dengan melihatnya pada indikator diatas layar ponsel. Selain itu, kuota yang tidak mencukupi bisa jadi akibat tidak terhubungnya ke jaringan.

2. Sedang Ada Perbaikan Aplikasi

Kemudian, sedang terjadinya perbaikan atau maintenance yang dilakukan oleh pihak pengembang aplikasi. Sehingga untuk aplikasi tidak bisa digunakan atau dibuka.

Biasanya perbaikan dilakukan karena ada bug ataupun masalah pada aplikasi yang menyebabkan kesalahan sistem. Maintenace bisa juga dilakukan secara rutin atau kondisional.

3. Masalah Pada Perangkat

Sulitnya login atau masuk ke aplikasi bisa diakibatkan karena masalah pada perangkat yang digunakan. Seperti terlalu banyaknya canche, atau pemakaian RAM yang sudah maksimal.

4. Aplikasi Sudah Tidak Kompatibel

Masalah terakhir yaitu aplikasi sudah tidak kompatibel lagi terhadap perangkat, sehingga versi yang digunakan harus di-update ke versi yang lebih terbarunya.

Cara Mengatasi Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka

Media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram biasanya menjadi media untuk mengumumkan masalah yang terjadi oleh pihak provider.

Setelah mengetahui kemungkinan-kemungkinan masalahnya, alangkah lebih baik kalian menggunakan cara yang bisa membuat aplikasi normal kembali.

Berikut ini ialah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah aplikasi im3 error atau tidak bisa dibuka.

1. Clear Cache

Cache dapat menjadi masalah pertama pada saat tidak terbukanya aplikasi, masalah dalam mengatasi aplikasi my im3 tidak bisa dibuka adalah bisa kalian atasi dengan cara pergi ke pengaturan dan menghapus cache. kemudian cobalah buka aplikasinya.

2. Hapus Data dan Masuk Ulang

Upaya kedua dalam mengatasi masalah aplikasi myim3 tidak bisa dibuka yaitu menghapus data aplikasi dan masuk ulang menggunakan nomor yang sama. Hapus data dapat membuat aplikasi menjadi seperti baru tanpa harus uninstall terlebih dahulu.

3. Re-Install IM3 Care

Selanjutnya, kalian bisa menghapus aplikasi IM3 dan menginstallnya kembali. Secara otomatis, aplikasi akan terupdate dan menyinkronkan sendiri terhadap perangkat yang dipakai.

4. Hubungi Customer Care

Jika ketiga upaya diatas tidak menemui solusi, maka untuk mengatasi aplikasi myim3 yang tidak bisa dibuka adalah kalian bisa menghubungi Customer Care (021) 30003000 atau Call Center Indosat Ooredoo di 185. Sampaikan keluhan dan pertanyaan.

5. Kunjungi Gerai Indosat

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi im3 tidak bisa dibuka yaitu dengan mengunjungi gerai Indosat Ooredoo terdekat. Disana akan dijelaskan secara mendetail dan langsung diberikan solusinya.

Penutup

Demikianlah ulasan dari kakceng mengenai Aplikasi IM3 Tidak Bisa Dibuka yang belakangan ini sedang dicari. Sekian dan semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan dari kalian semua yang mengalami masalah sehingga bisa mengatasinya. Semoga bermanfaat!