Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenapa Setiap Buka Aplikasi Sering Keluar Sendiri? Begini Cara Mengatasinya!

Kakceng.com - Saat kamu sibuk membuka media sosial, bermain game, dll, tiba-tiba aplikasi yang kamu gunakan tiba-tiba muncul dengan sendirinya. Kondisi ini pasti sangat mengganggu. Meski begitu, kejadian ini kerap dialami oleh pengguna ponsel Android lainnya. Apabila demikian, pesan "This application has stopped unexpectedly". Hanya ada dua pilihan saat ini, laporkan atau paksakan untuk berhenti. Tetapi kenapa setiap buka aplikasi sering keluar sendiri di HP Android? Nah, Di sini kakceng akan menjabarkannya untuk mengatasi masalah tersebut, simak ya!

Kenapa Setiap Buka Aplikasi Sering Keluar Sendiri?

kenapa setiap buka aplikasi sering keluar sendiri di HP Android?
Aplikasi Sering Keluar Sendiri

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Alasan kenapa setiap buka aplikasi sering keluar sendiri adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Nah apbila pengguna ponsel Android sering menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, kebiasaan ini harus segera ditinggalkan. Dan semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka sistem HP Android akan dipaksa bekerja terlalu keras. Ini akan menurunkan kinerja dan secara tidak langsung menyebabkan aplikasi sering ditutup.

Solusinya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak sedang digunakan. Apabila kamu perlu menggunakan aplikasi pada saat yang sama, coba buka hanya 2-3 aplikasi. Namun, ini juga tergantung pada kemampuan atau spesifikasi perangkat Android HP kamu.

Spesifikasi HP Android

Salah satu alasan lain seringnya terjadinya aplikasi keluar sendiri adalah spesifikasi HP Android. Apabila spesifikasi ponsel Android yang kamu gunakan relatif rendah, gunakan saja aplikasi penting atau aplikasi yang sering digunakan.

Spesifikasi ini layak untuk keterampilan seseorang. Apabila anak-anak sekolah dasar dengan kemampuannya dipaksa untuk melakukan tugas-tugas algoritmik, mereka akan langsung stres dan menyerang. Ini juga merupakan ilustrasi spesifikasi HP. Apabila ponsel dengan RAM 1 GB terpaksa menggunakannya untuk bermain game dengan grafis tinggi, ponsel akan cepat panas dan menimbulkan error.

RAM penuh

Alasan mengapa aplikasi sering keluar sendiri mungkin juga karena RAM kamu penuh. Karena RAM sudah penuh maka hal ini sangat mirip dengan terjadinya penyebab pertama. Membuka terlalu banyak aplikasi di ponsel Android kamu akan mengisi penuh RAM kamu.

Selain itu, ini akan menyebabkan sistem membekukan atau membekukan dan bahkan aplikasi yang sedang berjalan tidak akan berjalan. Pengguna ponsel Android perlu sering memeriksa status RAM. Apabila sudah dalam kondisi penuh, segera bersihkan RAM nya.

Menumpuknya cache aplikasi

Cache adalah file yang disimpan di ponsel Android kamu yang berguna untuk membuka file atau aplikasi dengan lebih cepat. Saat pertama kali pengguna membuka aplikasi, dibutuhkan proses loading yang lama karena sistem akan membuat file aplikasi ini. saat membuka aplikasi untuk kedua kalinya dan seterusnya, proses ini tidak memakan waktu lama, aplikasi akan terbuka dengan cepat.

Cache ini biasanya disimpan di folder tersembunyi. Namun, file ini dapat ditemukan di menu pencarian dan memilih opsi untuk menampilkan file tersembunyi. Semakin banyak file cache, semakin banyak ruang yang akan terisi dan ini akan menutup paksa atau seringkali aplikasi akan keluar dengan sendirinya. Pengguna perlu memeriksa dan membersihkan file ini sesering mungkin untuk menjaga agar sistem tetap berjalan dengan lancar dan tidak ada pemadaman paksa.

Selain berbagai masalah yang diuraikan di atas, alasan kenapa setiap buka aplikasi sering keluar dengan sendiri adalah:

1. Ada data aplikasi yang hilang atau rusak. Data tersebut dapat berupa data sementara, cache, game, dan data lainnya.

2. Koneksi internet atau data yang tiba-tiba berhenti bekerja. Ini biasanya terjadi dalam aplikasi streaming, obrolan, atau game yang membutuhkan koneksi konstan.

3. Aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi yang bukan versi final atau versi beta dari aplikasi tersebut

4. Aplikasi yang diunduh bukan dari Play Store atau aplikasi bajakan

5. Spesifikasi HP Android tidak sesuai dengan kebutuhan aplikasi

6. Sistem Android yang kamu gunakan adalah versi lama dan aplikasi yang diinstal adalah aplikasi yang diperbarui atau terakhir diperbarui

7. Hardware HP Android seperti sensor, kamera, koneksi internet dan lain sebagainya telah rusak

8. Ponsel Android telah di-root atau dimodifikasi besar-besaran

Cara Mengatasi Kenapa Setiap Buka Aplikasi Sering Keluar Sendiri

Terhubung dengan internet

Apabila saat buka aplikasi sering keluar dengan sendiri, maka pengguna ponsel Android harus mengecek dulu koneksi internetnya. Hubungkan ponsel kamu ke jaringan yang ada, apakah itu jaringan internet dari kartu yang kamu gunakan, atau paket data atau jaringan Wi-Fi. Caranya cukup sederhana yaitu, drag menu ke atas layar lalu sambungkan ke internet. Pengguna juga dapat masuk ke pengaturan> Wireless & Network. Setelah itu, pilih Mobile Network dan terus aktifkan akses data.

Manual Force Stop

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan memulai ulang aplikasi dan aplikasi itu tiba-tiba menutup dengan sendirinya. Pengguna ponsel Android dapat melakukan ini dengan masuk ke menu pengaturan dan kemudian memilih manajer aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang tiba-tiba berhenti lalu ketuk opsi hentikan paksa atau Force Stop. Setelah melakukannya, dan kemudian nyalakan aplikasi seperti biasa.

Menghapus Cache Aplikasi

Data yang terlalu penuh dalam cache aplikasi pada ponsel Android seringkali menyebabkan aplikasi berhenti dengan sendirinya. Saat pengguna mengalami masalah ini, mereka perlu menghapus data cache. bagaimana memilih pengaturan> manajer aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi yang sesuai dan ketuk pada penghapusan data. Dengan demikian, semua data aplikasi yang di-cache akan dihapus secara otomatis. Untuk aplikasi yang memerlukan login, pengguna harus login lagi saat menggunakan aplikasi dengan mengosongkan cache.

Karena membersihkan cache aplikasi dilakukan secara manual, aplikasi seperti master bersih juga dapat digunakan untuk menghapus cache aplikasi. Hapus cache dari aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan.

Update Aplikasi

Menggunakan aplikasi lama dan usang juga dapat menyebabkan masalah mematikan aplikasi dengan sendirinya. Ini juga berlaku untuk pengguna aplikasi versi beta. Versi ini biasanya tidak stabil dan sering membeku atau menutup secara paksa secara tidak terduga.

Pengguna harus selalu memeriksa pembaruan aplikasi, yang selalu tersedia di Play Store. Caranya sangat sederhana, yaitu masuk ke Play Store dan kemudian memilih aplikasi baik dengan mencarinya di menu pencarian atau di menu aplikasi yang diinstal di ponsel Android kamu.

Update OS Android

Selain aplikasi yang tidak update, masalah lain yang menyebabkan aplikasi sering muncul adalah sistem operasi Android HP masih menggunakan sistem operasi lama. Pengguna ponsel Android dapat mengupdate dan menginstal sistem operasi terbaru, namun perlu diperhatikan bahwa sistem operasi yang digunakan harus memenuhi spesifikasi HP.

Memperbarui sistem operasi Android juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke menu pengaturan> pengaturan android> tentang ponsel> pembaruan sistem. Kemudian perbarui sistem dan tunggu beberapa saat hingga pembaruan selesai.

Penutup

Itulah beberapa Alasan Kenapa Setiap Buka Aplikasi Sering Keluar Sendiri? dan cara mengatasi nya yang perlu kamu tahu. Setelah kamu mengetahui penyebab dan cara mengatasi Kenapa Setiap Buka Aplikasi Sering Keluar Sendiri? Silahkan share juga ke rekan-rekan ya!