Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Belajar Daring

Mau tau apa manfaat belajar daring? Yuk kita simak sama kakceng pembahasan singkatnya dibawah ini!

Manfaat Belajar Daring

Terkadang kita gelap mata menganggap belajar di rumah selama pandemi ini hanya menyulitkan, meskipun faktanya ada banyak pula manfaat belajar daring yang bisa didapatkan. Salah satu yang paling utama tentunya mengurangi resiko tertular virus corona dan menciptakan klaster baru di area sekolah.

Memang pentingnya belajar tidak boleh dilupakan walaupun dalam situasi penuh ketidakpastian seperti sekarang ini. Bagaimana pun caranya, murid - murid harus tetap mendapatkan pendidikan dan ilmu sesuai kurikulum yang berlaku.

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri menerapkan sistem belajar di rumah selama covid - 19 masih belum berhenti. Meski masih banyak kekurangan belajar di rumah, tapi Anda juga harus menyadari apa saja kelebihan sistem pembelajaran baru ini.

Manfaat Belajar Daring Untuk Siswa

Belajar daring pastinya membawa suasana dan pengalaman baru untuk sebagian besar siswa di Indonesia. Sebab bisa dibilang, masa pandemi ini adalah pertama kalinya sekolah memanfaatkan teknologi secara penuh untuk membantu proses belajar mengajar.

Bukan hanya itu, belajar dari rumah juga bisa membawa keuntungan berikut ini:

1. Fleksibel Dalam Waktu dan Tempat

Pastinya Anda sebagai siswa maupun sebagai guru merasakan bahwa belajar daring ini lebih santai dibandingkan sekolah biasa. Selain karena tidak perlu memperhitungkan waktu tempuh dari rumah ke sekolah, Anda juga tidak perlu menyiapkan banyak perlengkapan di pagi hari seperti buku, seragam, bekal dan lain - lain.

Karena semua itu bisa diambil ketika proses belajar sudah mulai tanpa harus memakan banyak waktu. Bukan hanya itu, Anda juga bebas mencari tempat untuk belajar. Bila bosan di kamar, Anda bisa pindah ke ruang tamu, ruang makan atau bahkan di teras rumah.

2. Membiasakan Siswa Menggunakan Gawai Selain Untuk Hiburan

Saat ini, mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia baik orang tua maupun anak - anak sudah memiliki gawai sendiri. Namun tidak banyak anak di Indonesia yang menggunakan gawai selain untuk hiburan seperti bermain game atau menonton Youtube.

Gawai memang sangat penting untuk dunia pekerjaan di era modern. Jadi memperkenalkan elektronik pintar sejak anak masih kecil bukanlah hal yang salah. Namun jika hanya digunakan untuk bermain game, tidak banyak manfaat dari gawai untuk masa depan anak - anak.

3. Membantu Mendisiplinkan Anak

Sekolah biasa mungkin menjadi rutinitas yang membantu mendisiplinkan anak sehari - hari. Namun ketika sudah lulus sekolah nanti, jadwal tersebut akan hilang, anak menjadi punya banyak waktu luang dan akan membuatnya kembali menjadi malas dan kurang disiplin.

Oleh karena itu, mendisiplinkan anak dan melatih tanggung jawabnya merupakan salah satu manfaat belajar daring. Sebab siswa punya kesempatan besar untuk tidak mengikuti belajar online. Tapi jika ia punya rasa tanggung jawab dan dispilin yang tinggi, pastinya ia akan meninggalkan rasa malasnya dan melaksanakan kewajibannya.

Manfaat Belajar di Rumah Untuk Orang Tua

Bukan hanya siswa, Anda sebagai orang tua pastinya juga sering mengeluh karena sistem belajar dari rumah ini. Sebab tugas anak yang menumpuk serta harus dibantu oleh orang tuanya.

 Namun perlu Anda sadari, belajar dari rumah bisa membantu mempererat hubungan anakn dan orang tua. Selain itu, Anda juga bisa mengawasi buah hati selama ia belajar. Karena pada akhirnya, orang tua adalah guru terbaik untuk anaknya sendiri.

 Demikianlah beberapa manfaat belajar daring untuk siswa maupun untuk orang tua. Jangan pernah patah semangat dalam belajar dan mencari ilmu.