Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

25 Contoh Ucapan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda

Menurut Wikipedia, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Saat tanggal tersebut pada 1928, para pemuda dan pemudi Indonesia menggelorakan semangat untuk merengkuh kemerdekaan. Sumpah Pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928.

Jadi, Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda juga memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi Bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.

Tokoh Sumpah Pemuda

sumpah pemuda png
contoh logo sumpah pemuda png

Di sisi lain, ada banyak tokoh-tokoh hebat yang berjasa dalam ikrar Sumpah Pemuda. Lantaran melalui Sumpah Pemuda tersebut pemuda-pemudi Indonesia menyatu dengan semangat sama yang perlu diteruskan hingga sekarang.

Siapa saja tokoh-tokoh penting di balik Sumpah Pemuda?

Berikut ini beberapa tokoh penting dalam perumusan Sumpah Pemuda:

1. Soegondo Jojopoespito

Soegondo Jojopoespito merupakan tokoh yang paling berpengaruh dalam Kongres Pemuda II karena menghasilkan Sumpah Pemuda. Pemimpin kelahiran 1905 ini juga merupakan satu di antara aktivis Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Hal tersebut yang kemudian membuatnya ditunjuk menjadi ketua Kongres Pemuda II. Motto pentingnya dalam Sumpah Pemuda yaitu 'Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa Indonesia'.

2. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin merupakan satu di antara pencetus Kongres Pemuda II. Meski sebagai pencetus, ia malah didapuk menjadi sekretaris. Saat dicalonkan sebagai ketua, ia tak terpilih lantaran berasal dari Jong Sumatranen Bond.

Padahal, kala itu Kongres Pemuda membutuhkan pemimpin yang dianggap sangat netral. Muhammad Yamin juga yang merumuskan teks Sumpah Pemuda dan selalu mengusung Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

3. Soenario Sastrowardoyo

Soenario Sastrowardoyo merupakan pengacara yang aktif membela para aktivis kemerdekaan. Soenario Sastrowardoyo juga menjadi pembicara dan penasihat panitia perumusan Sumpah Pemuda.

Dalam Kongres Pemuda II, Soenario menyampaikan pidato dengan tema Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.

4. Wage Rudolf Soepratman

Nama WR Supratman pasti tak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Pada Kongres Pemuda II itulah WR Supratman memperkenalkan lagu ciptaannya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Selain itu, ia juga pandai memainkan biola. Pada malam penutupan Sumpah Pemuda, ia memainkan Indonesia Raya secara instrumental dengan biola (tanpa teks).

5. Djoko Marsaid

Posisi wakil ketua tentu menjadi penting setelah adanya ketua. Djoko Marsaid merupakan wakil ketua pada saat Kongres Pemuda II berlangsung.

Djoko adalah perwakilan dari Jong Java. Tidak banyak informasi mengenai Djoko Marsaid. Meski begitu, namanya tetap tercantum sebagai tokoh penting dalam perumusan Sumpah Pemuda.

6. Amir Syarifuddin

Amir Syarifuddin merupakan perwakilan dari Jong Batak. Ia juga dipercaya menjadi bendahara dalam Kongres Pemuda II.

Amir Syarifuddin merupakan aktivis pergerakan anti-Jepang yang pernah terancam hukuman mati. Saat Kongres Pemuda II, Amir Syarifuddin banyak menyumbangkan pemikiran cerdasnya.

7. Sarmidi Mangoensarkoro

Sarmidi Mangoensarkoro merupakan satu di antara pembicara pada Kongres Pemuda II hari kedua. Bersama dengan Poernomowoelan, ia membahas masalah pendidikan.

Sarmidi Mangoensarkoro berpendapat anak harus mendapat pendidikan kebangsaan serta mendapat keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Selain itu, anak juga harus dididik secara demokratis.

Konsentrasinya yang kuat dalam bidang tersebut, membuat Sarmidi Mangoensarkoro dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada 1949 hingga 1950.

8. Sie Kong Liong

Sie Kong Liong mempunyai peran besar dalam keberhasilan Kongres Pemuda II. Pasalnya, rumah yang menjadi tempat berkumpul serta menyelenggarakan Kongres Sumpah Pemuda II adalah miliknya.

Rumah yang terletak di Jalan Kramat Raya ini, kini telah dijadikan Museum Sumpah Pemuda.

9. Kartosuwiryo

Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo adalah satu di antara tokoh penting dalam Sumpah Pemuda. Kartosoewirjo juga menjadi pemimpin DI/TII yang mendeklarasikan Negara Islam Indonesia.

Pria kelahiran 7 Februari 1905 ini merupakan satu di antara anak Indonesia yang beruntung bisa mengenyam pendidikan Eropa waktu itu. Ia bersekolah di HIS (Holland Inlandsche School) di Rembang.

Sekolah tersebut merupakan sekolah elite, khusus anak-anak Eropa dan Indonesia.

10. Johannes Leimena

Tokoh Sumpah Pemuda yang satu ini lahir di Ambon pada 1905. Dia seorang mahasiswa yang menjadi anggota panitia kongres.

Selain itu, ia juga menjadi ketua sekaligus perwakilan dari organisasi Jong Ambon. Johannes Leimena cukup aktif di perpolitikan Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Dia pernah menjadi ketua umum Partai Kristen Indonesia (Parkindo) mulai tahun 1950 hingga 1957.

Tujuan Sumpah Pemuda

Tujuan Sumpah Pemuda adalah :

  1. membangkitkan rasa nasionalisme rakyat nusantara untuk menentang dan mengusir penjajah
  2. keinginan para pemuda untuk memimpin bangsa pada generasi selanjutnya
  3. membebaskan seluruh rakyat nusantara dari penderitaan masa penjajahan.

Kongres Pemuda II itu digelar agar hubungan antar perkumpulan daerah dapat lebih erat serta untuk memperjelas visi kebangsaan, seperti diketahui, pada tahun tersebut, Indonesia belumlah merdeka.

Salah satu hasil dari Kongres Pemuda II itu adalah Sumpah Pemuda yang bunyi sesuai naskah aslinya saat ini terpajang di Museum Sumpah Pemuda.

Teks Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda Isi
Isi Sumpah Pemuda

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Memberikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda dapat membuat rasa kesatuan dan persatuan pewaris bangsa semakin bertambah. Demi Tanah Air, kita harus menunjukan jati diri sebagai penerus bangsa yang mampu bersaing bagi pembangunan bangsa yang terus menerus berkembang.

Dalam rangka memperingatinya, berikut rangkuman kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda, Bisa kamu bagikan kepada kerabat dan teman untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang cocok melalui media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Line & Instagram.

Baca Juga: Ucapan Tahun Baru Islam

Contoh Ucapan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

  1. Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  2. Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya, bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  3. Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda!.
  4. Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  5. Bersatulah wahai pemuda, Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu.
  6. Sumpah Pemuda bukanlah sekedar teks sejarah, tetapi itu seperti kepalan tangan yang berlumuran darah, meski harus merasa sakit tetap banggalah untuk mengatakan bahwa saya Indonesia, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  7. Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain. - Bung Karno
  8. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. - Bung Karno
  9. Selamat Hari Sumpah Pemuda, untuk kau para pemuda belajarlah tanpa kenal lelah, jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah airmu.
  10. Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  11. Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia, dan dengan cara Indonesia.
  12. Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  13. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  14. Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan, ingat kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.
  15. Yang muda yang berkarya, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  16. Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia - Bung Karno
  17. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang!
  18. Kompak bukan berarti harus sama. Ayo jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama.
  19. Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.
  20. Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu. - Najwa Shihab
  21. Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki. - Ridwan Kamil
  22. Kita jangan mewarisi abunya sumpah pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda. - Bung Karno
  23. Tegas lugas, dan berani itulah kita Pemuda, Negara ini berdiri karena seluruh Pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, Pemuda kita akan tetap bersatu.
  24. Kita ini pemuda yang bersumah yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus betul-betul diingat.
  25. Tidak banyak yang bisa kami tulis Untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya.
Demikianlah ulasan dari kakceng mengenai sumpah pemuda, mulai dari sejarah, tokoh, tujuan dan teks sumpah pemuda serta contoh ucapan sumpah pemuda yang perlu anda ketahui. Dan kalian bisa mengirim ucapan selamat hari sumpah pemuda kepada teman, sahabat dan saudara melalui WA, Facebook, Instagram, Twitter & Line. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021!

Artikel Terkait: sumpah pemuda tanggal, sumpah pemuda teks, sumpah pemuda 2020, tokoh sumpah pemuda, sumpah pemuda brainly, latar belakang sumpah pemuda, makna sumpah pemuda brainly, sumpah pemuda diikrarkan pada tanggal, tujuan sumpah pemuda, makna sumpah pemuda bagi pelajar, isi sumpah pemuda brainly, sumpah mahasiswa, sejarah sumpah pemuda brainly, kongres pemuda 1, sejarah indonesia