Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacaan Doa Sesudah Makan Arab & Latin

Doa Sesudah Makan

Bacaan Doa Sesudah Makan ~ Membaca doa sesudah makan tidak kalah pentingnya dengan berdoa sebelum makan supaya makanan yang kita makan menjadi keberkahan tersendiri untuk kita. Meskipun doa ini tidak wajib untuk di lakukan, namun setidaknya kita meniru apa yang sudah di contohkan oleh Rosulullah SAW dengan membaca doa sesudah makan. 

Dan perlu di ketahui, bahwasanya kenikmatan sesbuah makanan itu tergantung dari fikiran kita pada saat makan. Apabila kita dari awal sudah berfikir bahwasanya makanan itu enak, maka yang terjadi makanan itu akan terasa enak meskipun makanan tersebut tergolong makanan yang sederhana. Dan sebaliknya, apabila dari awal kita berfikir bahwa makan itu tidak enak , makan yang terjadi makan itu akan terasa tidak enak meski makanan tersebut tergolong makanan paling lezat .

Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa tergantung bagaimana kita mengatur pola fikir kita pada saat makan. Maka dari itu bacalah doa sesudah makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah di berikan kepada kita semua ini.

Bacaan Doa Sesudah Makan 

Doa Sesudah Makan
Doa sesudah makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Sesudah Makan

" Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin ".

Arti Doa Sesudah Makan

" Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam. "

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Makan

Sesudah kita mencerna bacaan dan maknanya , kita juga harus tahu keutamaan dari membaca doa  sesudah makan :

Seperti yang telah diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA. dari Rasulullah saw, beliau pernah bersabda :

" Apabila salah satu diantara kalian akan menyantap makan atau minum, maka pujilah nama Allah saat sebelum mulai makan. Akan tetapi, jika kalian lupa, maka kalian bisa mengucapkan basmalah saat awal atau akhir makan dan minum."

1. Menambah Keberkahan

Membaca doa ketika hendak makan dan minum merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah sebuah kewajiban dan akan berdosa bagi yang meninggalkannya. Ibnu Qoyyim berkata "Yang benar adalah wajib membaca "bismillah" ketika hendak makan. Dan hadis yang menganjurkan demikian adalah shohih dan shorih. Dan tidak ada yang menyelisihinya dan mengeluarkan dari maknanya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaiton dalam makanan dan minumnya."

Penjelasan dari Imam Ahmad yakni "Apabila dalam satu makanan terkumpul 4 hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna. 4 hal tersebut adalah menyebut nama Allah saat akan makan, memuji Allah di akhir makan, banyaknya orang yang ikut makan dan berasal dari sumber yang halal."

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam sebuah penelitian di Negeri Sakura, Jepang. Dr. Masaru Emoto menjalankan sebuah penelitian mengenai manfaat dari doa sebelum makan dan minum. Sekarang hasil penelitian tersebut sudah bisa dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah dengan judul "The Hidden Message in Water". Di dalam buku tersebut menjelaskan bahwa setiap makanan dan minuman yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami perubahan molekul secara signifikan. Dan susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Nazilah Lengkap

Bahkan beliau juga mengatakan bahwa makanan dan minuman yang baik adalah makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa. Selain untuk meningkatkan kesehatan manusia, makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa dalam mempengaruhi perilaku orang agar menjadi lebih baik pula.

Doa yang sudah di jelaskan di atas, dilafadzkan ketika kita telah selesai makan, sematkan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan kita makanan, minuman serta menjadikan kita sebagai orang muslim.

Itulah tadi bacaan Doa Sesudah Makan lengkap dengan artinya dan keutamaannya semoga bermanfaat untuk kita semua, amin ya robbal alamin.