Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Air Garam Untuk Wajah yang Jarang Diketahui


Manfaat Air Garam Untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Pada kesempatan kali ini kakceng akan memberikan info tentang manfaat air garam untuk wajah yang masih jarang diketahui. Air garam sebenarnya bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Manfaat ini tidak lepas dari mineral yang dikandungnya. Penasaran kan dengan manfaat air garam untuk wajah Anda? Simak ulasannya di bawah ini.

Secara umum, Anda bisa mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak atau rawan berjerawat dengan menggunakan produk kecantikan dan perawatan kulit. Namun tahukah Anda bahwa bahan alami (seperti air garam) juga bisa membantu mengatasi masalah kulit?

Ini karena garam mengandung berbagai mineral seperti magnesium, zat besi, natrium, kalium, dan kalsium yang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat air garam untuk wajah

Banyaknya mineral dalam air garam dapat mengatasi masalah kulit berikut ini:

1. Mengatasi jerawat

Manfaat Air Garam Untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Salah satu manfaat garam bagi wajah ialah mengatasi jerawat

Garam mempunyai sifat anti-bakteri yang dapat membantu menanggulangi jerawat

Salah satu manfaat garam bagi wajah ialah mengatasi jerawat yang hadir di wajah Anda. Pasalnya, garam mempunyai sifat anti-bakteri yang dapat menolong mengatasi jerawat. Di samping itu, garam pun mampu mengontrol buatan minyak berlebih (sebum), yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah Anda. Berikut teknik membuat dan menggunakannya.

Larutkan ½ sendok garam ke dalam wadah atau baskom mengandung air hangat.

Bersihkan wajah Anda memakai sabun pembersih yang biasa kita gunakan.

Bilas wajah Anda memakai air bersih.

Selanjutnya, basuh wajah memakai larutan air garam. Diamkan sekitar 5-10 menit, kemudian basahi wajah kembali memakai air garam. Lakukan tahapan ini sekitar 1 menit.

Basuh wajah memakai air bersih lagi, dan keringkan memakai handuk bersih.

2. Sebagai masker wajah

Manfaat Air Garam Untuk Wajah yang Jarang Diketahui
Manfaat garam untuk wajah lainnya ialah sebagai masker wajah alami. Ya, ketika stok masker di lokasi tinggal menipis, kita tidak butuh terburu-buru melakukan pembelian yang baru. Anda dapat memanfaatkan persediaan garam dapur di lokasi tinggal sebagai masker wajah alami. Agar mendapatkan untuk yang maksimal, jajaki campurkan garam dapur bareng bahan lainnya, laksana madu. Baik garam maupun madu, mempunyai sifat antiradang yang bermanfaat meredakan iritasi dan jerawat yang membandel. Di samping itu, buatan minyak di kulit wajah pun menjadi lebih sebanding sekaligus dapat melembabkan lokasi kulit wajah yang kering. Caranya ialah sebagai berikut:

Campurkan 2 sendok teh garam dapur yang sudah ditumbuk halus dengan 4 sendok teh madu asli sampai tekstur dua-duanya berbentuk laksana pasta.

Oleskan gabungan garam dan madu ke wajah kita secara merata, namun hindari lokasi mata.

Diamkan masker sampai mengering selama 10-15 menit.

Sebelum membilasnya dengan air bersih, rendam handuk ke dalam air hangat dan peras perlahan.

Letakkan handuk yang telah diairi air hangat ke wajah sekitar 30 detik. Gunakan jari-jari Anda untuk mengelupas masker yang kering secara perlahan sehaluan jarum jam sambil membilas wajah memakai air hangat.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perawatan kulit wajah laksana biasa.

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat garam untuk wajah pun untuk mengusung sel-sel kulit mati. Umumnya, proses mengusung sel-sel kulit mati dikenal dengan istilah scrubbing atau eksfoliasi. Jika rutin mengerjakan eksfoliasi dengan scrub, maka kulit wajah kita akan terlihat lebih bersih, bersinar, dan sehat. Salah satu teknik mengusung sel-sel kulit mati dapat menggunakan bahan alami. Ini sebab garam mempunyai tekstur berupa butiran-butiran kecil yang dapat menolong menghaluskan wajah dan membalikkan hidrasi pada kulit wajah. Namun, usahakan kita tidak memakai garam meja, tetapi garam laut untuk menciptakan scrub wajah. Gunakan pula cuka apel sebagai astringent dan daun mint yang bermanfaat untuk meredakan peradangan. Langkah menciptakan scrub garam, yakni:

Tuangkan cuka apel secukupnya ke suatu wadah, kemudian tambahkan 1/8 cawan garam laut.

Potong 1-2 tangkai daun mint segar. Masukkan potongan daun mint ke dalam gabungan garam dan cuka apel.

Aduk semua bahan tersebut sampai berbentuk laksana pasta kental.

Cara menggunakannya, oleskan scrub garam ke permukaan kulit laksana Anda memakai scrub biasa. Pijat lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian, bersihkan wajah Anda memakai air hangat.

4. Sebagai toner wajah

Manfaat garam untuk wajah lainnya ialah sebagai toner wajah alami yang dapat menolong membersihkan sisa-sisa debu, kotoran, atau make up yang menempel di wajah. Ini bukan tanpa alasan, karena garam diandalkan  mampu menyeimbangkan buatan minyak di wajah. Kemudian, untuk Anda yang punya masalah dengan jerawat, pemakaian toner wajah alami dari garam pun dapat menolong membunuh bakteri penyebab jerawat berkat kandungan antibakteri di dalamnya. Cara menggunakannya, Anda lumayan mencampurkan satu sendok santap garam laut dan sejumput garam Epsom ke dalam satu gelas air hangat. Lalu, masukkan ke dalam botol semprot berukuran kecil. Pastikan garam dan air sudah larut dengan sempurna.Gunakan toner wajah setelah mencuci wajah dengan teknik menuangkannya pada kapas.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang manfaat air garam untuk wajah. Supaya manfaat air garam di wajah bisa lebih maksimal dan tidak menimbulkan masalah pada kulit, gunakan selalu peralatan bersih saat membuat ramuan di atas. Selain itu, jaga kebersihan kulit wajah. Jika Anda terus mengalami masalah kulit, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk pengobatan yang benar.

Post a Comment for "Manfaat Air Garam Untuk Wajah yang Jarang Diketahui"