Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komputer Generasi Pertama Menggunakan? Baca Sejarah Komputer!

Komputer Generasi Pertama Menggunakan? Baca Sejarah Komputer!

Komputer dari masa ke masa tentunya mengalami perkembangan. Nah, kadang ada juga yang bertanya komputer generasi pertama menggunakan apa? simak ulasan berikut!

Komputer saat ini merupakan peralatan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya peralatan komputer dapat digunakan untuk membantu aktivitas manusia sehingga mempermudah segala pekerjaan. Hingga saat ini, sejarah komputer terus berkembang.

Hal tersebut memang telah dibuktikan dengan penggunaan komputer khususnya dalam setiap lini kehidupan saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia saat ini lebih cenderung bergantung pada komputer dalam setiap aktivitasnya.

Namun proses pengembangan komputer belum tentu canggih karena ada tahapan nya. Komputer kini sangat berbeda dengan komputer sebelumnya, mulai dari bentuk, performa nya hingga komponen yang digunakan. Karena komputer sebelumnya memiliki ukuran yang bisa memakan satu ruangan. Berikut ini akan kami rangkum sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (1946 - 1959)

Tahun 1946 adalah tahun dimana komputer generasi pertama dibuat dengan menggunakan tabung hampa udara sebagai komponen dasar pembuatan nya. Tabung yang merupakan komponen dasar ini diketahui tidak efisien dalam berbagai aspek.

Karena komponen tersebut cepat panas saat digunakan. Selain itu komponen ini membutuhkan daya listrik yang sangat besar dalam pengoperasian nya. Electronic numerical integrator and computer (ENIAC) adalah contoh komputer generasi pertama.

Untuk komputer generasi pertama juga dibuat oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum berukuran 1800 kaki dan berat hingga sekitar 30 ton.

Sejarah komputer generasi pertama ini telah menjadi elektronik digital yang digunakan untuk kebutuhan paling umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942 tetapi baru dimulai pada tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946.

Bentuk program ENIAC memiliki ukuran yang sangat besar, hanya dalam peletakan program ini membutuhkan space seluas 500 m2. ENIAC juga menggunakan 75.000 relai dan sakelar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor.

Saat memulai pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar, yaitu sekitar 140 kilo watt. Untuk bahasa yang digunakan pada komputer generasi pertama ini adalah bahasa mesin. Ini adalah bahasa pemrograman yang sangat dasar, dan hanya dipahami oleh komputer.

Dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dolar. Namun kemampuan komputer generasi ini sangat terbatas, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan masalah.

Pengguna bahkan harus menggunakan kartu punched atau kartu punched, serta pita kertas untuk bisa menginput sehingga bisa mengeluarkan hasil cetakan yang dihasilkan. Menggunakan biaya produksi yang fantastis, namun fungsinya sendiri belum optimal.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

  • Memiliki ukuran hardware yang jauh lebih besar dan membutuhkan banyak space.
  • Desain interior sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
  • Program hanya dapat dibuat menggunakan bahasa mesin.
  • Menggunakan silinder magnet untuk menyimpan data.
  • Membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar.
  • Perlu mesin pendingin karena cepat panas.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil.
  • Performa lambat.
  • Gunakan konsep program tersimpan dan gunakan penyimpanan inti magnet sebagai memori utama.
  • Menggunakan tabung vakum sebagai rangkaian.

Komputer generasi kedua menggunakan transistor(1959 - 1965) 

Pada tahun 1959 komponen untuk perancangan komputer adalah teknologi transistor, tabung hampa udara yang berfungsi sebagai komponen dasar pada komputer generasi pertama digantikan oleh teknologi transistor. Komponen ini dinilai jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan tabung vakum.

Sejarah komputer dan perkembangannya menggunakan basis transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tabung vakum tenaga listrik yang dibutuhkan lebih kecil untuk pengoperasiannya. Biaya pembuatan komputer generasi kedua juga jauh lebih terjangkau dibandingkan menggunakan tabung vakum pada generasi pertama.

Untuk bahasa pemograman juga telah dikembangkan. Jika generasi pertama menggunakan bahasa mesin, untuk generasi kedua diganti dengan menggunakan bahasa assembly dan bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.

Dengan ukuran yang lebih kecil, komputer generasi kedua ini banyak digunakan di beberapa institusi seperti universitas, perusahaan hingga pemerintahan.

Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi ini adalah komputer super. IBM juga telah membuat super komputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch serta membuat komputer dengan nama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan di laboratorium menggunakan energi atom, dapat menangani berbagai data yang memerlukan kemampuan ini oleh peneliti atom.

Pada tahun 1965, hampir semua bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi dengan keuangan bisnis.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  • Telah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi Fortran dan Cobol.
  • Kapasitas memori utama menggunakan penyimpanan inti magnetik.
  • Menggunakan storage eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
  • Mampu memproses secara real time maupun real sharing.
  • Ukuran fisiknya jauh lebih kecil dibandingkan komputer pada generasi pertama.
  • Performanya lebih cepat.
  • Lebih sedikit tenaga listrik.
  • Penggunaan program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis tetapi juga pada aplikasi engineering.

Komputer Generasi Ketiga menggunakan integrated circuit (1965 - 1971)

Komputer generasi ketiga dimulai pada tahun 1965, di mana komputer tersebut dibuat dengan menggunakan sirkuit terintegrasi (IC). Teknologi ini menggeser fungsi transistor sebagai komponen dasar komputer. Namun transistor tetap digunakan, namun ukurannya diperkecil. Beberapa dari transistor kecil ini menjadi input pada IC, bersama dengan resistor dan kapasitor.

Komputer generasi ketiga ini merupakan komputer pertama yang dapat membuat operator berinteraksi menggunakan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Selain itu, biaya komputer ini lebih murah, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat umum.

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan melalui tahapan yang sangat pesat dari komputer sebelumnya. Komputer generasi ketiga ini muncul pada era 1964-1970. Dalam pemakaiannya, transistor membuat kinerja komputer cepat panas. Sehingga komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

  • Listrik yang digunakan lebih hemat.
  • Software akan lebih meningkat.
  • Harga semakin terjangkau.
  • Memori memiliki kapasitas yang lebih besar.
  • Kecepatan menggunakan IC agar kinerja komputer lebih cepat.
  • Memiliki kecepatan 10.000 kali lebih cepat dari generasi pertama.
  • Komputer dapat melakukan multiprocessing.
  • Komputer sudah menggunakan tampilan visual dan dapat mengeluarkan suara.
  • Menggunakan penyimpanan eksternal seperti disket magnet
  • Mampu berkomunikasi dengan komputer lain.

Komputer generasi ke-4  menggunakan Mikroprosesor (1971 - Sekarang)

Komputer yang kita gunakan saat ini adalah komputer generasi keempat, dimana generasi keempat ini dibuat dengan menggunakan komponen dasar yang disebut mikroprosesor. Chip mikroprosesor memiliki ribuan transistor dan beberapa jenis elemen rangkaian yang saling terhubung satu sama lain.

Intel adalah perusahaan yang paling berpengaruh pada pengembangan chip mikroprosesor. Karena mereka berhasil menciptakan Intel 4004 yang menjadi cikal bakal perkembangan komputer. Perusahaan dari Intel ini berhasil menggantikan komputer besar yang ukurannya menjadi sangat kecil sehingga lebih efisien.

Pada tahun 1971 IBM menciptakan komputer yang dirancang khusus untuk kalangan rumahan. Sementara itu, Apple pertama kali menerbitkan Macinthos pada tahun 1984, sebuah sistem operasi yang dijalankan dari perangkat komputer.

Ada banyak kemajuan pesat yang terjadi pada generasi keempat ini, seperti pembuatan mouse, antarmuka pengguna grafis atau GUI hingga komputer portabel yang dikenal sebagai laptop. Procecsor atau biasa disebut dengan CPU selalu berkembang dari waktu ke waktu hingga sekarang.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

  • Bisa menggunakan LSI atau integrasi skala besar.
  • Ini telah dikembangkan menggunakan semikonduktor dan prosesor mikro yang berbentuk chip untuk memori.
  • Juga dipasarkan ke sektor individu.
  • Selalu muncul komputer terbaru yang lebih efisien dan mudah dibawa kemana-mana seperti laptop.

Komputer Generasi Kelima  menggunakan Kecerdasan Buatan /Artificial intelligence (AI) (Sekarang - Masa Depan)

Generasi kelima sebenarnya masih dalam tahap pengembangan. Dimana generasi ini nantinya akan memiliki teknologi berbasis kecerdasan buatan.

Pengembangan komputer generasi kelima ini bertujuan agar dapat menghasilkan perangkat komputer yang dapat merespon dengan menggunakan bahasa yang digunakan manusia. Tidaklah cukup bahwa komputer generasi ini diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya dan dapat menyesuaikan diri.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih menggunakan teknologi LSI tetapi akan mengalami banyak perkembangan.
  • Memiliki fitur yang terus berkembang setiap tahun.
  • Semakin cepat pemrosesan informasi.
  • Komputer memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara dan, tentu saja, lebih canggih. Ia bahkan bisa memberikan kesimpulan layaknya manusia. 

Akhir Kata

Itulah tadi sejarah komputer dari generasi ke generasi. Sekarang anda bisa tahu tentang komputer pertama menggunakan apa kan? Semoga artikel dari kakceng bisa memberikan manfaat buat anda.