Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kirim Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget Begini Caranya!

Kirim Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget Begini Caranya!

Bagaimana Cara Kirim Uang Lewat Alfamart? Pada artikel kali ini Kakceng akan membagikan cara mengirim uang lewat Alfa tanpa rekening bank. Nah, cara ini sangat berguna bagi Anda yang jauh dari kantor cabang bank dan mesin ATM.

Kita semua tahu biasanya pada saat akan mengirim uang kita cenderung memakai ATM (Automatic Teller Machine) atau transfer melalui kantor bank terdekat. Namun terkadang ada beberapa orang memilih cara lain dengan berbagai alasan. Misalnya jauh dari lokasi ATM atau kantor bank, malas antri, tidak memiliki rekening bank, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kami mencari metode pengiriman uang lainnya yaitu melalui toko Alfamart. Mengapa pada retail tersebut? Alasannya sederhana, karena mudah ditemukan di setiap sudut kota. Faktanya, selalu ada salah satu ritel ini setiap beberapa kilometer.

Selain itu saat mengirim uang melalui Alfamart, Anda tidak perlu antri seperti di kantor bank. Kemudian Anda juga bisa belanja kebutuhan pokok lainnya selain kirim uang.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Kirim Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget Begini Caranya!

Pada kesempatan ini Kakceng akan membahas tata cara untuk melakukan pengiriman uang dari retail Alfamart secara mudah tanpa butuh rekening bank apapun. Namun sebelumnya silahkan siapkan kartu Identitas (KTP), uang tunai, nomor hp kalian yang masih aktif dan identitas dari calon penerima.

Nah, selanjutnya silahkan Anda simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Silakan kunjungi toko retail Alfamart terdekat. Beri tahu kasir bahwa Anda ingin mengirim uang.
Kemudian nantinya Anda akan dimintai KTP, nomor telepon yang masih aktif dan juga ditanyakan jumlah uang tunai yang akan dikirim.

Kemudian kasir juga akan menanyakan identitas calon penerima uang. Pastikan Anda memberikan data sesuai dengan identitas resmi atau KTP, karena pada saat penerima akan mengambil data pribadinya maka akan disamakan dengan data yang Anda berikan.

Langkah 2

Setelah semua data identitas terpenuhi, baik pengirim maupun penerima. Selanjutnya, berikan uang tunai ditambah dengan biaya transaksi. Besarnya ongkos kirim bervariasi mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 tergantung jumlah uang yang dikirim. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya ke kasir dulu.

Langkah 3

Setelah proses pengiriman uang selesai, Anda akan diberikan nota berisi kode numerik yang dikenal dengan MTCN (Money Transfer Control Number).

Apa itu MTCN? MTCN adalah kode rahasia berupa angka yang dikeluarkan saat mengirimkan nomor melalui Alfamart. Jadi kode numerik ini tidak bisa dibocorkan ke orang lain dan Anda hanya memberikannya kepada calon penerima untuk melakukan penarikan uang.

Kode MTCN ini memiliki masa berlaku hingga 1 bulan sehingga Anda tidak perlu terburu-buru memberikannya kepada calon penerima. Dan penerima tidak perlu terburu-buru untuk mengambil kembali uang yang telah dikirim.

Namun, akan lebih baik jika uang segera diambil setelah uang dikirim. Karena jika nomor MTCN hilang, penarikan uang tidak bisa dilakukan dan Anda perlu mengajukan komplain terlebih dahulu ke retail Alfamart tempat uang dikirim.

Cara Mengambil Kiriman Uang di Alfamart

Kirim Uang Lewat Alfamart, Mudah Banget Begini Caranya!

Proses penarikan uang melalui Alfamart sebenarnya sangat mudah. Yang terpenting adalah Anda sudah memiliki nomor MTCN sebagai bukti bahwa transfer uang telah dilakukan. Kemudian calon penerima juga perlu membawa identitas diri (KTP).

Setelah itu silahkan kunjungi retail terdekat atau toko Alfamart dan informasikan ke kasir bahwa kamu ingin melakukan penarikan uang. Berikan nomor MTCN dan KTP Anda setelah itu kasir akan mengecek dan memverifikasi. Jika valid, calon penerima akan mendapatkan jumlah sesuai nominal pengiriman dan tidak dikenakan biaya penarikan (gratis).

Pertanyaan Seputar Kirim Uang Lewat Alfamart (Q&A)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan.

Berapa Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biaya yang dibebankan kepada pengirim yaitu sebesar Rp 15.000. Artinya ketika akan kirim uang 500 ribu, kalian harus menyerahkan uang sejumlah 515 ribu ke kasir.

Transfer Uang Lewat Alfamart Minimal Berapa?

Minimal jumlah yang bisa dikirim dari Alfamart atau Alfamidi hanya Rp 10.000.

Berapa Maksimal Kirim Uang Lewat Alfamart?

Jumlah maksimal uang yang bisa dikirim dibatasi maksimal Rp 5.000.000 saja.

Apakah Bisa Kirim Uang Lewat Alfamart Tanpa KTP?

Bisa, kalian bisa menggunakan identitas resmi lainnya seperti SIM dan Paspor.

Akhir Kata

Demikianlah Cara Kirim Uang Lewat Alfamart, Mudah kan? Semoga informasi yang saya berikan pada artikel ini bisa bermanfaat. Dengan cara ini setidaknya buat kalian yang mengalami kendala transfer uang bisa memanfaatkan layanan ini.