Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriah Latin Agar Mudah Di Amalkan


Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriah Latin Agar Mudah Di Amalkan

Kedatangan Tahun Baru Islam yakni 1 Muharram Tahun 1443 Hijriah, merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam. Karena beberapa ibadah dalam Islam menggunakan acuan tahun baru Hijriah, beberapa diantaranya adalah puasa Ramadhan, Haji, Idul Fitri dan Idul Adha. Untuk menyambut pergantian tahun baru islam, Ada doa awal tahun dan akhir tahun hijriah latin yang bisa kamu amalkan.

Di tahun 2021, tahun baru Islam 1443 H jatuh pada 10 Agustus 2021. Sedangkan pada  9 Agustus 2021 umumnya umat Islam harus mulai mempersiapkan diri menyambut tahun baru Islam. Biasanya tradisi di sekitar masyarakat akan mengadakan sholat akhir tahun dan sholat awal tahun baru Islam bersama, serta momen muhasabah atas segala sesuatu yang terjadi selama setahun sebelumnya.

Mungkin selama tahun itu banyak dosa dan berbagai kesalahan yang dilakukan. Dengan membaca sholat akhir tahun dan doa awal tahun baru Islam, setidaknya menjadi harapan agar tahun berikutnya semakin baik, sekaligus harapan agar semua amalan baik yang telah dilakukan selama tahun sebelumnya diterima oleh Allah SWT.

Bahkan sebelum pergantian tahun Islam, Rasulullah Muhammad SAW membacakan doa akhir tahun dan doa awal tahun baru Islam. Melalui doa awal tahun dan akhir tahun hijriah ini, Nabi meminta kepada Allah SWT untuk dimaafkan atas segala kesalahan yang telah terjadi.

Nah berikut ini adalah doa awal tahun dan akhir tahun hijriah latin yang bisa kamu amalkan supaya diberikan keberkahan umur, rezeki dan beribadah.

Doa Akhir Tahun Islam

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriah Latin Agar Mudah Di Amalkan

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubatî, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'atî 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim.

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Doa Awal Tahun Baru Islam

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriah Latin Agar Mudah Di Amalkan

Allahumma antal abadiyyul qad'mul awwal. Wa 'ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.
Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Doa Rasulullah Supaya Kuat Hadapi Masalah Hidup

Untuk mengawali tahun baru Islam tentunya sebagai insan manusia ingin terhindar dari berbagai permasalahan atau mungkin untuk bisa menghadapi permasalahan yang akan dihadapi di masa depan. Sehingga sangat diperlukan sebagai manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Selain doa awal tahun dan akhir tahun hijriah latin di atas, Nabi sendiri telah mengajarkan doa agar selalu diberi kekuatan untuk menghadapi masalah dalam kehidupan. Doa tersebut tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi:

Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Hijriah Latin Agar Mudah Di Amalkan

Allahumma inni 'abduka, ibnu 'abdika, ibnu amatika naashiyatii biyadika, maadhi fiyya khukmuka, 'adlun fiyya qhodhouka, asaluka bikullismi huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltuhu fi kitabika au 'allamtahu akhadam min kholqika, awis taktsarta bihi fi 'ilmil ghoibi 'indaka an taj'alal quraana rabi'a qolbi, wa nura shodri, wajalaa huzni, wa dzahaaba hammi wa ghommi.
Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu. (Juga) anak dari hamba-Mu, anak dari ibu (yang juga) hamba-Mu. Dalam kuasa-Mu diriku. Ketetapan-Mu telah ditetapkan padaku, Takdir-Mu lah yang Maha Adil padaku. Aku bermohon kepada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau namai sendiri diri-Mu dengan nama-nama itu, atau yang Engkau turunkan nama itu di dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang ciptaan-Mu, atau yang Engkau khususkan nama itu (tersimpan) di dalam ilmu yang tidak terlihat; agar Engkau menjadikan Alquran penyubur hati, cahaya hati, pengusir kesedihan, kegundahan dan kesulitan."

Akhir Kata

Semoga dengan mengamalkan doa awal tahun dan akhir tahun hijriah latin di atas, dapat memunculkan semangat dan harapan baru dalam hidup serta mampu menjadi manusia yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT. Semoga dengan bergantinya tahun ini, segala bala' dan penyakit akan dijauhkan oleh Allah SWT.