Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Online

Cara bisnis online yang aman harus lah dipertimbangkan. Memulai bisnis memang tidak mudah. Agar bisnis online berjalan lancar beberapa cara mesti diperhatikan.

Meski terkadang diremehkan, cara berikut bisa membantu bisnis Anda lebih lancar dan sukses. Kakceng.com merangkum cara memulai bisnis online bagi pemula. berikut ulasan lengkapnya.

9 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Sebelum Anda mulai menjalankan bisnis online, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar bisnis yang akan anda jalankan laris dan sukses. berikut 9 langkah yang harus anda ketahui:

1. Dapatkan inspirasi dari teman atau keluarga

Sebelum memulai bisnis online, ada baiknya mencari tahu produk apa yang sedang dicari orang. Boleh yang lagi menjadi trend atau produk yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Anda bisa memulai riset ini saat bertemu teman atau keluarga. Simak apa yang sering mereka katakan tentang produk yang sedang dibahas.

Cari tahu di mana Anda dapat menemukan produk yang banyak dicari ini. Termasuk sourcing supplier yang bisa memberikan harga paling rendah.

Pada tahap awal ini, Anda perlu memahami kebutuhan masyarakat. Ingatlah bahwa produk yang dijual nanti adalah yang dibutuhkan banyak orang. Bukan karena Anda suka dan ingin menjualnya nanti.

2. Tetapkan produk yang akan dijual

Cara memulai bisnis online yang kedua Anda harus menetapkan produk yang akan dijual. Dengan begitu Anda juga dapat mencari informasi secara online dengan mencari kata kunci atau keyword yang banyak diminati untuk produk Anda (Riset keyword). Semakin banyak orang mencari produk tersebut , maka akan semakin banyak membutuhkan.

Tapi ingat, persaingan untuk jualan online tidak akan mudah. Karena pasti banyak juga orang yang berpikiran sama. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik tentang produk yang akan Anda jual untuk menambah penghasilan Anda.

Untuk ini, Anda cukup memilih dua jenis produk. Yang pertama adalah mendapatkan popularitas. Produk kedua merupakan sesuatu yang tahan lama, tak ketinggalan zaman dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Selama harga yang Anda tawarkan cukup bersaing, penjualan Anda pasti akan menarik pembeli.

3. Pilih sistem penjualan

Cara memulai bisnis online bagi pemula ketiga adalah memilih sistem penjualan. Beruntung bagi Anda yang hidup di era digital saat ini. Dunia digital atau online memang memfasilitasi banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk mendapatkan produk untuk kemudian menjualnya kembali dengan keuntungan tambahan.

Salah satu sistem penjualan yang kini banyak digunakan oleh para pebisnis online di awal usahanya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tidak perlu menyimpan stok barang yang dijual. Biarkan pemasok atau penjual utama yang melakukannya.

Anda hanya perlu mencari pembeli, pengiriman barang menjadi urusan distributor. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih distributor yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai Anda menerima banyak komplain akibat kualitas barang yang tidak sesuai dengan apa yang sedang dipromosikan.

4. Bangun Website

Jika Anda memiliki sedikit modal di awal bisnis, Anda tidak boleh memilih sistem dropshipping. Anda dapat memilih untuk menyimpan hingga pengiriman barang sendiri. Hal ini memang dapat menjaga dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai penjual di mata konsumen.

Untuk itu, Anda harus mulai membangun website yang menjadi etalase Anda di dunia online. Website adalah pusat aktivitas bisnis online Anda. Ini juga merupakan tempat penyimpanan data pelanggan yang pasti Anda perlukan suatu hari nanti.

Dengan memiliki website, calon pembeli bisa disuguhkan banyak pilihan produk yang Anda jual. Termasuk mendapatkan informasi lebih detail tentang produk yang diinginkan.

5. Buka jaringan media sosial

Setelah website Anda hidup di dunia maya, kini saatnya untuk menyebarkannya. Betapapun bagus dan kerennya website Anda apabila tidak banyak orang yang tahu maka tidak ada gunanya.

Untungnya, ini adalah era media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial dengan gratis. Media sosial menjadi pilihan utama sebagai sarana promosi saat Anda memulai bisnis online.

Misalnya untuk cara memulai bisnis online di Instagram, Anda harus dengan membuat akun dengan nama toko online atau situs web Anda. Tidak hanya di satu media sosial, tapi juga dalam banyak jenis. Tapi yang biasa dipakai di Indonesia selain menggunakan Instagram saat ini adalah Facebook, Twitter dan YouTube.

Sebaiknya Anda juga memiliki akun pribadi di tiga media sosial utama di Indonesia. Sehingga Anda bisa lebih mudah menyebarkan informasi mengenai produk dan website yang akan menjadi lahan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Sebarkan di Marketplace

Tidak cukup hanya melalui media sosial, Anda juga bisa memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Adanya marketplace selain di marketplace Facebook ada juga marketplace lain seperti bukalapak, tokopedia, atau shopee memang sangat membantu pebisnis online dalam mencari pembeli.

Saat website Anda belum banyak dikenal publik, marketplace adalah alat yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Sekaligus menjadi sarana untuk menyadarkan orang akan keberadaan toko online Anda. Jadi pastikan setiap produk yang Anda pasang di pasaran selalu membuat calon pembeli membuka website Anda.

Pada dasarnya marketplace memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan media sosial. Promosikan produk yang Anda jual tanpa harus keluar dana besar. Untuk kemudian membuat konsumen lebih mengenal toko online Anda. 

7. Cari asisten jika perlu

Ini mungkin sudah menjadi tahap selanjutnya dari bisnis online yang sedang Anda lakukan. Namun tidak ada salahnya jika sudah dipersiapkan sejak dini. Sehingga bisnis Anda bisa tetap berjalan cepat tanpa hambatan.

Asisten akan dibutuhkan ketika bisnis online Anda sudah mulai berjalan, bahkan berjalan. Anda tidak mungkin bisa melupakan semua hal sepele bisnis. Mulai dari mempromosikan barang, menerima pesanan, pengepakan, hingga menerima keluhan pelanggan. Anda harus membutuhkan asisten untuk membantu Anda menyelesaikan semua tugas ini.

Anda bisa mulai mencari asisten dari orang terdekat Anda. Bisa jadi istri, suami, anak, atau kerabat yang memang punya cukup waktu luang untuk membantu. Tentu saja profesionalisme berlaku dalam hal ini. Mereka harus diberi penghargaan atas apa yang telah mereka lakukan untuk membantu Anda.

8. Buat akun baru khusus untuk bisnis

Banyak orang yang memulai bisnis, online atau offline, seringkali mencampurkan penghasilannya dalam satu akun. Inilah yang akan membuat bisnis Anda sulit untuk maju. Karena Anda tidak bisa mengukur seberapa jauh pendapatan yang Anda peroleh dari bisnis online ini.

Maka dari itu, saat memulai bisnis online Anda harus segera membuka rekening tersendiri. Jangan gabungkan dengan akun yang menerima penggajian setiap bulan. Atau Anda akan pusing setiap bulan saat menghitung saldo pendapatan.

9. Komitmen untuk dua pekerjaan Anda

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam memulai bisnis adalah komitmen yang tinggi. Walaupun bisa dibilang sudah banyak menghabiskan waktu di kantor, tetap berkomitmen untuk menghabiskan waktu di bisnis online Anda.

Misalkan Anda memiliki antara 8-9 jam kerja di kantor per hari. Nah, waktu yang Anda berikan untuk berbisnis online ini adalah 3-4 jam sehari. Tapi, pastikan Anda melakukannya secara konsisten setiap hari.

Padahal, waktu libur di akhir pekan masih digunakan untuk menjalankan bisnis online ini. Karena bisnis online berlangsung 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa hari libur.

Akhir kata

Memulai bisnis online membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Karena Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan.

Jangan sampai atasan Anda menegur Anda karena mengabaikan pekerjaan kantor. Jadi, pintar-pintarlah membagi waktu Anda saat memulai bisnis sampingan. 

Dalam memulai bisnis hal yang tak kalah penting saat menjalankan usaha adalah konsiten dan selalu berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, supaya diberikan kelancaran, kemudahan dan kesehatan serta diberikan rizki yang banyak.