Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Zuriat

Manfaat Buah Zuriat
Manfaat Buah Zuriat

Manfaat Buah Zuriat - Buah Zuriat adalah buah asli daerah Afrika Utara dan banyak ditanam di Mesir, Arab Saudi, dan Yaman. Buah ini memiliki rasa dan aroma yang khas seperti roti jahe atau sedikit seperti gula merah.

Di Indonesia, buah zuriat juga dikenal sebagai 'buah keturunan' karena banyak digunakan sebagai terapi kesuburan oleh pasangan menikah yang sedang berjuang untuk mendapatkan bayi.

Buah yang berbentuk seperti kelapa biasanya diolah menjadi minuman tradisional dengan merebus daging buah. Air rebusan buah zuriat  ini dianggap mempunyai manfaat bagi kesehatan. Selain mendidih, buah zuriat juga banyak dijual di toko-toko herbal dalam bentuk suplemen, baik dalam bentuk bubuk maupun dikemas dalam bentuk kapsul.

Kandungan Buah Zuriat

Buah zuriat mengandung beberapa nutrisi penting, antara lain:
  • Serat
  • Karbohidrat kompleks
  • Vitamin B
  • Mineral termasuk kalsium, kalium, magnesium dan fosfor
  • Asam lemak esensial asam linoleat
Selain itu, buah zuriat juga mengandung banyak senyawa aktif dengan sifat anti-oksidan, anti-bakteri, anti-diabetes, tekanan darah dan penurun lipid darah, yaitu kemampuan untuk menurunkan kadar lipid darah.

Manfaat Buah Zuriat

Karena nutrisi yang kaya, buah zuriat dianggap memiliki sifat kesehatan yang baik. Berikut adalah beberapa manfaat buah zuriat untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat buah zuriat terbukti mengurangi kandungan lemak dalam darah. Fitur ini bermanfaat bagi penderita hiperlipidemia dan mereka yang memiliki kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang tinggi.

Karena sifatnya yang mengurangi lemak, diyakini bahwa buah zuriat juga memiliki efek positif pada pasien dengan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah (seperti aterosklerosis dan penyakit jantung koroner).

2. Cegah diabetes dan komplikasinya

Diyakini bahwa manfaat buah zuriat dapat menstabilkan kadar gula darah dan mencegah diabetes. Tidak hanya itu, buah ini juga dipercaya dapat mencegah komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, seperti nefropati diabetik, yang merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh kontrol gula darah yang buruk terhadap pasien diabetes tipe 1 & 2.

3. Manfaat lainnya

Selain itu, manfaat buah zuriat dipercaya efektif menjaga kesehatan hati dan ginjal, mencegah tekanan darah tinggi dan anemia, serta mengatasi hematuria (hematuria).

Namun, harus diingat bahwa berbagai klaim tentang manfaat buah zuriat masih berdasarkan studi skala kecil dan belum dilakukan pada manusia. Karena itu, dosis dan kemanjuran buah ini sebagai pengobatan untuk penyakit masih belum pasti.

Apa Manfaat buah Zuriat untuk Kesuburan?

Sayangnya, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa buah zuriat bisa secara efektif meningkatkan kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan. Kemungkinan penelitian tentang ini hanya menyebutkan bahwa buah zuriat mengandung antioksidan tinggi, yang dapat mencegah bahaya stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas dalam tubuh menumpuk dan menyebabkan kerusakan sel. Kondisi ini mengurangi tingkat kesuburan pria dan wanita. Ini terjadi karena stres oksidatif mempengaruhi kualitas sp*rma, pematangan sel telur, pembuahan, perkembangan embrionik, dan kehamilan.

Di sisi lain, buah zuriat mengandung antioksidan telah terbukti mempunyai manfaat untuk regenerasi sel manusia (termasuk yang ada dalam sistem reproduksi). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan secara tidak langsung meningkatkan peluang kehamilan.

Cara Makan buah zuriat dengan aman

Meskipun karakteristik buah zuriat dalam tubuh manusia masih belum pasti, telah terbukti bahwa buah zuriat memiliki banyak nutrisi yang memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Karena itu, asalkan jumlahnya masuk akal, buah ini tetap bermanfaat bagi Anda.

Anda bisa makan buah zuriat dengan menghaluskan buahnya dan kemudian merendamnya dalam air mendidih selama 8 jam untuk digunakan sebagai minuman. Selain itu, Anda juga bisa makan buah zuriat dengan cara direbus, tapi pastikan untuk tidak mendidihkannya terlalu lama, agar tidak kehilangan nutrisi dalam buah. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah zuriat ini sebagai obat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Penting juga untuk memperhatikan apakah Anda ingin hamil dengan cepat, memperhatikan pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan berhenti dari kebiasaan merokok yang dapat mengganggu proses perencanaan kehamilan, seperti merokok dan minum. Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan hubungan badan setidaknya 3-4 kali seminggu, terutama selama masa subur wanita.

Demikianlah manfaat buah zuriat yang dapat kami sampaikan. apabila ada kekurang mohon untuk dapat  menambahinya dengan menulisnya di kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Manfaat Buah Zuriat"