Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Aligator

Ikan Aligator

Ikan Aligator (ikan spatula) adalah salah satu spesies ikan predator yang paling digemaridan diminati oleh para penggemar ikan predator. Ikan yang memiliki moncong seperti Aligator dibagi menjadi 7 spesies dari 2 genera (Atractosteus dan Lepisosteus). Yang banyak diperdagangkan adalah jenis gar Aligator/spatula dan gar fluoride. Untuk memelihara ikan ini dibutuhkan akuarium yang sangat besar karena ikan ini dapat mencapai ukuran lebih dari 1 meter. Sepertinya kolam ikan predator lebih tepat jika ikan ini besar.

Mengapa ikan aligator dilarang?

Spesies ikan Aligator ini telah dilarang memasuki negara kita melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 41 / PERMEN-KP / 2014 tentang larangan mengimpor spesies ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah Republik Indonesia. Karena jika dilepaskan di sungai atau sungai dapat merusak ekosistem yang ada.

Jenis Jenis Ikan Aligator

Nah. Berikut adalah beberapa macam jenis ikan aligator:

1. Alligator gar(atractosteus spatula)

Alligator gar(atractosteus spatula)

Dari beberapa spesies gar, Alligator Gar (Alligator Spatula) merupakan ikan aligator yang terbesar, ukurannya bisa mencapai 3 meter panjangnya dan mencapai berat 140 kilogram. Gar Alligator jenis ini banyak diperdagangkan. Untuk memelihara ikan ini kita harus menyiapkan akuarium besar atau kolam ikan predator

2. Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

Cuban Gar (atractosteus tristoechus)

Ikan gar jenis ini berasal dari Kuba. Panjang maksimal ikan ini bisa mencapai 2 meter. Di alam liar, ikan Gar Kuba dewasa ini makan ikan dan burung. Suhu ideal untuk ikan Cuban Gar (atractosteus tristoechus)
 ini adalah (18°- 23°C). Ikan Aligator ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dan saat ini dalam penangkaran.

3. Tropical Gar(atractosteus tropicus)

Tropical Gar(atractosteus tropicus)

Gar tropis datang dari perairan dari Meksiko selatan ke Kosta Rika, ikan Aligator ini dapat mencapai panjang hingga 1,25 m di alam liar (walaupun seringkali jauh lebih kecil di penangkaran).> Sekilas gal tropis ini terlihat sangat mirip dengan Longnose Gar di warna dan tanda, tetapi dapat dibedakan dari moncongnya yang lebih pendek dan lebih lebar.

4. Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

Longnose Gar ( lepisosteus osseus )

Longnose gar dapat berasal dari Amerika Utara dan Tengah. Ikan Aligator ini dulunya adalah makanan. Tapi sekarang ikan di Amerika ini adalah favorit pemancing. Sementara di Indonesia, ikan predator ini adalah favorit pengisi akuarium besar / kolam ikan predator.

Mangsa gar longnose ini adalah ikan kecil dan terkadang serangga dan udang. Kematangan seksual untuk ikan jantan adalah antara tiga dan empat tahun, sementara betina berusia enam tahun. Telurnya sangat beracun bagi manusia, tetapi ikan pemangsa lainnya dapat mentolerir racun itu.

Longnose gar mempunyai usia kurang lebih sekitar antara 15-20 tahun walaupun telah dilaporkan bahwa ikan ini mencapai usia 39 tahun. Longnose Gar artinya morfik secara seksual bahwa laki-laki dan perempuan dapat dibedakan secara visual; betina memiliki panjang, berat, dan sirip yang lebih panjang daripada jantan. Longnose gar mencapai panjang rata-rata 0,71-1,2 m dengan panjang maksimum sekitar 1,8 m dan berat maksimum 25 kg.

5. Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Spotted Gar (Lepisosteus oculatus)

Gar Terlihat sangat mirip dan sulit dibedakan dari Gar Florida. Tidak seperti Florida Gar, yang relatif lebih mudah ditemukan, ikan aligator pemangsa rakus ini sulit ditemukan di pasaran.

Usia maksimal untuk gar ini adalah 18 tahun. Jantan akan matang pada usia dua atau tiga tahun, sedangkan betina dewasa pada tiga atau empat tahun. Ikan betina rata-rata lebih besar dan hidup lebih lama daripada jantan. Sedangkan kematangan seksual ikan betina dicapai pada usia 6 tahun.

Meskipun tidak terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, tetapi beberapa negara bagian di Amerika Serikat (South Dakota, Delaware, Pennsylva) telah melaporkan bahwa ikan ini terancam populasinya.

6. Florida Gar (lepisosteus platyrhincus)

Florida Gar (lepisosteus platyrhincus)

Ikan aligator Jenis Gar Florida ini sangat mirip dengan Gar Spotted. Selain Alligator gar / spatula, ikan ini juga banyak tersedia di pasaran. Ikan ini saat dewasa memiliki panjang mulai dari 51,7-132,2 cm dan biasanya memiliki berat 1,36-4,36 kg.

Ikan Aligator pemangsa ini memiliki bintik-bintik hitam yang tidak teratur di bagian atas kepalanya dan seluruh tubuhnya termasuk sirip dubur. Jarak mata kurang dari dua pertiga panjang moncong. Gar Florida ini memiliki warna zaitun-coklat di bagian belakang dan sisi atas, dan putih atau kuning di perut. Ketika ikan ini muda, ia memiliki garis-garis gelap di bagian belakang dan samping

7. Shortnose Gar (lepisosteus platostomus)

Shortnose Gar (lepisosteus platostomus)

Ikan aligator jenis Gar Shortnose berasal dari benua Amerika dan mampu tumbuh hingga ukuran 1 meter. Seperti jenis ikan gar lainnya, makanan ikan predator adalah ikan dan serangga.

Berapa kali sehari memberi makan ikan aligator?

Jenis ikan Gar atau yang sering kita sebut ikan Aligator ini secara alami pemakan ikan hidup. Namun setelah puas, ikan jenis ini juga akan menerima ikan beku/udang. Tapi itu harus dipenuhi sebelum ikan harus diberi ikan hidup pertama sampai ikan itu cukup "gemuk".

Makanan harus diberikan setiap hari jika ikannya kecil sampai mereka remaja; sedangkan kebanyakan ikan dewasa hanya perlu satu atau dua kali seminggu.
Dan ketika memberikan makanan hidup kepada ikan, disarankan untuk mengkarantina ikan hidup sebelum diberikan kepada ikan gar untuk menghindari penyakit atau parasit.

Ikan gar atau ikan Aligator jenis ini tidak boleh makan daging mamalia seperti daging sapi atau jantung ayam karena beberapa lemak dan senyawa organik lainnya yang terkandung dalam daging tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan, yang akan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebihan dan bahkan penurunan fungsi (degenerasi) organ tubuh ikan jika diberi makan dalam jangka panjang.

Post a Comment for "Ikan Aligator"