Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Dokumen melalui HP Android


Cara Scan Dokumen melalui HP Android

Biasanya, untuk mengarsipkan dokumen fisik secara digital, kami akan memindai menggunakan pemindai yang terhubung ke komputer.

Tetapi bagaimana jika Anda menemukan bahwa scan rusak dan tidak dapat digunakan? Di zaman sekarang ini, kita dapat menggunakan pemindaian alternatif atau menggunakan perangkat seluler atau ponsel cerdas untuk memindai dokumen.

Tentu saja, ini menjadi lebih efisien karena Anda tidak perlu membeli pemindai baru atau mencari teman yang memilikinya. Pada smartphone Android saat ini, aplikasi Google Drive telah memasuki sistem operasi default. Ternyata selain menyimpan file di Google cloud, aplikasi juga dapat digunakan untuk scan atau memindai dokumen.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk memindai atau scan dokumen melalui HP dalam langkah-langkah sederhana berikut.

Cara scan dokumen dari HP Android

1. Pertama, buka aplikasi Google Drive di ponsel cerdas Anda
2. Di beranda aplikasi ini, tekan tombol tambah dan tambahkan simbol + di dalam lingkaran
3. Selanjutnya, pilih menu "Pindai" dan Anda akan diarahkan ke aplikasi kamera untuk memindai dokumen
4. Kemudian, tekan tombol rana yang dilingkari untuk menyelesaikan proses pemindaian
5. Jika foto yang diambil baik, Anda dapat menekan tombol centang untuk membuka halaman "Edit"

Cara Scan Dokumen melalui HP Android

6. Pada halaman "Edit", Anda dapat memotong, memutar atau mewarnai dokumen yang dipindai
7. Setelah selesai, Anda dapat langsung menekan tombol "Simpan"
8. Pada halaman "Simpan ke Drive", Anda dapat memberikan judul dokumen, memilih akun Google, dan folder tempat Anda dapat menyimpan dokumen. 

Cara Scan Dokumen melalui HP Android

9. Setelah selesai, tekan tombol simpan
10. Setelah proses selesai, dokumen yang dipindai akan disimpan di Google Drive

Sebagai catatan, dokumen yang dipindai sebelumnya akan dalam format PDF. Selain itu, jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan pribadi atau pekerjaan, Anda juga dapat mengunduhnya langsung dari Google Drive ke laptop atau smartphone Anda.

Tidak hanya smartphone Android, Anda sebenarnya dapat mengunduh dan menginstal Google Drive di iPhone Anda melalui Apple App Store. Setelah menginstal aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama di atas untuk memindai dokumen langsung di perangkat Apple Anda.

Anda dapat mengatakan bahwa scan dokumen dari HP Android sangat berguna dalam situasi darurat atau situasi penting yang memerlukan waktu cepat. Namun, jika Anda tetap menginginkan hasil pemindaian dokumen terbaik, Anda harus tetap menggunakan pemindai resolusi tinggi.

Post a Comment for "Cara Scan Dokumen melalui HP Android"