Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menghasilkan Uang dari Google

Cara Menghasilkan Uang dari Google
cara mendapatkan uang dari google

Menghasilkan uang dari Internet bukan scam atau omong kosong belaka. Beberapa waktu lalu, kami telah membahas cara mendapatkan uang dari Internet. Beberapa topik yang dibahas termasuk dropshipping, blogging, freelancer dan lain-lain. Tapi kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara menghasilkan uang dari Google.

7 Cara menghasilkan uang dari Google

Google jelas menawarkan berbagai opsi monetisasi. Pada artikel ini, kita akan membahas tujuh cara menghasilkan uang dari Google. Jangan berhenti di sini, kami juga akan membahas kelebihan dan kekurangan dengan berbagai cara. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan metode monetisasi mana yang terbaik untuk Anda. 
google adsense
Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense

1. Google AdSense

Google AdSense adalah salah satu layanan Google Ads. Layanan ini menggunakan ruang di situs web Anda untuk menampilkan iklan. Penyedia iklan akan menawar untuk ruang ini.

Penyedia iklan dengan tawaran tertinggi akan mendapatkan ruang situs web. Nantinya, Anda akan membayar Anda berdasarkan jumlah orang yang melihat dan mengklik iklan tersebut.

Inilah sebabnya mengapa banyak bentuk iklan ditampilkan. Dari teks, gambar, video ke media interaktif. Semua varian iklan ini dirancang dengan cermat sehingga dapat ditargetkan untuk pemirsa yang tepat.

Pada saat yang sama, perubahan dalam iklan juga meningkatkan interaksi antara audiens dan iklan. Dengan cara ini, semakin besar penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Semua iklan yang ditampilkan di situs web akan menyesuaikan audiens dan segmen pasar situs web. Karenanya, Anda tidak perlu khawatir tentang iklan aneh atau iklan dewasa di situs web Anda.

Meskipun Anda tidak perlu memilih iklan mana yang akan ditampilkan, Anda masih dapat dengan bebas mengedit format dan desain iklan. Jika Anda tidak menyukai iklan ini, Anda dapat menghapusnya dari situs.

Nah, cara menghasilkan uang dari Google AdSense sebenarnya sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir di situs web Google AdSense. Alamat situs web dan informasi kontak email akan muncul di kolom. 

Kelebihan Google AdSense:
  • Anda dapat menghasilkan uang dengan mengklik iklan pengunjung.
  • Iklan dengan harga tertinggi akan ditampilkan.
  • Anda dapat memilih bagaimana iklan yang akan ditampilkan ditampilkan.
  • Tampilkan iklan responsif di berbagai gadget dan layar.
  • Ada informasi statistik untuk mengevaluasi efektivitas periklanan.
Kelemahan Google AdSense:
  • Anda harus memiliki banyak traffic untuk mendapatkan penghasilan yang besar.
  • Ketika Anda kehilangan iklan atau traffic, pendapatan otomatis akan berhenti.
  • Ketika Anda secara tidak sengaja mengklik iklan, Google dapat dengan mudah menghukum Anda.
  • Kemudian Google akan meninjau situs yang Anda miliki. Selama Anda memenuhi semua persyaratan, kabar baik akan menunggu Anda dalam waktu seminggu.

2. Google Ads

google ads
cara menghasilkan uang dari Google Ads
Cara menghasilkan uang dari Google Ads sangat berbeda dari metode yang dijelaskan sebelumnya. Dengan Google Ads, Anda tidak akan benar-benar menerima penghasilan langsung.

Namun, layanan Google ini siap memperluas peluang untuk mendapat untung dari bisnis Anda. Tentu saja, ini merupakan pilihan yang menarik bagi pebisnis yang menginginkan lebih banyak eksposur bisnis.

Tetapi bagaimana cara kerjanya? Google Ads memberi Anda opsi untuk menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian populer. Ini tentu saja sangat menguntungkan.

Sistem tidak perlu membuat gambar online dari awal, tetapi dapat menyederhanakan langkah Anda untuk membangun reputasi online. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang iklan pencarian di tutorial AdWords.

Selain opsi hasil pencarian, Google Ads juga menyediakan berbagai bentuk iklan dan media iklan. Misalnya, promosi melalui iklan bergambar, penyisipan klip di video YouTube, dan bentuk iklan lainnya di aplikasi.

Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli semua "buku panduan cetak", tetapi hanya sejumlah manual yang diminta oleh pelanggan potensial.

Kelebihan dari Google Ads:
  • Promosikan pengembangan bisnis dengan mudah dan efektif.
  • Gunakan sistem PPC, sehingga Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah orang yang mengklik situs web komersial yang Anda miliki.
  • Fungsi lengkap untuk mengelola iklan di satu tempat.
  • Dilengkapi dengan berbagai sumber daya dan informasi untuk mendukung kampanye yang dibuat.
Kelemahan Google Ads:
  • Tidak cocok untuk orang tanpa bisnis pribadi.
  • Untuk dapat menggunakan Google Ads, Anda harus menginvestasikan uang terlebih dahulu.
  • Anda hanya perlu membayar beberapa klik pada iklan. Istilah lainnya, Google Ads menerapkan sistem bayar per klik atau PPC. Anda mungkin membayangkan bahwa sistem periklanan Google Ads seperti iklan selebaran pinggir jalan - tetapi itu online

3. Traffic organik Google

Optimisasi mesin pencari atau SEO dikenal sebagai cara untuk mendapatkan traffic organik ke situs web. Pemilik dan blogger situs web sering menggunakan metode ini untuk menempatkan situs web mereka di halaman pertama hasil pencarian Google.

Oleh karena itu, SEO tidak dianggap sebagai metode monetisasi, tetapi hanya sebagai cara mendukung akses situs web ke pengguna Internet.

Tapi tolong jangan membuat kesalahan. Sejumlah besar statistik tentang SEO dan traffic organik menunjukkan potensi kelebihan yang luar biasa. Menurut "Search Engine Journal", situs web nomor satu mengontrol 91,5% traffic organik.

Tidak hanya itu, efek pencarian alami adalah 6 kali lebih tinggi daripada pencarian berbayar. Data ini tidak diragukan lagi menjadikan pakar SEO bagian penting dari bisnis online.

Karena itu, Anda dapat memanfaatkan keterampilan SEO yang harus menghasilkan uang. Setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan keterampilan untuk mendapatkan penghasilan Anda sendiri. Kedua, berikan keterampilan ini kepada orang lain.

Untuk metode pertama, Anda dapat membuat banyak situs web dengan berbagai segmen pasar. Anda kemudian dapat mengoptimalkannya dan menginstal AdSense di situs web Anda. Dari sana, Anda dapat menghasilkan uang dari Google.

Bahkan jika Anda bosan, situs web yang dibuat dapat dijual online. Kemudian, melalui metode kedua, Anda dapat membuka layanan konsultasi SEO atau bekerja sebagai pakar SEO di suatu agensi.

Kelebihan Google Organic:
  • Permintaan untuk fitur optimasi SEO tinggi, dan biaya tinggi dapat dibayar.
  • Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan banyak manfaat.
  • Peluang kelebihan dari keterampilan SEO sangat bervariasi. Misalnya, layanan konsultasi, membalik, monetisasi situs web, toko online, dll
Kelemahan Google Organic:
  • Butuh waktu lama untuk menguasai SEO.
  • Algoritma SEO Google selalu berubah-Anda harus terus memperbarui untuk mendapatkan berita terbaru.

4. YouTube

YouTube
Cara mendapatkan uang dari youtube
Tentu saja Anda terbiasa dengan YouTube. Seluruh orang Indonesia sangat membutuhkan platform ini. Tidak hanya di kalangan remaja usia sekolah yang tertarik. 

Orang di bawah lima tahun hingga awal usia sekolah, bahkan orang tua mulai mencari hiburan di YouTube. 

Dalam tren ini, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mendapat keuntungan dari YouTube. bagaimana itu? Tentu saja, Anda dapat membuat konten berbasis video di platform ini.

Anda hanya perlu menentukan audiens target yang ingin Anda targetkan. Maka Anda dapat menganggap serius konten di segmen itu.

Meskipun Anda dapat mengatakan bahwa ini rumit, membuat konten YouTube dapat membuka peluang untuk banyak hal. Ya, pada awalnya, Anda perlu membuat konsep, menulis skrip, merekam video dan suara, dan mengeditnya sehingga video akhirnya dapat diunggah dan dinikmati oleh penonton.

Tapi tolong santai. Semua keributan akan menghasilkan buah-buahan manis. Melalui konten YouTube, Anda dapat membuka berbagai peluang untuk menghasilkan uang.

Misalnya, Anda dapat mendaftar untuk YouTube AdSense, bergabung dengan program keanggotaan, bekerja dengan merek, menjadi pembicara atau bahkan seorang artis. Misalnya, Ria Ricis, Bayu Skak, Tasya Farasya atau Suhay Salim, semuanya berhasil melalui YouTube.

Kelebihan YouTube:
  • Peluang kelebihan yang sangat fleksibel: AdSense, program keanggotaan, kerjasama dengan merek, menjadi duta besar, menjadi pembicara acara.
  • Peluang untuk terhubung dengan banyak pembuat konten.
  • Paparan yang lebih luas dan dampak pada audiens.
Kelemahan YouTube:
  • Dibutuhkan banyak uang (waktu dan teknologi) untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.
  • Butuh waktu lama untuk membangun audiens yang loyal.
  • Persaingan untuk pembuat konten YouTube menjadi semakin sengit - sulit bagi pembuat konten baru untuk bersaing dengan YouTuber yang ada

5. Google Bisnisku / Google My Business

Untuk bisnis, posisinya dalam hasil pencarian Google menjadi semakin penting. Ini karena semakin banyak pengguna internet mengandalkan Google untuk mencari restoran, kedai kopi, bengkel, toko bunga, dan banyak bisnis lainnya.

Anda bahkan dapat mengatakan bahwa ketika Anda tidak dapat menemukan perusahaan Anda di Google-perusahaan Anda tidak ada atau mungkin ditutup. Anda tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena Anda tidak di Google, bukan? Ya, tentu saja tidak, untungnya Google juga mengetahui hal ini.

Dengan "Google Bisnisku" atau " Google My Business", Anda dapat membuat profil perusahaan yang sedang berjalan. Anda dapat menambahkan deskripsi lengkap tentang masalah bisnis.

Mulailah dengan nama bisnis, jam kerja, pembaruan menu (jika ada), media sosial dan situs web, foto, dan ulasan. Semua informasi ini akan ditampilkan di sisi kanan hasil pencarian dalam bentuk potongan kode Google yang menarik.

Ini tidak semua layanan yang disediakan oleh Google Bisnisku. Untuk meningkatkan visibilitas dan reputasi bisnis, Google juga menyediakan situs web bisnis sederhana untuk Anda.

Anda dapat menampilkan semua informasi tentang bisnis Anda di situs web yang rapi. Dengan cara ini, bisnis tidak akan terlihat seperti bisnis yang aneh, juga tidak akan terlihat seperti kebanyakan bisnis lainnya.

Cara menghasilkan uang dari "Google Bisnisku" tidak langsung bekerja. Anda mungkin tidak menghasilkan uang menggunakan platform ini.

Tetapi setidaknya, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipercaya oleh pelanggan potensial. Untuk memaksimalkan pengaruh online Anda, silakan baca 10 tips untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan. 

Kelebihan Google Bisnisku:
  • Sangat mudah digunakan dan mudah mengelola penampilan.
  • Dukung bisnis online Anda.
  • Ada fitur situs web gratis dan wawasan lengkap yang tersedia untuk mempromosikan bisnis Anda.
  • Jauh lebih praktis daripada harus membangun reputasi untuk lalu lintas organik
Kelemahan Google Bisnisku:
  • Pengusaha kecil mungkin berpikir bahwa fungsi yang sangat lengkap agak rumit.
  • Jika informasi yang disampaikan tidak benar, reputasi perusahaan dapat memburuk.
  • Anda perlu menanggapi komentar atau pertanyaan pelanggan.

6. Google Play Store

Google Play Store
Cara mendapatkan Uang dari Google Play
Cara menghasilkan uang melalui Google Play hanya melalui aplikasi. Melihat tren saat ini, masih ada peluang besar untuk membuat aplikasi dan mendapatkan penghasilan dari Google Play Store. Karena alasan ini, jika Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi dan alat pengembangan, Anda tidak boleh melewatkan metode ini. 

Ada beberapa opsi yang tersedia untuk menghasilkan uang melalui Google Play. Pertama, melalui aplikasi penjualan. Metode ini adalah cara termudah untuk menghasilkan uang.

Meskipun dalam prosesnya, Anda masih perlu merancang aplikasi dengan fungsionalitas lengkap dan penampilan yang halus sehingga pengguna ingin mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi yang Anda buat.

Kedua, pembelian dalam aplikasi. Seperti dijelaskan dalam metode pertama, program tidak akan didanai melalui penjualan langsung. Pengguna aplikasi masih dapat mengakses dan menggunakan aplikasi yang dibuat secara gratis. Namun, Anda dapat menjual berbagai fitur atau elemen lain, seperti permata, karakter, pakaian, dll.

Ketiga, iklan dalam aplikasi. Program ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi secara bebas. Tetapi untuk mendapatkan bonus atau fitur lainnya, pengguna harus rela menonton iklan atau berbagi layar dengan spanduk iklan.

Keempat, pengguna perlu membayar untuk menggunakan langganan aplikasi selama periode waktu tertentu. Tempat terakhir atau kelima adalah sponsorship, yaitu aplikasi didanai oleh pihak ketiga.

Kelebihan Google Playstore:
  • Ada banyak program monetisasi untuk aplikasi di Google Play: penjualan langsung, pembelian dalam aplikasi, iklan dalam aplikasi, langganan, dan sponsor.
  • Pesaing yang menguntungkan di Google Playstore masih kalah dengan platform Google lainnya.
Kelemahan Google Playstore:
  • Ini sangat terbatas untuk pengembang atau mereka yang memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi.
  • Butuh waktu lama untuk mengembangkan aplikasi.
  • Butuh waktu dan uang untuk mempromosikan aplikasi untuk menarik audiens

7. Google Maps

Bahkan, metode ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai metode menghasilkan uang melalui Google. Meski begitu, insentif yang ditawarkan Google masih menarik bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda termasuk orang yang gemar bepergian.

Google Maps membuka peluang bagi semua pengguna Google untuk mengembangkan platform penentuan posisi geografis mereka. Kontribusi ini dicapai dengan mengisi konten untuk peta itu sendiri.

Misalnya, periksa lokasi, evaluasi lokasi, tambahkan foto lokasi, jawab pertanyaan tentang lokasi, dan ubah informasi yang salah tentang lokasi.

Selain menyelesaikan konten tentang lokasi, Anda juga dapat menambahkan deskripsi lokasi baru di peta. Juga menambahkan informasi tentang makanan (jika lokasi yang dimaksud adalah restoran). Jangan lupa, Anda juga dapat memeriksa kebenaran tentang suatu lokasi.

Dari masing-masing kontribusi di atas, Anda akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Misalnya, Anda bisa mendapatkan skor foto yang lebih tinggi daripada memeriksa fakta lokasi.

Di masa depan, Anda bisa mendapatkan berbagai hadiah berdasarkan poin yang dikumpulkan. Biasanya memberikan beberapa langkah preferensial, seperti kupon hotel, diskon tiket, hingga 1TB kapasitas Google Drive tambahan, dan kesempatan untuk mencoba fitur terbaru Google.

Kelebihan Google Maps:
  • Cara mudah untuk mencoba fitur baru dan mendapatkan insentif dari Google.
  • Ini bekerja seperti permainan, dan Anda bisa mendapatkan poin untuk setiap sasaran atau aktivitas yang ditetapkan.
  • Ada banyak cara untuk mendapatkan poin.
  • Poin yang diperoleh tidak akan disita (kecuali ada penipuan atau pelanggaran).
Kelemahan Google Maps:
  • Insentif yang diberikan bukan uang.
  • Jika Anda tidak membuat komentar positif di Google Maps, hadiah yang diberikan akan berhenti.

Siap menarik uang dari Google?

Selamat! Sekarang Anda tahu bahwa Anda dapat menggunakan setiap layanan Google. Untuk memudahkan Anda mengingat penjelasan di atas, kami menyertakan poin-poin berikut untuk diperhatikan:
  • Google AdSense - Anda memerlukan situs web dengan nama domain dan hosting dan konten lengkap untuk mulai menghasilkan uang dari AdSense;
  • Google Ads - sangat strategis bagi pemilik bisnis yang ingin beriklan secara efektif;
  • Google Organic Traffic-Anda harus mengoptimalkan situs web Anda untuk menjadikannya peringkat pertama;
  • YouTube - You perlu membuat konten dengan efek visual sederhana, konten menarik, dan membangun audiens yang loyal;
  • Google Bisnisku / Google My Business - solusi untuk menarik perhatian online perusahaan;
  • Play Store - metode kelebihan terbaik untuk pengembang aplikasi dan game;
  • Google Maps-cara yang menarik untuk mendapatkan berbagai kupon diskon dan fitur gratis dari Google.
Inilah cara menghasilkan uang dari Google. Semoga Anda menemukan satu, dua atau lebih cara yang sesuai untuk menambah uang.

Post a Comment for "7 Cara Menghasilkan Uang dari Google"