Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Sendiri Dirumah, Mudah Banget Koq!

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah sendiri dirumah bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menghilangkan pori-pori besar, tetapi enggan menghabiskan banyak uang untuk perawatan kulit yang menggunakan peralatan canggih.

Pori-pori besar dapat dipicu oleh beberapa faktor, termasuk produksi minyak berlebih pada wajah, penurunan elastisitas kulit,. Sekarang, dengan mengatasi pemicu ini, pori-pori besar dapat diatasi.

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah

Ini adalah cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah, dan Anda dapat dengan mudah melakukan sendiri di rumah:

1. Bersihkan wajah Anda secara teratur

Cara alami untuk mengurangi pori-pori wajah adalah membersihkan wajah secara teratur dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Saat membersihkan wajah Anda, pastikan sabun pembersih yang digunakan sesuai dengan jenis kulit Anda dan tidak menyebabkan jerawat.

2. Gunakan pelembab

Untuk membantu mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar, pastikan kulit wajah tetap lembab. Karena itu, pastikan menggunakan pelembab wajah setelah membersihkan wajah Anda.

Pelembab wajah yang digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya, jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus memilih pelembab berbahan dasar air yang ringan.

3. Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Jika kulit terkena sinar matahari terlalu banyak, elastisitas kulit akan berkurang dan pori-pori akan mengembang.

4. Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi Wajah adalah cara alami untuk mengecilkan pori-pori yang sering tertinggal. Bahkan, metode ini dapat secara efektif menghilangkan penyumbatan di pori-pori yang membuatnya lebih besar.

Lakukan Eksfoliasi Wajah secara teratur setidaknya 1-2 kali seminggu. Anda bisa membuat bahan alami sendiri di rumah untuk pengelupasan kulit. Tapi ingat, mengupas bisa mengeringkan kulit, jadi Anda harus segera menggunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Gunakan Masker tanah liat

Masker tanah liat membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga membantu mengurangi pori-pori wajah. Dianjurkan agar Anda menggunakannya 1-2 kali seminggu.

Namun, jangan gunakan masker tanah liat dengan Eksfoliasi Wajah secara bersamaan, karena kombinasi keduanya dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika kulit sensitif.

6. Makan makanan sehat

Perawatan luar tidak cukup untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Anda juga perlu menjaga keseimbangan dari dalam ke luar, yang berarti makan makanan sehat.

Makanan yang kaya akan lemak dan minyak yang tidak sehat harus dibatasi karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pori-pori wajah membesar. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengecilkan pori-pori.

7. Konsumsi air yang cukup

Pastikan juga Anda mengonsumsi cukup air, minimal 2 liter per hari. Mengkonsumsi air yang cukup tidak hanya bisa membuat kulit basah dari dalam, tetapi juga menghilangkan racun dan kotoran di pori-pori, sehingga membuat kulit terlihat lebih kecil.

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah itu mudah. Namun, wajah tanpa pori-pori besar tidak dapat diperoleh hanya dengan perawatan sesekali. Butuh setidaknya 3 bulan untuk melihat hasilnya. Karena itu, metode ini harus diterapkan secara disiplin.

Jika Anda telah menyelesaikan cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah, tetapi belum menunjukkan hasil yang memuaskan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk perawatan yang benar.