Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Xubuntu?


Apa itu Xubuntu?
Apa itu xubuntu
Xubuntu adalah komunitas yang mengelola distribusi Linux Ubuntu. Xubuntu awalnya dirilis pada Juni 2006. Fokus pengembangan Xubuntu adalah "integrasi, kegunaan dan kinerja". Menggunakan xubuntu, ia akan mengkonsumsi lebih sedikit sumber daya sistem, menekan lebih banyak sistem baru, dan membawa vitalitas baru ke komputer yang menggunakan lebih sedikit, lebih lama, lebih lambat atau sumber daya terbatas.

Xubuntu adalah distribusi resmi berbasis Ubuntu yang menggunakan sistem grafis Xfce. Xubuntu dirancang untuk komputer yang kurang kuat atau untuk pengguna yang membutuhkan sistem grafis yang kuat pada komputer berkinerja tinggi.

XFCE adalah lingkungan desktop sumber bebas dan terbuka untuk sistem operasi yang kompatibel dengan UNIX. Dengan demikian, ini berjalan di Linux, BSD, Solaris, platform AIX, dan lainnya. Xfce didasarkan seperti GNOME, pada GTK toolkit dan untuk membuat desktop dan menu, dan Xfwm sebagai window manager. Xfce dikenal karena kesederhanaannya dan konsumsi sumber daya yang rendah ketika menawarkan kustomisasi menu lengkap, sehingga tersedia dengan distribusi minimum berdasarkan komputer yang lebih tua atau untuk pengguna listrik Xubuntu dengan mesin berkinerja tinggi.

Apa itu Xubuntu?

pengertian xubuntu

Aplikasi

Xubuntu hadir dengan Firefox, Abiword, GIMP, Gnumeric, dan spreadsheet, dan Parole dapat memutar audio dan video. Itu juga dilengkapi dengan IRC, aplikasi email, klien IM.

Xubuntu mencakup Pusat Perangkat Lunak Ubuntu, yang merupakan alat grafis yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengunduh dari gudang perangkat lunak Ubuntu.

Ini menggunakan alat pengemasan Debian (apt) canggih untuk pengemasan dan manajemen ketergantungan.

Persyaratan sistem minimum

Menjalankan Xubuntu dari hard drive membutuhkan RAM 256MB, 512MB sangat disarankan. Diperlukan setidaknya 2 GB ruang pada hard drive.

Xubuntu juga dapat dijalankan dari CD-ROM bootable atau USB thumb drive. Mem-boot Xubuntu dari disk yang dapat dilepas dapat dicoba tanpa memodifikasi hard disk atau tanpa hard disk yang tersedia.

Windows dual boot

Seperti kebanyakan versi Ubuntu, Xubuntu dapat diinstal dengan installer Wubi, menjadikannya mudah untuk melakukan dual-boot dengan Microsoft Windows. Wubi adalah aplikasi Windows yang mengunduh Xubuntu, mempartisi hard drive, menginstal Xubuntu, dan mengkonfigurasi bootloader dengan proses yang sederhana. Setelah mem-boot komputer, Anda dapat memilih untuk mem-boot pengguna ke Windows atau Xubuntu.

Performa

Dalam pengujian, Xubuntu berjalan lebih cepat dari Ubuntu, tetapi lebih lambat dari Lubuntu, yang merupakan varian Ubuntu yang sangat ringan menggunakan LXDE.