Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Mudah Diterapkan

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Mudah Diterapkan- Saat berkeinginan membuka laptop guna bekerja atau menggarap tugas-tugas, biasanya laptop yang akan anda gunakan lumayan kotor dan berdebu. Bagi beberapa orang, urusan itu membuat tidak nyaman. Maka dari tersebut kamu butuh membersihkannya, utamanya bagian layar laptop.

Mouse, keyboard, dan internal komputer ingin dirawat secara relatif teratur. Tetapi layar laptop sering tidak dipedulikan hingga debu menumpuk dan bahkan menempel sejumlah kotoran lainnya. Walaupun tidak bakal menyebabkan kehancuran jangka panjang, namun kotoran atau debu pada layar laptop dapat sangat mengganggu saat menggarap sesuatu.

Membersihkan layar laptop sebetulnya tidak sulit. Tetapi andai tidak dilaksanakan dengan benar, maka bisa berpotensi merusak kinerjanya. Maka dari tersebut sangat urgen untuk memahami metode pembersihan apa saja yang diperlukan layar laptopmu dan perangkat apa yang bisa kamu pakai untuk membersihkannya. Berikut ialah beberapa teknik membersihkan layar laptop dengan mudah.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Sebelum mulai membersihkan layar laptop, pastikan anda sudah melakukan pembelian alat dan bahan yang dibutuhkan. Karena guna benar-benar menciptakan layar laptopmu bersih, anda membutuhkan perangkat dan bahan khusus. Sebenarnya anda tidak butuh membeli tidak sedikit barang, anda hanya perlu semprotan pembersih laptop dan kain microfiber.

Jika anda kesulitan menggali kedua barang tersebut, tidak boleh khawatir sebab kamu pun dapat membersihkan layar laptop dengan produk yang terdapat di rumah. Mulailah menciptakan pembersih sendiri dengan memakai cuka putih, alkohol, dan air.

Sebaiknya tidak boleh menggunakan tisu apapun. Sebagai gantinya, pilihlah kaos katun atau saputangan. Di samping itu pilihan yang aman lainnya ialah handuk kecil.

2. Matikan Laptop
Hal urgen yang mesti anda perhatikan sebelum memoles laptopmu ialah mematikannya. Pastikan laptop anda sudah dimatikan, cabut adaptor daya dan baterainya. Karena andai kamu membersihkannya sembari digunakan, urusan tersebut dapat menyebabkan kehancuran permanen. Jadi agar aman, matikan laptop anda dan tidak boleh hanya dipindahkan ke mode Sleep.

Di samping itu, andai layar laptopmu dimurnikan dalam suasana hidup, bisa jadi terjadinya masalah pada piksel dapat terjadi. Oleh sebab itu, matikan laptop supaya pekerjaanmu menjadi lebih mudah.

3. Gunakan Kain Microfiber guna Debu yang Ringan
Jenis kain yang sering dipakai untuk membersihkan lensa kacamata dan kamera ini adalahkain yang paling lembut dan tidak bakal menggores layar laptopmu. Walaupun bahan kain lainnya dapat membersihkan juga, namun serat mikro ialah pilihan terbaik guna layar laptop.

Hal tersebut karena kain microfiber memang dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa merusak permukaan. Cara menggunakannya paling mudah, yakni usapkan dan tekan layar dengan lembut, bersihkan dalam satu arah.

Jangan menggosok dan mengusapnya secara melingkar sebab dapat menyebabkan kehancuran pada layar laptop. Di samping itu, tidak boleh menekan terlampau keras sebab dapat merusak layar. Kemudian lanjutkan dengan menyeka layar sampai bebas debu.

4. Gunakan Spons guna Debu yang Berat
Mungkin anda mempunyai laptop yang jarang digunakan dan tiba-tiba terkenang untuk membersihkannya. Tentunya laptop yang didiamkan dalam masa-masa lama bakal mengumpulkan tidak sedikit debu.

Membersihkan layar laptop dengan debu yang berat memerlukan sesuatu yang tidak banyak lebih ampuh daripada microfiber yang tipis. Untuk permasalahan seperti ini, usahakan kamu pakai spons yang masih baru, bersih, dan basah. Gunakan air mengalir kemudian peras spons supaya lembab.

Kemudian belai layar dengan lembut dan biarkan mengering sebelum dipakai lagi. Gunakan microfiber guna mengelap saldo nodanya. Sebelum menggunakannya, tunggu layar sampai benar-benar kering.

5. Gunakan Penyemprot guna Minyak dan Sesuatu yang Lengket
Jika anda menemukan noda minyak dan sidik jari, urusan tersebut dapat cukup susah untuk dihilangkan. Jika memakai kain microfiber dan spons basah tidak dapat membersihkan noda tersebut, maka kamu dapat menggunakan larutan pembersih botolan atau membuatnya sendiri.

Kamu dapat membeli semprotan pembersih layar di toko. Namun, bila berkeinginan membuatnya sendiri, anda memerlukan gabungan air dan cuka putih. Sebagai alternatif, pakai air yang sama dan alkohol dengan persentase yang cukup. Produk-produk ini dapat dipakai untuk membersihkan layar laptop tanpa merusaknya.

Untuk menggunakannya, kesatu-tama aplikasikan larutan ke kain mikrofiber. Pastikan kainnya menjadi lembap, tapi tidak boleh terlalu basah. Selanjutnya pakai kain microfiber itu untuk menggosok layar laptop, belai dengan lembut di atas lokasi yang kotor.

Ulangi seperlunya dan biarkan mengering sebelum melakukannya lagi. Perlu dikenang bahwa anda harus menghindari pemakaian segala jenis cairan pembersih kaca. Kamu pun tidak boleh menyemprotkan sesuatu secara langsung pada layar laptop. Tunggu layar sampai benar-benar kering sebelum siap menggunakannya.

6. Gunakan Cara yang Berbeda guna Laptop Touchscreen
Jika anda mempunyai laptop dengan layar touchscreen, anda memerlukan teknik pembersihan yang sedikit bertolak belakang dari laptop biasa. Itu sebab perangkat ini unik lebih tidak sedikit minyak dan debu daripada layar laptop biasa. Layar laptop touchscreen dimurnikan dengan teknik yang sama laksana tablet dan smartphone.

Setelah perlengkapan dimatikan, kamu dapat membersihkannya memakai kain microfiber. Usap layar dengan lembut secara horizontal atau vertikal dalam satu arah secara berulang. Misalnya, mulai dari segi kiri layar dan belai lurus ke sisi kanan layar. Selanjutnya, gerakkan kain tidak banyak lebih rendah dan ulangi proses ini untuk membersihkan seluruh layar.

Jika perlu, pakai sedikit air tanpa sabun untuk menciptakan sudut kain agak lembab. Gunakan bagian  kain yang lembab untuk membersihkan layar dengan teknik yang sama. Lalu bersihkan layar dengan bagian  kain mikrofiber yang kering dari guna mengeringkannya. Lalu biarkan saldo air di layar mengering sendiri. Jangan terlampau keras ketika mengeringkannya dengan kain.

7. Gunakan Udara Terkompresi
Jika layar laptop kamu melulu terkena debu yang ringan, pertimbangkan guna membersihkannya memakai produk udara terkompresi. Ini ialah udara yang ditabung di bawah desakan yang lebih banyak dari desakan atmosfer.

Produk ini seringkali digunakan guna alat-alat listrik, laksana palu udara, bor, kunci pas dan lainnya. Jadi, daripada anda repot memakai larutan pembersih, spons, dan kain, kamu dapat menggunakan benda ini. Tapi ingat, tidak boleh menempelkan nozzle ke segel atau lokasi pemisah, sebab tekanannya bisa membahayakan.

8. Gunakan Cara yang Berbeda guna Laptop Model Lama
Jika anda masih mempunyai komputer atau laptop model lama yang mempunyai monitor Cathode Ray Tube (CRT), anda dapat membersihkannya dengan teknik yang bertolak belakang dari laptop biasa. Caranya pakai kain microfiber dan cairan pembersih layar. Bahkan anda juga dapat menggunakan pembersih kaca guna laptop dengan jenis layar ini.

Mulailah mengelap dengan kain dan cairan pembersih sembari memblokir kasing yang berdebu. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih layar ke kain microfiber, belai layar dengan garis lurus. Jika kainnya mengering, kamu dapat menyemprotkan lagi tidak banyak cairan pembersih.

9. Gunakan Penghisap Debu Portable
Kamu juga dapat menggunakan penghisap debu portable guna menyedot kotoran, debu, atau rambut di dekat layar laptopmu. Namun, jangan pakai penghisap debu yang dicolokkan langsung ke sumber daya sebab dapat menciptakan tidak sedikit listrik statis yang bisa merusak laptop kamu. Maka dari itu, pakai penghisap debu portable agar aman.

Caranya pun nyaris sama dengan cara-cara sebelumnya. Matikan laptopmu terlebih dahulu, kemudian langsung dekatkan penghisap debu portable ke layar laptop dan bersihkan sampai debu benar-benar menghilang.

10. Gunakan Kain Katun Penyeka
Kamu juga dapat menggunakan kain katun penyeka yang sudah diairi dengan alkohol atau air. Benda ini ialah alat yang paling bagus guna menyeka debu di layar laptopmu. Caranya basahi tidak banyak kain katun penyeka dengan alkohol dan gosokkan secara perlahan ke layar laptop.

Kemudian belai berulang-ulang sampai debunya benar-benar hilang. Pastikan kain katun penyeka yang kamu pakai itu dalam suasana lembab dan tidak basah.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan layar laptop yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.