Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Perkembangan Psikologi Anak dari Bayi Hingga Dewasa




Tahapan Perkembangan Psikologi Anak dari Bayi Hingga Dewasa- Apakah Anda pernah merasa bingung tentang peran yang harus dijalankan sebagai orangtua? Ingin, sih, anak tumbuh menjadi baik dan diterima oleh semua lapisan masyarakat, tapi kadang-kadang bingung apa yang harus dilakukan untuk mengatasi tantangan dunia luar. Tenang, ada delapan tahapan psikososial (hubungan antara kondisi sosial dengan psikologis) dari Erik Erikson yang siap untuk menjadi pengenalan orang tua untuk bertindak.
Sebelumnya, Erik Erikson adalah Jerman psikoanalitik. Berbeda dengan karakter psikoanalitik terkenal, Sigmund Freud, menurut Erikson benar-benar terjadi pembangunan manusia seumur hidup, sehingga bimbingan dan dukungan dari orang tua diperlukan untuk membentuk anak menjadi orang yang baik.

Perkembangan psikologi anak dari tahun ke tahun

Rasa percaya vs tidak percaya (trust vs mistrust)

Tahap ini merupakan tahap awal dari setiap manusia, mulai pada tahun pertama bayi. Pada tahap ini, anak-anak akan sangat tergantung pada ibu, ayah, nenek, atau baby-sitter, jadi kita perlu cukup kasih sayang bahwa anak-anak belajar bahwa dunia mereka akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk hidup. Orang tua harus memberikan perhatian yang cukup kepada anak, dan terus menerapkan yang baik dan penuh kasih.

Jika anak tidak mendapatkan cukup kasih sayang, bahkan untuk anak-anak dilecehkan dan diabaikan akan membentuk sifat ketidakpercayaan (distrust) di dunia. Anak-anak yang memiliki nuansa ketidakpercayaan alam bahwa dunia adalah tempat yang kejam untuk tumbuh dan berkembang.

Kemandirian vs rasa malu dan keragu-raguan (autonomy vs shame and doubt)

Tahap ini mulai berkembang selama balita (usia 1-3 tahun). Pada anak-anak yang merasa kepercayaan (confidence) terhadap Wali (bisa menjadi orang tua, kakek-nenek, atau baby-sitter), anak akan merasa percaya diri dalam apa yang dia lakukan. Kebebasan yang diperlukan untuk anak-anak untuk mengeksplorasi diri dan lingkungannya untuk mengembangkan sifat mandiri. Namun, pengawasan oleh orang tua juga sangat diperlukan, seperti mengatakan bahwa pot di atas kompor panas, atau berjalan ketika crossing di jalan tidak harus dilakukan. Pengawasaan berlebihan untuk menggunakan kekerasan terhadap anak akan membentuk anak ragu-ragu untuk sendirian dalam kemampuannya untuk bertahan hidup.

Inisiatif vs rasa bersalah (initiative vs guilt)

Tahap ini mulai berkembang ketika anak mulai masuk playgroup atau TK (usia 3-5 tahun). Karena anak-anak sudah mulai tentang dunia yang lebih luas di taman bermain (playgroup bisa, TK, atau bersosialisasi dengan tetangga), akan ada banyak tantangan baru bagi anak-anak. Memungkinkan anak untuk bermain dengan banyak hal, dan memberi semangat kepada anak-anak untuk mencoba banyak hal baru. Bermain tidak hanya penting bagi kehidupan sosial dan emosional anak-anak, tetapi juga membantu anak untuk mengembangkan otak dan pola pikir.

Pada tahap ini, orang tua harus teladan yang baik bagi anak-anak. Kritik juga harus diminimalkan karena anak-anak mungkin akan membuat kesalahan, seperti barang-barang seperti sengaja merusak dan makanan tumpah. Biarkan anak-anak untuk bermain game yang tidak memerlukan waktu yang lama hanya untuk duduk-duduk.
 
Anak-anak yang dilarang dalam mengeksplorasi diri dan terlalu banyak dihukum akan mudah merasa bersalah dan cemas.

Industri vs inferioritas (industry vs inferiority)

Pada fase keempat ini, kira-kira usia 6 tahun untuk remaja, anak-anak mulai fokus mereka pada ilmu dan pengetahuan. Untuk anak-anak yang merasa mereka tidak mampu, mereka akan mengembangkan sifat rendah diri; alias merasa tidak mampu, tidak produktif, dan tidak sebagus anak-anak lain.

Butuh bantuan dari para guru di sekolah untuk mengarahkan anak dalam kegiatan yang membangkitkan pengetahuan mereka. Berikan subyek yang menarik; seperti bermain dengan kartu memori atau menemukan kertas yang berisi pertanyaan. Namun, pastikan setiap anak di kelas dapat merasakan kesuksesan yang sama antara anak-anak dengan anak-anak lain untuk menghindari sifat rendah diri.

Identititas vs kebingungan identitas (identity vs identity confusion)

Berikut ini adalah tahap yang membuat tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang tua, merasa pusing: pubertas. Tahap ini biasanya dimulai pada usia 10-20 tahun. Pada tahap ini, remaja cenderung mencari identitas mereka dan "trial and error". Remaja yang berhasil mendapatkan identitas produktif, sehat, dan dianggap baik untuk dibentuk menjadi seorang remaja dengan identitas yang sehat, dan sebaliknya. Pada remaja yang cenderung "berhasil" di masa depan mereka mencoba, itu akan dibentuk menjadi "kebingungan" pribadi tanpa arah dalam hidup.

Orang tua memiliki peran penting untuk terus mengarahkan keinginan anak jatuh ke orang yang salah. Dengarkan apa keinginan anak, jika anak tertarik pada musik, memasukkan anak Anda ke dalam pelajaran musik, atau mengambil waktu untuk mengajar anak-anak alat musik.

Tahapan perkembangan psikologi saat seseorang berusia 20 tahun ke atas
Sisa versi tahap perkembangan Erikson adalah keintiman isolasi vs, generativity vs stagnasi, dan integritas vs putus asa terjadi pada usia 20 sampai lebih dari 60 tahun. Pada tahap ini keintiman vs isolasi, anak-anak yang telah menjadi orang dewasa mulai mengembangkan hubungan dengan orang lain. Pada awal dewasa yang sukses, merasa dibutuhkan dan kedekatan dengan teman-teman tentang akan membentangkan. Namun, jika orang dewasa cenderung gagal awal, akan ada perasaan terisolasi dari lingkungan sekitarnya.

Pada tahap ini generativity vs stagnasi, mulai pada usia 40-50 tahun, mereka akan mencoba untuk melakukan apa pun yang dapat berkontribusi pada generasi muda. Itu bisa seperti mencoba untuk menjadi panutan atau bahkan memiliki / pengasuhan. Pada orang dewasa yang merasa tidak mampu melakukannya, mereka akan terjebak pada tahap stagnasi (tidak berkembang dan merasa tidak produktif).

Tidak ada tahap akhir integritas vs putus asa. Tahap ini muncul ketika orang dewasa menjadi orang tua, sekitar usia 60 tahun ke atas. Hari-hari telah berubah, serta kapasitas tubuh dan pikiran. Biasanya, pada tahap ini, orang tua akan memiliki banyak untuk memberitahu muda mereka untuk anak-anak dan cucu-cucu mereka. Pada mereka yang merasa muda cantik dan produktif, kebanggaan akan dikembangkan, dan mereka yang merasa muda "gaul yang salah" akan merasa kosong dan tidak berguna.