Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Setelah Wudhu Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Doa Setelah Wudhu Lengkap Beserta Latin Dan Artinya - Sebagai seorang muslim pasti kita sudah mengetahui bahwa wudhu merupakan bagian penting dari sholat. Jika wudhunya tidak syah maka sholatnya pun tidak syah, oleh karena itu ketika berwudhu kita harus mengetahui apa saja rukun, dan syarat-syarat wudhu setelah itu barulah sunahnya.

Kita berwudhu kita juga harus sesuai dengan rukun-rukun wudhu mulai dari niat, membasuh muka sampai dengan membasuh kedua tapak kaki sampai dengan mata kaki dan tentu saja mengerjakannya dengan ber urutan sesuai dengan rukun wudhu. Namun akan lebih baik jika mengerjakan sunah-sunah wudhu juga seperti membaca "basmalah" pada saat mulai wudhu, membasuh kedua tapak sampai pergelangan tangan saat hendak wudhu, berkumur dan sunah-sunah wudhu lainya.

Barulah setelah wudhunya selesai membaca doa setelah berwudhu. Nah bagi yang belum hafal doa setelah wudhu berikut ini adalah bacaan doa setelah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahannya.

Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ, وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiina.

Artinya: "Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh"

Barang siapa yang di akhir wudhu syahadat dan doa tersebut, maka akan dijamin masuk surga dengan delapan pintu yang disediakan untuknya, terserah mau masuk surga melalui pintu mana yang disukainya. (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi)

Demikianlah mengenai doa setelah selesai wudhu beserta artinya, membaca doa setelah selesai berwudhu hukumnya adalah sunah, jadi tidak apa-apa jika tidak membacanya. Namun alangkah baiknya dan lebih afdhol jika selalu membaca doa tersebut setiap selesai berwudhu. Wudhu kita pun menjadi lebih sempurna karena mengamalkan sunah-sunahnya dan sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Rasulullah Saw. Dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.