Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Saat Menjenguk Bayi yang Baru Lahir

Shobat Kakceng, Kali ini kami akan membagikan informasi tentang doa yang dibaca pada saat kita berkunjung menjenguk bayi yang baru lahir.

Dalam kitab Al-Fuyudhat Al-Muhammadiyah ‘alat Thariqah Al-Rifa’iyah, Fawaz bin Basyar menyebutkan salah satu doa untuk bayi dari Imam Ahmad Al-Rifa’i. Doa ini sangat baik untuk dibaca ketika kita menjenguk bayi yang baru lahir. Lafadz doanya sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ يَا مَنْ يُحْسِنُ بِلاَ اَسْبَابٍ وَيَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ اَسْأَلُكَ بِكَلَامِكَ اْلقَدِيْمِ وَبِنَبِيِّكَ اْلعَظِيْمِ اَنْ تَمْنَحَ هَذَا الطِّفْلَ عُمْرًا وَبَرَكةً وَاِيْمَانًا كَامِلاً وَتَوْفِيْقًا وَعِرْفَانًا صَحِيْحًا وَسِرًّا طَاهِرًا وَبَيْتًا عَامِرًا وَنَسْلاً مُبَارَكًا وَفَتْحًا وَمَجْدًا وَتَجَرُّدًا لَكَ عَنْ غَيْرِكَ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ  إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Allohumma yaa man yuhsinu bilaa asbaabin wa yarzuqu man yasyaa-u bi ghairi hisaabin, as-aluka bi kalaamikal qodiimi wa binabiyyikal ‘adziimi an tamnaha haadzatt thifla ‘umron wa barokatan wa iimaanan kaamilan wa tawfiiqon wa ‘irfaanan shohiihan wa sirron thoohiron wa baitan ‘aamiron wa naslan mubaarokan wa fathan wa majdan wa tajarrudan laka ‘an ghairika bi hawlika wa quwwatika innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya; Ya Allah, wahai Dzat yang berbuat baik tanpa adanya sebab, dan memberi rizeki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa ada perhitungan. Aku memohon kepada-Mu melalui kalam-Mu yang qadim dan nabi-Mu yang agung, agar memberi anak ini umur, keberkahan, iman yang sempurna, taufiq, pengetahuan yang benar, hati yang suci, rumah yang ramai, keturunan yang diberkahi, keterbukaan hati dan pikiran, dan hanya bersandar kepada-Mu melalui daya dan kekuatan-Mu. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.