Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Virus Di Flashdisk Paling Ampuh


Sobat Kakceng, kali ini kami akan berbagi ilmu mengenai cara membersihkan virus di flashdisk yang anda miliki dengan mudah dan paling ampuh.

Keberadaan virus komputer sangat merepotkan. Banyak hal bisa terjadi karena virus pada komputer. Bahaya virus komputer dapat dimulai pada komputer yang lambat, komputer hang, sampai komputer tidak dapat dioperasikan lagi. Apalagi jika asal virus adalah flash yang sering kita gunakan.

Hal ini dapat terjadi jika kita menggunakan flash pada komputer atau laptop yang sudah terkena virus. Secara default, setiap transfer data dari flash ke komputer atau sebaliknya, virus membawa lebih. Oleh karena itu, sebelum lampu kilat dapat merusak komputer atau laptop Anda sendiri, kita harus mengikuti tips tentang cara untuk membersihkan virus di flash di bawah ini.

1. Lakukan pembersihan menggunakan antivirus

Keberadaan anti-virus pada komputer atau laptop sangat penting. Apalagi jika antivirus yang Anda gunakan sering update, maka umumnya, virus akan sulit untuk masuk ke komputer atau laptop karena sistem keamanannya sudah tinggi. Antivirus tidak hanya mendeteksi keberadaan virus di komputer manapun, pada setiap berkedip kami juga dapat memeriksa apakah ada virus atau tidak menggunakan antivirus ini.

Bagaimana mendeteksi itu cukup mudah. Pertama, pemindaian menggunakan flashdisk antivirus yang diinstal pada komputer. Setelah itu, biarkan pekerjaan antivirus. Jika flashdisk terdeteksi virus, antivirus ini memiliki dua pilihan, yaitu "penjara" virus dan virus menghapus. Untuk cara yang lebih aman, sebaiknya segera dihapus virus apapun yang menyebar tidka virus ke dalam sistem komputer Anda.

2. Menggunakan fungsi CMD

Beberapa jenis virus yang menyerang flashdisk adalah dalam bentuk pintasan aplikasi atau shortcut folder dalam jumlah besar. Oleh karena itu, ketika Anda menghubungkan flashdisk ke komputer dan ada banyak jalan pintas, maka itu adalah virus. Selain menggunakan antivirus, kita juga bisa menggunakan cara lain untuk menghapus virus pada flash, yang menggunakan CMD.

Dengan menggunakan perintah tertentu di CMD, kita dapat menghilangkan virus tanpa takut kehilangan data penting yang tersimpan di komputer. Cara menghilangkan virus di flashdisk dengan menggunakan CMD adalah sebagai berikut.

  1. Masukan flashdisk di komputer
  2. Setelah flashdisk, maka Anda klik "file tersembunyi" pada toolbar. Dengan demikian, beberapa virus file yang berpotensi tersembunyi dapat ditingkatkan.
  3. Berikutnya, buka program CMD dengan cara membukanya langsung pada menu-> Semua Programs-> Accessories -> Command Prompt. Atau Anda dapat menulis kata "CMD" di kotak "Search". Nanti akan muncul CMD dengan sendirinya dan Anda hanya klik untuk membukanya.
  4. Setelah CMD terbuka, periksa kembali lokasi flasdisk terbuka di mana partisi. Jika lampu kilat terbuka pada partisi F, maka Anda ketik "f" di CMD. Demikian juga, jika lampu kilat terbuka pada partisi G, Anda dapat cukup ketik "g" di CMD.
  5. Berikutnya, Anda cukup ketik "-s -h -r / s / d" di depan partisi yang telah ditulis sebelumnya. Jika demikian, klik masuk.

Jika Anda sudah melakukan langkah di atas, lihat kembali pada flashdisk. Umumnya, data penting akan kembali normal. Namun, Anda tidak menyukainya karena ini adalah cara sementara. Sebagai tindakan pencegahan agar virus tidak muncul kembali, Anda harus memindahkan semua file dalam format flash sehingga nantinya kita akan kembali.

3. Menggunakan aplikasi Removal Tool

Selain antivirus dan CMD, ada aplikasi lain yang cukup kuat untuk menghapus virus di komputer, yang menggunakan aplikasi Removal Tool. Aplikasi ini bisa Anda temukan di Google dan menginstal sendiri. Hanya saja. untuk aplikas Removal Tool sendiri hanya dapat menangani beberapa jenis virus saja. Oleh karena itu, Anda harus belajar bagaimana untuk memeriksa virus untuk mengetahui apa jenis virus yang menyerang flashdisk. Jika virus ini sudah diketahui, maka aplikasi ini bisa jauh lebih kuat daripada menggunaka antivirus biasa.

4. Menghapus sendiri tanpa aplikasi bantuan

Jika Anda sudah sangat terampil di dunia komputer, Anda dapat menghapus virus pada flash tanpa bantuan aplikasi tertentu atau antivirs. Hanya sistem operasi yang digunakan bukan Windows, tetapi menggunakan Linux. Hal ini tentunya banyak pertanyaan mengapa harus menggunakan sistem operasi Linux? Jawabannya adalah pada dasarnya dirancang virus komputer yang aktif di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Dengan kata lain, virus hanya dapat bekerja ketika flash telah terhubung ke komputer atau laptop menggunakan sistem operasi Windows.

5. Menggunakan antivirus Portabel

Ukuran dari antivirus rata file yang cukup besar. Bagi mereka yang memiliki laptop atau komputer yang hard disk penuh dan tidak dapat menginstal antivirus, antivirus versi portable maka ini bisa menjadi solusi. Selain ukurannya yang kecil, versi portabel juga dapat digunakan di komputer lain sehingga kita tidak repot-repot untuk menginstal antivirus baru pada komputer orang lain.

Itulah cara membersihkan virus di flashdisk dengan mudah. Anda dapat belajar bagaimana mencegah virus komputer kembali dengan mudah dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.