Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Ciri Kipas Laptop Rusak yang harus Anda Ketahui


Sobat Kakceng, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info penting terkait ciri kipas pada laptop anda mulai rusak. 

Untuk Anda yang menggunakan laptop, Anda pasti akan mendengar ada suara saat laptop dinyalakan. Sekarang suara tersebut datang akibat kipas laptop rusak. kipas ini berfungsi untuk menjaga suhu prosesor tetap stabil saat digunakan.

Namun, dalam beberapa kasus ada beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop, salah satunya adalah kipas laptop rusak. untuk mengetahui ciri kipas laptop rusak, berikut ulasannya.

1. Laptop sering mengalami overheat

Apakah Anda pernah merasa sambil memegang laptop selalu merasa panas? Laptop yang sering  panas mungkin akan mengalami masalah pada kipas angin laptop. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi kipas laptop adalah sebagai pendingin serta untuk mengusir udara hangat di dalam laptop.

Jika laptop sering panas, kemungkinan besar kipas laptop rusak. Anda dapat memeriksa suhu laptop dengan menggunakan aplikasi khusus untuk menentukan suhu laptop. jika suhu GPU, mainboard dan CPU yang ditampilkan menunjukkan angka merah, maka dipastikan laptop terlalu panas dan kipas tidak berfungsi optimal.

2. Suara kipas sangat berisik

Ciri kipas laptop rusak berikutnya adalah kebisingan kipas cukup berisik. Hal ini dapat dilihat pada saat laptop dihidupkan. Kebisingan biasanya diikuti dengan suhu laptop yang terasa hangat atau bahkan panas. Cobalah suara cek laptop Anda ketika pertama kali dihidupkan. Jika suara cukup keras dan suara tidak lancar, maka dipastikan masalah kipas laptop atau mungkin rusak.

3. Tidak terasa ada angin pada bagian pembuangan

Anda perlu memahami jika setiap laptop memiliki lubang pembuangan di samping atau belakang. ciri- cirinya adalah dekatkan tangan anda pada lubang, maka tangan Anda akan merasakan udara hangat untuk memanaskan. Lubang sengaja dibuat untuk mengalirkan udara panas di dalam keluar laptop. Dengan demikian, laptop tidak akan terlalu panas.

Sekarang, Anda mencoba untuk merasa kembali lubang, jika Anda merasa ada aliran udara atau panas saat terkena tangan? Jika tidak merasakan angin keluar atau panas pada lubang tersbeut, maka bisa menjadi masalah dengan kipas jadai. Seperti diketahui bahwa komponen komputer yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan udara panas di laptp adalah bagian dari kipas angin.

4. Laptop sering mati sendiri

Ketika Anda sedang beraktivitas menggunakan laptop, laptop tiba-tiba mati sendiri. Banyak orang berpikir bahwa penyebab kematian mendadak adalah laptop karena laptop kepanasan. Meskipun pada kenyataannya lapangan adalah benar karena laptop terasa panas untuk disentuh, tapi itu pasti bisa terjadi karena ada komponen yang bermasalah. Tentunya mainboard tidak akan overheat jika tidak ada sebab-akibat. Oleh karena itu, satu-satunya penyebab laptop overheating menyebabkan itu untuk mati adalah penggemar tidak berfungsi dengan baik.

5. Kipas laptop tidak berputar

Jika Anda membongkar laptop dan menyalakannya, kemudian youcan melihat dengan jelas apakah kipas laptop bekerja atau tidak. dapat dilihat saat laptop dinyalakan dan perhatikan kipas angin. Jika kipas tidak berputar terlalu cepat, maka kipas pengalaman maslaah. Karena, secara umum, kipas laptop harus bergerak cepat seperti kipas begitu umum bahwa prosesor tidak cepat panas. Namun, jika tidak berani membongkar laptop, maka Anda dapat menggunakan cara-cara seperti yang disebutkan di atas.

6. Laptop cepat panas ketika menjalankan program berat

Meskipun kipas laptop berjalan tidak begitu baik, tapi laptop masih akan baik-baik saja jika Anda hanya menjalankan beberapa program atau hanya ringan "hangat" laptop saja. Nah, situasi akan berbeda jika Anda menggunakan laptop untuk menjalankan program berat seperti bermain game, membuka aplikasi grafis, atau memulai video.

Beberapa kegiatan ini membutuhkan performa maksimal sehingga hasilnya dapat dinikmati dengan baik. Otomatis beberapa komponen akan bekerja ekstra sehingga akan mengeluarkan panas. Untuk kipas laptop mulai rusak, maka laptop akan cepat panas. seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jika Anda dipaksa untuk menjalankan program berat dengan kondisi yang tidak penggemar maksimal, maka kerusakan komponen lain bisa lebih parah.

Itu adalah fitur karakteristik kipas laptop rusak dengan mudah terdeteksi. Kerusakan kipas laptop dapat terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena usia laptop itu sendiri dengan kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan di sini adalah di sisi laptop mana disimpan.

Jika laptop disimpan di tempat yang banyak debu, debu kemudian secara otomatis seccara akan masuk ke laptop dan membuat kipas akan sulit untuk rotate. Akibatnya, kipas akan mudah rusak. Untuk keadaan darurat, Anda dapat menggunakan laptop dengan cara yang keren koin untuk cepat mendinginkan laptop. Namun, jika kerusakan tidak mengatur bisa menangani, kemudian bawa ke layanan. Semoga bermanfaat.