Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Luar biasa, Begini Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan



Hallo Kakcengers, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan informasi mengenai manfaat buah nangka bagi kesehatan dan juga kecantikan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang dan masyarakat.

Buah nangka adalah buah besar yang eksotis yang tumbuh subur di negara-negara tropis seperti Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam; meskipun mungkin berasal dari India Selatan. Buah nangka dianggap sebagai buah terbesar, berpotensi berat sebanyak 35 kilogram dan tumbuh sepanjang 35 inci. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Buah nangka adalah kerabat dekat dengan sukun . Itu milik genus Moraceae. Nangka bervariasi dalam bentuk, tetapi biasanya mereka lonjong. Seperti saudara buah sukunya, ia memiliki tonjolan kasar pendek, dan biasanya berubah dari hijau ke kuning hijau ketika matang dan mengeluarkan bau sedap dan harum yang berbeda.

Buah nangka sangat serbaguna sebagai makanan. Ini dapat dikonsumsi sendiri atau dimasukkan dalam berbagai hidangan. Nangka menyediakan tekstur gemuk yang menjadikannya pengganti daging yang ideal untuk vegan dan vegetarian. Semakin banyak orang dari Barat kini memilih buah nangka daripada buah-buahan manis yang biasa karena banyaknya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat, khasiat, dan kegunaan buah nangka untuk kesehatan, kecantikan, dan s**ksual:

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Nangka mengandung banyak antioksidan. Tubuh Anda membutuhkan antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan memperkuat pertahanan Anda terhadap infeksi dan penyakit umum seperti meriang dan flu. Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari antioksidan alami Vitamin C. Antioksidan sangat penting dalam melawan radikal bebas yang merusak sel. Menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda memastikan bahwa tubuh berfungsi sebagaimana mestinya, dan terhindar terhadap efek kerusakan dini. Vitamin C larut dalam air dan tidak diproduksi di dalam tubuh Anda, sehingga mutlak perlu bahwa Anda harus mengkonsumsinya melalui diet, dan makanan seperti nangka.

2. Nangka Meningkatkan Tingkat Energi
Nangka adalah penguat energi yang ideal terutama bagi mereka yang sadar berat. Buah tersebut memiliki sejumlah besar karbohidrat yang dapat memberi Anda dorongan energi cepat tanpa lemak. Ini mengandung sukrosa dan fruktosa yang dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Orang dengan diabetes dapat menikmati makan nangka tanpa harus khawatir tentang hiperglikemia. Gula dalam buah ini berada di bawah kategori yang disebut SAG (Slowly Available Glucose) yang memiliki karakteristik melepaskan glukosa dengan cara pulsatil yang lambat; karenanya, mengurangi indeks glikemik buah.

3. Bermanfaat untuk Sistem Kardiovaskular
Kalium adalah salah satu nutrisi utama yang bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Tubuh Anda membutuhkan potasium untuk mempertahankan tekanan darah normal. Bantuan kalium menjaga fungsi dan koordinasi otot yang tepat, dan itu termasuk jantung yaitu organ otot yang memompa darah. Selain itu, kalium mengatur natrium dan menyeimbangkan elektrolit. Semua peran ini penting dalam menjaga kesehatan jantung. Nangka dapat menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan harian potasium Anda.

4. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah dan Mencegah Anemia
Nangka mengandung zat besi untuk melawan defisiensi RBC. Kandungan vitamin C yang tinggi meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, karena potensi tubuh untuk menyerap zat besi dibatasi oleh tidak adanya vitamin ini. Selain itu, nangka juga memiliki tembaga dan magnesium , kedua mineral penting yang membantu dalam proses pembentukan darah.

5. Meningkatkan Pencernaan
Buah ini tinggi serat makanan. Kandungan serat yang tinggi meningkatkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Kemampuannya untuk mencegah sembelit juga membantu mencegah wasir. Selain itu, nangka membuat pencahar massal yang efektif melunakkan tinja Anda.

6. Mencegah Kanker Colon
Buah ini mengandung dua jenis serat: larut dan tidak larut. Serat tidak larut melewati saluran pencernaan Anda dan menambahkan sebagian besar ke tinja Anda sehingga Anda dapat dengan mudah buang air besar.

7. Melindungi Mata
Nangka mengandung vitamin A, dan beberapa anti-oksidan karotenoid yang penting untuk kesehatan mata Anda. Lutein ada di antara anti-oksidan karotenoid ini, yang berfungsi menyangga jumlah cahaya yang masuk ke mata, dan membantu menjaga integritas retina dan saraf optik. Vitamin A dan senyawa terkaitnya juga membantu memperkuat selaput lendir pada kornea, yang bertindak sebagai penghalang alami terhadap bakteri yang mungkin kita kontak dengannya. Mengkonsumsi nangka (bersama dengan sumber lain dari Vitamin A) akan membantu jangka panjang untuk memperlambat degenerasi makula terkait usia dan melindungi penglihatan Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

8. Mengurangi Gejala Asma
Asma adalah masalah pernafasan yang mempengaruhi sejumlah besar orang mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Asma tidak memiliki penyembuhan yang diketahui, tetapi gejalanya dapat dikelola. Polusi udara dan kotoran udara dapat langsung memicu asma, terutama ketika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah. Menghirup uap nangka rebus dapat membantu meringankan gejala asma, mungkin melalui pelepasan panas bioflavonoid.

9. Memiliki Sifat Anti-penuaan
Penuaan tidak bisa dielakkan, tetapi prosesnya bisa diperlambat. Gaya hidup yang tidak sehat, polusi, dan paparan sinar UV yang berbahaya mempercepat penuaan. Memulai diet kaya antioksidan termasuk nangka dapat mencegah efek penuaan sebagai antioksidan menstabilkan dan menghancurkan radikal bebas. Nangka juga memiliki kandungan air yang tinggi, membantu menjaga Anda terhidrasi dan melembapkan kulit Anda. Air mengurangi kekeringan; membuat kulit Anda terasa lebih kenyal dan berseri.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Orang dengan intoleransi laktosa dapat makan nangka untuk menjaga tulang mereka kuat dan sehat. Nangka memiliki jumlah kalsium yang tinggi. Kalsium meningkatkan kepadatan tulang, sehingga mengurangi fraktur atau mengalami komplikasi osteoporosis. Nangka juga banyak mengandung potasium. Kalium meminimalkan hilangnya kalsium melalui ginjal. Dengan kalium dan kalsium Anda bisa mencegah rakhitis, osteoporosis, dan penyakit tulang lainnya.

11. Meningkatkan Jumlah Sp**rma
Biji nangka dapat dimakan. Ini dapat dipanggang atau ditambahkan ke berbagai makanan. Bijinya kaya protein, potassium, kalsium, dan zat besi. Mengkonsumsi secara teratur biji nangka matang dapat membantu mengatasi ejakulasi dini, disfungsi ereksi, dan meningkatkan libido Anda. Ini juga meningkatkan kualitas air m*ni dan meningkatkan jumlah sp**rma. Bahkan obat tradisional Cina menggunakan nangka untuk mengobati masalah tersebut dengan kesuksesan.

Itulah tadi manfaat buah nangka untuk kesehatan, kecantikan, dan s**ksual.