Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata, Begini 7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mental Dan Fisik

Kesehatan adalah salah satu rezeki pemberian Tuhan yang sangat besar nilainya, bahkan intan permata dan berlian termahal di dunia tidak ada nilainya dibandingkan dengan kesehatan. Maka dari itu pada kesempatan siang hari ini saya akan membagikan kiat hidup sehat yang mudah dan sederhana agar jiwa dan raga bisa tetap sehat. Kiat-kiatnya adalah sebagai berikut:

1. Tidur yang berkualitas

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, baik itu kesehatan mental ataupun kesehatan tubuh. Kurang tidur bisa menyebabkan fikiran jadi kacau, stres, hingga tidak bisa berfikir secara sehat alias akal sehat tidak jalan. Selain itu juga bisa menyebabkan tubuh jadi lemas, tidak bersemangat, dan mudah terserang penyakit.

Biasakan tidur pada malam hari sekiar jam 9 malam sampai dengan jam 5 pagi atau tidur selama 8 jam.

Agar bisa tidur dengan nyenyak, satu jam sebelum tidur sebaiknya hentikan penggunaan gadget atau HP. Jangan sampai di tempat tidur main hp, baik itu untuk chatting, main game atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan gawai. Jadi pada intinya ketempat tidur tujuannya hanya untuk tidur.

Sebelum tidur jangan lupa berdo'a, mengingat Tuhan dan melupakan beban yang ada dalam fikiran kita.

2. Bangun pagi

Bagi yang muslim usahakan bangun jam 5 pagi, lalu membersihkan diri kemudian shalat subuh jika waktu shalat subuh sudah samapai.

Bangun di pagi hari akan membuat tubuh Anda terasa segar dan pikiran menjadi jernih.

3. Berolahraga di pagi hari

Bagi yang muslim olahraga dilakukan setelah shalat subuh, jangan sampai olahraga dulu baru shalat subuh. Olahraganya tidak usah yang aneh-aneh cukup lari dan jalan kaki.

4. Minim air putih 2 liter per hari

Biasakan untuk meminum air putih sebanayak 2 lier sehari karena banayak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan juga bisa berguna untuk menjaga kamu tetapa cantik atau ganteng bagi laki-laki. Minum air putih dapat mencegah penuaan dini dan mencegah kulit kusam dan keriput.

5. Henghindari makanan cepat saji atau instan

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, karena makanan instan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan mental.

6. Mengkonsumsi makanan bergizi

Usahakan setiapa hari mengkonsumsi makanan bergizi seperti nasi, sayur, lauk pauk (ikan), buah dan juga minum susu. Namun hati-hati dalam memilih sayuran dan buah, usahakan mengkonsumsi sayuran dan buah dari pertanian organik. Karena sayuran non organik biasanya mengandung zat kimia yang berasal dari pestisida yang sangat berbahaya bagi kesehatan, maunya dapat manfaat kesehatan dari sayur dan buah eh malah dapat dampak negatif karena adanya kandungan zat kimia berbahaya. Jadi pastikan mengkonsumsi sayuran dan buahan yang terbebas dari bahan kimia atau pestisida.

7. Menghindari stres

Cara menghindari stres yang sederhana yaitu tidak menggunakan media sosial secara berlebihan, tidak bermain game secara berlebihan, dan tidak bekerja secara berlebihan. Selain itu usahakan agar selalu hidup bahagia dan jangan sampai larut dalam kesediahan.

Itulah tadi 7 kiat untuk menjaga jiwa dan raga tetap sehat yang dapat saya bagiikan.