Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Stek Jambu Madu Deli Bagi Pemula Lengkap


Hallo Shobat Kakceng, pada kesempatan kali ini mimin akan berbagi tips penting mengenai cara stek jambu madu deli. Sebelum kalian semua menanam jambu madu deli, pertama kali yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan bibit tanaman kalian ya. Dan salah satu cara yang dapat kalian lakukan  dalam pembibitan tanaman jambu madu deli adalah melalui stek batang.

Stek adalah salah satu cara perbanyakan tanaman jambu madu deli dengan menggunakan teknik perbanyakan vegetatif dengan cara menanam bagian tanaman tertentu yang mampu membentuk akar dengan cepat. Dalam stek, bagian tanaman yang biasa digunakan untuk perbanyakan adalah batang atau cabang, akar, dan anakan.

Kelebihan dan keuntungan dari stek batang adalah tanaman yang baru akan memiliki sifat yang sama dengan sifat induknya dan akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan penanaman dari biji.

Ada berbagai jenis tanaman yang dapat dilakukan penyetekan, salah satunya merupakan jambu madu deli, dapat dilakukan dengan cara stek batang.

Berikut ini adalah ulasan mengenai Cara Stek Jambu Madu Deliyang perlu kalian ketahui:

Alat dan Bahan:

  • Pisau atau cutter
  • Gunting dahan
  • Entres/batang yang akan di stek
  • Daun lidah buaya
  • Media stek berupa tanah dan cocopeat
  • Cup plastik/gelas plastik bekas air mineral
  • Plastik untuk menyungkup
  • Karet pengikat

Persiapan Media Stek



Dalam mempersiapkan media stek, langkahnya campurkan tanah dan cocopeat lalu dilakukan pengadukan sampai merata. Kemudian masukkanlah media stek dalam gelas plastik cara untuk penuh, tidak perlu dibor bagian bawah.

Perhatikan bahwa cocopeat yang dapat digunakan untuk media tanam merupakan cocopeat disterilkan zat tannin yang terkandung di dalamnya, karena zat tannin dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Sebuah cara sederhana untuk menghilangkan zat tannin adalah dicuci gambut cocopeat. Kemudian taruh cocopeat dalam saringan yang dialiri air di dalamnya, uleni cocopeat Anda sampai air jernih, kemudian keringkan dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari. Sebelum digunakan, basahilah cocopeat sampai lembab, tidak terlalu basah, jika dipegang tak basah, tapi dingin / mengandung air. Padatkan cocopeat untuk tidak cepat kering. Penggunaan Media Cocopeat relatif lebih efisien, karena tidak perlu air sampai kehidupan tanaman bibit stek.  


Tahap Penyetekan

Pilih dan potong batang yang akan distek dari tanaman induk, pilih batang yang sehat, pertumbuhannya bagus dan tidak sedang tumbuh tunas/pupus/cabang dorman, pilih yang agak tua yang ditandai dengan batang berwarna hijau sedikit kecoklatan.

Potong-potong batang/cabang yang telah dipilih dengan panjang sekitar 20 cm, pangkas daunnya untuk mengurangi penguapan. Runcingkan pangkal batang stek, kerik pelan-pelan kulit batang stek untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Potong daun lidah buaya sepanjang 2-3 cm kemudian tancapkan pangkal batang tanaman jambu madu deli yang akan distek, jangan dilepas lagi karena daun lidah buaya tersebut akan ditanam bersama batang stek sebagai perangsang alami.

Tanam batang stek yang telah disiapkan tersebut ke dalam media tanam stek pada gelas plastik dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu, setelah ditanam tutup kembali kemudian padatkan perlahan agar batang stek berdiri tegak.


Sungkup stek menggunakan plastik transparan, ikat plastik sungkup dengan gelas menggunakan karet, tujuannya adalah agar benar-benar rapat sehingga kelembaban media stek terjaga dan tidak cepat kering.

Setelah semua proses selesai letakkan pada tempat yang teduh dan sejuk, setelah berumur sekitar 21-30 hari dari penyetekan biasanya sudah tumbuh tunas dan akar baru. Dan setelah tumbuh akar sungkup sudah dapat dibuka.

Kelebihan stek dengan metode sungkup seperti ini sangatlah mudah bahkan tanpa penyiraman maupun perawatan lainnya asalkan langkah-langkah tersebut diatas dilakukan dengan benar insyaallah stek akan tumbuh dengan baik.

Demikian pembahasan kami mengenai 'Cara Stek Jambu Madu Deli'semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.