Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baca! Ini Loh Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Hallo KakCengers, Pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan informasi yang sangat penting dan bermanfaat mengenai manfaat buah apel bagi kesehatan. Simak yuk!!

Pada tahun 2004, para ilmuwan USDA mempelajari lebih dari 100 makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan mereka per ukuran porsi. Apel mengandung quercetin, antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak pada tikus dari degenerasi dan dapat melakukan hal yang sama pada manusia. Dr. Ramani Soundararajan dari Dalhousie Medical School dan dr. Vasantha Rupasinghe di Nova Scotia Agricultural College menemukan bahwa apel merah memiliki efek neuroprotektif yang kuat.

Antioksidan adalah senyawa pengkontrol penyakit. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel normal. Apel juga penuh dengan serat yang disebut pektin, apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin diklasifikasikan sebagai serat yang dapat larut, terfermentasi dan kental, kombinasi yang memberikan manfaat bagi kesehatan yang sangat besar.

Nah Berikut ini adalah beberapa khasiat buah apel untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:


1. Gigi lebih putih dan sehat
Apel tidak akan menggantikan sikat gigi Anda, tetapi menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur di mulut, mencegah kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.

2. Terhindar dari Alzheimer
Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa minum jus apel mampu menjauhkan Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak.

3. Melindungi diri Anda untuk melawan Parkinson
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson, gangguan yang disebabkan oleh kegagalan sel-sel saraf penghasil dopamin. Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya.

4. Mengatasi semua jenis kanker
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, antara lain, setuju bahwa mengkonsumsi apel yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas sebanyak 23 persen . Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa-triterpenoids-dalam kulit apel yang memiliki aktivitas anti-pertumbuhan yang kuat terhadap sel-sel kanker di hati, usus besar dan kanker payudara.

Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor payudara pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat yang tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Menurunkan risiko diabetes Anda
Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari maka 28 persen lebih rendah terhadap diabetes tipe 2 daripada mereka yang tidak makan apel. Apel penuh dengan serat larut untuk mengurangi fluktuasi gula darah.

6. Mengurangi kolesterol
Serat larut yang ditemukan di apel mengikat lemak di usus, kolesterol jadi lebih rendah dan Anda yang lebih sehat.

7. Jantung Lebih Sehat
Sebuah badan penelitian telah menghubungkan asupan serat larut yang tinggi dengan penumpukan plak kolesterol yang lebih rendah di arteri. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol. Ketika plak menumpuk di arteri Anda, itu mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner.

8. Terhindari batu empedu
Untuk menghindarin batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengontrol berat badan dan mengurangi kolesterol.

9. Mengatasi diare
Serat pada apel dapat mengatasi diare.

10. Menetralkan sindrom iritasi usus
Sindrom usus yang teriritasi ditandai oleh konstipasi, diare dan sakit perut dan perut kembung. Untuk mengontrol gejala-gejala ini, dokter menyarankan untuk menjauhkan diri dari makanan berlemak dan mengkonsumsi asupan yang tinggi serat.

11. Menghindari wasir
Wasir adalah vena yang bengkak di saluran anus dan meski tidak mengancam jiwa, vena ini bisa sangat menyakitkan. Mereka disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Konstituen dengan mengendalikan konstipasi, serat pada apel dapat mencegah Anda mengerahkan terlalu banyak usaha ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu mengatasi wasir.

12. Mengendalikan berat badan Anda
Banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat lemak berlebih, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengatur berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter menyarankan diet yang kaya akan serat. Makanan kaya serat akan mengisi perut Anda tanpa terlalu banyak kalori.

13. Detoksifikasi hati
Hati berfungsi membersihkan racun-racun itu dari tubuh Anda. Salah satu hal terbaik dan termudah adalah mengkonsumsi apel untuk mendetoksifikasi hati.

14. Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menunjukkan bahwa Quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh , terutama ketika stres.

15. Menghindari katarak
Mengkonsumsi apel secara rutin dapat mencegah terjadinya katarak.

Referensi: http://fruchtewelt.blogspot.com/2014/11/15-gesundheitliche-vorteile-von-essen.html