Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stress Ditempat Kerja, Bagaimana Solusinya?


Stress merupakan sebuah perasaan manusia dalam sebuah tekanan. Tekanan tersebut dapat datang dari berbagai aspek kehidupan. Seperti halnya datang dari keluarga, pekerjaan, maupun juga kondisi ekonomi.

Sedikit stress dalam pekerjaan mungkin dapat memacu andrenalin seseorang agar tetap fokus pada tujuan, bergarak selalu dinamis dan juga menjadi tantangan untuk dapat diselesaikan.  Setiap orang berbeda dalam merespon stress tersebut. Ada yang menyalurkan kearah yang baik akan tetepi ada pula yang meresponnya menjadi negatif. Sehingga kita selayaknya mewaspadai penyebab stress dalam pekerjaan.

Secara umum penyebab stress dalam pekerjaan di sebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya antara lain:
  • Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan
  • Tidak adanya kesempatan untuk berkembang
  • Kurangnya kepedulian atau pun konflik dengan teman kerja
  • Pekerjaan kurang menantangTidak kontrol terhadap sebuah keputusan
  • Gaji yang rendah
Dari beberapa stimulus stress tersebut dapat mengakibatkan efek negatif pada diri maupun lingkungan sekitar. Pada diri sendiri dapat mengganggu kesehatan seperti: kepala pusing, gangguan pencernaan, sukit tidur, dan juga mendajadi emosi tidak stabil. Hal tersebut dapat menjadi efek yang kurang baik bagi lingkungan kerja maupun keluarga saat pulang ke rumah.

Oleh karena hal tersebut, untuk mengontrol stress kerja dapat dilakukan dengan cara:

1. Menjaga kesehatan dengan olahraga dan makanan bernutrisi
Saat Seseorang fokus pada pekerjaan, seringkali mengabaikan kesehatan dengan pola makan yang kurang sehat maupun kurang tidur. Sehingga menyebabkam gangguan kesehatan. Menjaga pola makan dan olah raga menjadi hal yang dibutuhkan guna menyeimbangkan kesehatan yang sudah terganggu Juahi nikotine maupun alkohol yang dapat menambah gangguannkesehatan.

2. Pergi bersantai
Rehat dari sebuah rutinitas merupakan pilihan yang bagus guna meregangkan saraf tubuh yang kencang maupun dari pekerjaan otak yang telah lama difokuskan pada pekerjaan. Bersantai dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok.

3. Manage teamwork
Dengan adanya tim kerja yang solid dan teratur akan memudahkan seseorang melakukan pekerjaan. Karena management kerja yang bagus dapat memunculkan mood yang bagus pula. So, selalu tebarkan semangat dalam sebuah team work.

4. Membuat skala prioritas
Dengan management yang baik, diharapkan hasil kerja yang baik pula. Kerjakan pekerjaan yang mempunyai skala prioritas tinggi namun tetep kontrol terhadap pekerjaan yang lain.